Mengatasi Laptop Hang

Cara Mudah dan Sederhana Mengatasi Laptop Hang

 

Mengatasi Laptop HangLaptop adalah komputer pribadi yang bisa dipindahkan dan dibawa dengan mudah sehingga bisa digunakan di banyak tempat. Mayoritas laptop mempunyai fitur yang sama dengan komputer, seperti mampu menjalankan perangkat lunak dan mengelola berkas. Namun, laptop cenderung lebih mahal daripada komputer atau PC.

Kali ini kami akan membahas mengenai laptop yang nge-hang secara tiba-tiba, salah satu masalah yang sering di hadapi oleh pemgguna laptop adalah hang, apalagi ketika kalian memiliki laptop yang versi lama. Ketika laptop kalian mengalami hang kemungkinan laptop kalian sedang bermasalah, ketika laptop sudah hang maka bisa menyebabkan semua aktivitas pekerjaan kalian terhambat ya.

Ada beberapa penyebab yang membuat laptop kalian tiba-tiba hang adalah seperti : kurangnya kapasitas RAM kalian yang mungkin hanya 4 GB, maka menyebabkan beberapa program tidak bisa di jalankan. Terlalu banyak program yang tidak penting juga bisa menyebabkan laptop hang lho, Kadang ada beberapa program yang tidak sedang kalian jalankan tapi berjalan di latar belakang contohnya antivirus. Sehingga membuat laptop kalian lelet kemudian ngehang karena RAM yang terbatas.

Beberapa cara mengatasi laptop hang dan kalian miliki bisa menggunakan beberapa cara sebagai berikut ini:

1. Hapu Bios CACHE

Cara mengatasi laptop hang bisa di lakukkan dengan melalui beberap tahap di BIOS saja, berikut uraiannya:

  • -Kalau sudah terlanjur hang maka segera restart laptop kalian saja, dengan cara tekan tombol power yang cukup lama.
  • -Jika sudah hidupkan laptop kalian dan langsung masuk ke BIOS dan ada banyak cara buat masuk ke BIOS kalian seperti: menggunakan F12, F11, F8, F2, atau tombol lain sesuai laptop kalian.
  • -Lalu pilih menu “Advanced BIOS features”.
  • -Cari yang berkaitan dengan BIOS cache kemudian disable
  • -Lau simpan dan klik ENTER dan nyalakan kembali laptop kalian.
  • -Ini adalah cara pertama yang bisa kalian lakukkan ketika lapto hang.

 

2. End Task Window

Cara mengatasi laptop hang selanjutnya bisa dengan End Task Window, jika laptop anda ngehang kemudian ada tulisan not responding :

  • -Tekan bersamaan tombol “sift+CTRL+ESC+ALT+DEL”
  • -Lalu setelah masuk ke task manager tekan end task pada program yang not responding.
  • -Nah ketika kalian sudah end task program yang not responding dan laptop kalian kembali normal maka kemungkinan permasalahan terletak pada program tersebut.

 

3. Cek Starting Windows

Berikutnya adalah dengan cara mengecek starting windows kalian, karena hang itu bisa saja ketika kalian memulai menyalakan laptop saat pertama kali, berikut caranya:

  • -Pertama mungkin terjadi karena ada file yang corrupt atau terkena virus, dan cara mengatasinya adalah dengan scan registry menggunakan CCleaner/scan dengan antivirus.
  • -Ketika masih belum sembuh maka masalah yang terjadi adalah mungkin RAM kalian kotor dan bersihkan saja segera RAM yang ada di laptop kalian dengan penghapus karet/vacum cleaner.
  • -Dan ketika dengan cara di atas masih belum ada juga perubahan maka sudah bisa di pastikan bahwa masalahnya terletak di motherboard kalian, maka bisa kalian ganti dengan maotherboard yang lebih layak lagi dan tidak harus baru.

 

4. Install Antivirus

Cara selanjutnya ketika kalian mencoba mengatasi laptop hang adalah dengan menginstall antivirus buat laptop kalian, virus bisa datang dari mana saja terutama dari flashdsik dan file download. Jiika virus sudah menyebar maka bisa menyebabkan laptop kalian hang atau tidak berfungsi, untuk itu kalian bisa menginstall salah satu antivirus yang cukup di percaya seperti: NORTON,AVIRA,MALWAREBYTES,MCAFEE,KAPERSKY dan lainnya.

 

5. Kosongkan Memori C drive

Lalu berikutnya ada cara lain yaitu dengan mengosongkan data penyimpanan C, hal ini terjadi jika penyimpanan yang ada di disk C laptop kalian habis atau penuh maka bisa menyebabkan windows sering freeze. Maka dari itu kalian coba saja hapus saja file yang kira kira tidak bermanfaat. atau dengan menghapus sisa file di disk cleanUP berikut caranya:

  • -Pertama klik Start Windows ketik Disk Cleanup pada search box dan pilih menu tersebut.
  • -Selanjutnya pilih storage dari local disk C.
  • -Jika sudah, klik OK.
  • -Kemudian pilih clean up system file.
  • -Tunggu beberapa saat sampai proses calculating clean up selesai.

 

6. Gunakan Kipas Tambahan

Cara berikutnya ini adalah sebenarnya buat upaya pencegahan untuk laptop kalian sebelum mengalami hang terus-terusan, Laptop yang panas karena sering di gunakan buat mobilisasi kegiatan kalian juga bisa mengakibatkan hang atau freeze, maka dari itu buat upaya pencegahannya adalah dengan memasang cooling pad atau kipas tambahan, agar bisa menjaga keadaan laptop kalian tetap dingin.

 

7. Install Pembaharuan Terbaru Buat Laptop Kalian

Cara mengatasi laptop hang yang terakhir adalah dengan kalain bisa menginstal pembaruan terbaru dengan tepat waktu maka laptop kamu mungkin bisa gagal berfungsi dengan lancar. Itu sebabnya cobalah untuk selalu menjalankan Microsoft Windows yang resmi dan mengunduh pembaruan terkini, hal ini bisa anda lakukan dengan cara otomatis.

 

Demikian beberapa saran dan uraian dari kami mengenai Cara Mudah dan Sederhana Mengatasi Laptop Hang, lakukkan hal sederhana di atas agar laptop kalian juga awet dan terjaga selalu sehingga bisa di gunakan dalam jangka waktu yang lama. Semoga Bermanfaat