apa itu dedicated server

Apa itu Dedicated Server Indonesia, Kelebihan dan Kekurangannya

Wartakota123.com – Apa itu Dedicated Server Indonesia, Kelebihan dan Kekurangannya. Bila Anda ialah seorang webmaster, tahukah Anda jika terdapat beberapa pilihan situs hosting yang dapat di putuskan di luaran sana? Dan salah satunya pilihan paling populer ialah dedicated server.

Ingin ketahui kenapa tipe hosting ini menjadi opsi yang di sukai, khususnya untuk beberapa situs perusahaan tingkat enterprise?

Lanjutkan membaca, karena artikel ini akan kupas semua yang penting Anda kenali mengenai dedicated server—mulai dari knowledge base sampai pembahasan mengenai kekurangan dan keunggulannya.

Apa Itu Dedicated Server?

Saat sebelum mengulas apakah itu dedicated server, silahkan ulas dahulu sepintas perihal hosting. Simpelnya, web memerlukan physical server atau piranti khusus yang tersambung dengan internet untuk simpan beberapa data situs Anda . Maka dapat di sebut, semua beberapa situs yang sempat Anda datangi lewat cara online sebetulnya mempunyai lokasi fisik, yakni server itu.

Begitupun untuk Anda. Supaya web Anda dapat di jangkau beberapa orang, Anda pun perlu sewa atau beli ruang dalam situs server, yang mana banyak di siapkan oleh perusahaan situs hosting. Umumnya, layanan penyuplai hosting itu tawarkan beragam tipe situs hosting—mulai dari shared hosting server, VPS server, sampai dedicated server.

Bukan hanya untuk web, dedicated server bisa juga di gunakan untuk e-mail, program, serta games hosting. Harus di ingat, tipe hosting ini datang dengan 2 type yang lain, yakni:

Baca Juga :  Apa itu Dedicated Server IIX Indonesia??

1. Managed Server Hosting

Jika Anda pilih managed server hosting, Anda tidak perlu harus berusaha susah payah mengurus operasi server Anda sendiri. Karena di mulai dari proses administrasi, management, up-date, perawatan, pantauan, sekalian pemindaian virus sampai penataan komposisi firewall; semua akan di atasi oleh penyedia layanan hosting. Tetapi Anda masih tetap mempunyai akses root penuh pada server Anda.

2. Unmanaged Server Hosting

Berlainan dengan managed server hosting, type ini memberinya kebebasan ke Anda untuk mengurus server Anda, terhitung pengendalian operasi sampai penempatan kontrol panel sesuai kemauan Anda. Tetapi ingat, type ini lebih pas untuk perusahaan yang mempunyai technical tim yang paling kuasai sangkut-paut operasionalisasi server.

Apa Kelebihan Dari Dedicated Server

Sesudah mengenali apakah itu dedicated server, silahkan kita bahas banyak kelebihan yang di punyai tipe hosting ini.

3. Akses dan Kontrol Penuh

Anda memiliki kontrol penuh dan fleksibilitas untuk aktifkan atau menonaktifkan aplikasi, software, dan atur penyesuaian server untuk mendukung kerja web Anda.

4. Keamanan

Karena tidak share server dengan pemakai lain, Anda tidak perlu mencemaskan ada teror keamanan yang di sebabkan karena web lain. Server Anda pun di beri dengan alamat IP unik untuk jamin privacy dan keamanan, dan di perlengkapi dengan fitur perlindungan membuat perlindungan web Anda dari malware dan adwares.

5. Performa Maksimal

Karena semua sumber daya server ialah punya Anda, Anda tidak perlu menyangsikan bagaimana sambungan, uptime, dan kecepatan web Anda nanti. Ditambahkan lagi, dedicated server umumnya diperlengkapi dengan unlimited bandwidth dan disk space; memberinya Anda kebebasan extra untuk manfaatkan sumber dengan optimal.

Kekurangan Dedicated Server

1. Harga yang Mahal

Kekurangan yang sangat terlihat dari hosting type ini ialah harganya yang lebih mahal. Makin tinggi detail server yang diharapkan karena itu makin mahal juga harga yang perlu dibayar. Lain dengan sharing hosting yang memungkinkan Anda untuk bayar sewa bersama dengan yang lainnya.

Baca Juga :  Perbedaan Dedicated Server USA, Indonesia dan Singapore

2. Skill yang Advenced

Kekurangan lain dari pemakaian aplikasi ini ialah penyewa harus pahami performa dan langkah kontrol server. Hal itu penting supaya Anda dapat mengurus dengan optimal. Apa lagi, ada lumayan banyak penataan di beberapa program yang perlu dilaksanakan. Maka Anda harus pelajari dedicated server sebelem sewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *