Apa itu Akademik? dan Beberapa Contoh Prestasinya

Apa itu Akademik?

Apa itu Akademik – Arti akademik adalah sesuatu yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan yang telah diuji kebenarannya secara objektif. Ini sering dikaitkan dengan pendidikan tinggi seperti universitas, institut, atau sekolah tinggi. Orang yang disebut “manusia akademik” adalah seseorang yang memiliki kemampuan menguasai ilmu pengetahuan tersebut dan dapat diukur melalui prestasi akademik.

Ketika kita berbicara tentang prestasi akademik, kita juga harus mempertimbangkan kemampuan, kecakapan, atau hasil usaha yang dicapai selama proses belajar. Prestasi akademik adalah pengetahuan yang diperoleh melalui proses belajar di kelas, bukan karena pertumbuhan alami. Menurut Sobur (2006), prestasi akademik dapat dinilai atau diukur menggunakan tes baku atau standar.

Faktor Prestasi Akademik

Ada berbagai macam faktor prestasi akademik, menurut Syah (2002), Ada beberapa faktor yang dianggap mempengaruhi kemampuan prestasi akademik seseorang:

  1. Memiliki kemampuan intelektual yang dapat menentukan keberhasilan belajar peserta didik. Semakin tinggi kecerdasan seseorang, semakin besar peluang untuk meraih kesuksesan.
  2. Minat yang tertarik atau terfokus pada bidang studi atau materi pelajaran juga dapat mempengaruhi prestasi akademik.
  3. Bakat khusus dapat meramalkan prestasi akademik di masa depan.
  4. Motivasi untuk berprestasi juga merupakan faktor penting dalam mencapai kesuksesan di bidang akademik.
  5. Sikap adalah keputusan untuk melakukan tindakan berdasarkan keyakinan pribadi.
  6. Kondisi fisik dan mental juga mempengaruhi prestasi akademik, karena kondisi yang tidak sehat dapat mempengaruhi proses berpikir.
  7. Kemandirian adalah pengalaman mengatur tingkah laku, mengambil inisiatif, dan lain-lain.
  8. Lingkungan sekolah juga dapat mempengaruhi prestasi akademik.
  9. Lingkungan keluarga, termasuk pola asuh, keadaan sosial ekonom

Contoh Prestasi Akademik

Prestasi adalah sebuah pencapaian yang telah dicapai oleh seseorang. Setidaknya terdapat dua jenis prestasi yang tidak boleh luput dari pandangan, yaitu prestasi akademik dan non akademik. Banyak orang yang masih bingung cara membedakan kedua jenis prestasi tersebut. umumnya, prestasi akademik berkaitan dengan pembelajaran di sekolah. Berikut adalah contoh prestasi akademik yang patut disimak:

1. Menguasai Semua Materi Pelajaran

Materi pelajaran erat kaitannya dengan prestasi akademik karena terkait dengan ilmu pengetahuan. Prestasi ini bisa diperoleh dengan belajar dengan serius di kelas maupun di luar kelas. Siswa bisa mengundang guru les ke rumah untuk mengajari semua mata pelajaran agar bisa benar-benar menguasainya. Orang-orang yang berprestasi biasanya dikenal baik oleh guru.

2. Mendapatkan Nilai Sempurna

Nilai sempurna merupakan prestasi yang patut dibanggakan karena di balik itu pasti ada perjuangan yang sangat keras. Mendapatkan nilai sempurna juga termasuk dalam prestasi akademik karena masih terkait dengan kemampuan yang diperoleh dari belajar. Untuk meraihnya, tidak bisa hanya dengan bersantai-santai karena banyak materi yang harus dipelajari.

3. Menjadi Juara Kelas

Banyak orang yang bermimpi menjadi juara kelas karena bisa membanggakan orang tua dan keluarga. Ini juga termasuk dalam contoh prestasi akademik karena merupakan kecakapan yang diperoleh dari belajar. Ada banyak keuntungan yang bisa didapat dari menjadi juara kelas, salah satunya adalah dipercaya untuk ikut lomba.

4. IPK Cumlaude

Bagi seorang mahasiswa, memiliki IPK cumlaude merupakan hal yang sulit dicapai, terutama jika dosennya sangat berkompeten di bidang tersebut. Untuk mendapatkan IPK cumlaude, mahasiswa harus rela belajar dengan giat dan menyelesaikan tugas dengan sempurna. IPK cumlaude bisa diperoleh jika nilai yang didapat di setiap mata kuliah tinggi.

5. Juara Olimpiade Sains

Prestasi akademik yang membuat nama siswa menjadi lebih terkenal di sekolah. Kejuaraan olimpiade sains merupakan ajang yang bergengsi dan tidak terlepas dari prestasi akademik. Siswa yang berhasil menyabet gelar kejuaraan olimpiade sains akan dianggap sebagai seseorang yang memiliki prestasi akademik, karena membutuhkan belajar dengan giat di kelas dan bimbingan guru.

6. Juara Lomba Cerdas Cermat

Lomba ini tentu sudah sangat familiar di sekolah. Pasti yang menjadi perwakilan sekolah adalah siswa yang cerdas dalam menguasai materi pelajaran di kelas. Tidak heran jika prestasi ini termasuk dalam prestasi akademik karena adu kecerdasan tentang pengetahuan yang sudah didapat selama sekolah.

7. Juara Olimpiade Matematika

Pecinta ilmu matematika harus mencoba lomba ini untuk mengetahui sejauh mana pemahaman mereka tentang pelajaran matematika yang telah dipelajari. Banyak orang menganggap bahwa matematika adalah ilmu yang sulit, tetapi bagi orang yang ahli di bidang ini tidak demikian. Salah satu contoh prestasi akademik ini juga banyak diperebutkan oleh para pakar matematika.

8. Juara OSN Biologi

Biologi akan menjadi ilmu pengetahuan yang menyenangkan bagi siswa yang menyukainya. Belajar tentang mikroorganisme, nama latin hewan dan tumbuhan, dan lainnya akan menyenangkan jika dinikmati. Kejuaraan OSN Biologi juga bisa dicoba untuk mengetahui apakah ilmu yang dimiliki saat ini sudah cukup mumpuni atau masih perlu ditingkatkan.

9. Mendapat Nilai UN Tertinggi

Mata pelajaran yang dijadikan mata pelajaran UN berbeda di setiap tingkat pendidikan. Biasanya, sekolah akan memberikan hadiah bagi siswa yang berhasil mendapat nilai UN tertinggi. Hadiah ini diberikan karena siswa telah memiliki prestasi akademik sesuai yang diharapkan oleh sekolah. Selain membanggakan sekolah, orang tua juga bangga dengan prestasi ini.

10. Juara Lomba PAI

Pendidikan Agama Islam merupakan pelajaran yang tidak sulit dipelajari karena terkait dengan kehidupan sehari-hari umat Islam. Mendapatkan juara lomba PAI juga menunjukkan bahwa seseorang dianggap religius karena memahami syariat Islam yang diajarkan di sekolah.

Demikian ulasan mengenai Apa itu Akademik? dan Beberapa Contoh Prestasinya, semoga mudah kalian pahami dan bisa dijadikan sebagai bahan penambah wawasan. Terima kasih

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Apa itu Akademik? dan Beberapa Contoh Prestasinya yang dipublish pada 9 January 2023 di website WartaKota123

Artikel Terkait

Leave a Comment