Aplikasi Inventaris Barang Terbaik

Rekomendasi Aplikasi Inventaris Barang Terbaik

Aplikasi Inventaris Barang Terbaik-Sudah saatnya, di era teknologi ini, perusahaan baik yang masih berskala kecil( rintisan), menengah ataupun besar memakai aplikasi inventaris barang. Aplikasi inventaris sangat bermanfaat untuk menjauhi kehabisan persediaan barang di dalam gudang. Pastinya, tiap perusahaan tidak mau membuat pelanggan loyalnya beralih ke kompetitor hanya karena kehilangan persediaan barang.

Pengertian Inventaris

Secara umum, inventaris adalah daftar stok barang yang sudah dalam bentuk jadi ataupun benda baku yang nantinya diolah jadi barang jadi. Inventaris sebenarnya tidak cuma berhubungan dengan barang di perusahaan, melainkan juga sekolah, kantor serta lainnya. Tetapi, mayoritas orang kalau berbicara inventaris berarti pembahasan utamanya merupakan persediaan barang di perusahaan.

Cara Mengelola Inventaris Barang dengan Baik

Pengelolaan inventaris barang yang dilakukan dengan bagus akan berakibat langsung terhadap‘ kesehatan’ finansial perusahaan. Betul, dengan melaksanakan itu, perusahaan akan mendapatkan keuntungan dan terhindar dari kerugian.

Sedikitnya terdapat 5 cara mengelola inventaris barang dengan baik:

1. Mencatat Seluruh Informasi Barang

2. Membuat Skala Prioritas

3. Melaksanakan Stok Opname

4. Memantau Kinerja Penyuplai

5. Memakai Aplikasi Inventaris Barang

Rekomendasi Aplikasi Inventaris Barang Terbaik

Jika perusahaan Kamu saat ini sedang memakai metode manual dalam kegiatan inventaris barang, segeralah migrasi ke dalam bentuk digital. Teknologi cerdas bernama aplikasi inventaris barang sangat dianjurkan untuk Kamu gunakan di masa serba canggih saat ini.

Di bawah ini, kami bagikan 5 rekomendasi aplikasi inventaris barang terbaik yang dapat Kamu jadikan pilihan. Simak ya!

 

1. Jurnal by Mekari

 

Saran aplikasi inventaris barang terbaik yang pertama merupakan Jurnal by Mekari. Aplikasi karya anak bangsa ini dibantu ragam fitur favorit yang dicocokkan dengan keinginan perusahaan dan pebisnis dalam negeri. Jadi Kamu tidak perlu mencari aplikasi bikinan luar negeri yang fitur- fiturnya belum pasti cocok dengan keinginan bisnis Kamu.

Fitur favorit yang dimaksud antara lain persediaan opname, penyimpanan data, laporan inventaris dan yang lain. Jurnal pun menyuguhkan‘ deteksi’ kepada barang yang stoknya sudah berkurang. Alhasil, Kamu dapat segera merencanakan penyetokan barang supaya tidak sampai kehabisan.

Tidak hanya itu, Jurnal juga sediakan fitur yang dapat dikhususkan untuk memeriksa barang yang sangat laris ataupun populer di pasaran. Alhasil, Kamu dapat merencanakan penyetokan lebih banyak kepada barang itu.

Untuk diketahui, Jurnal membagikan versi gratis trial untuk konsumen baru selama 14 hari. Ini dapat Kamu jadikan peluang untuk mencoba dan memperhitungkan kualitas dari aplikasi inventaris barang besutan Mekari itu. Jika Kamu tertarik lalu menggunakannya, Kamu bisa beralih ke versi berbayar.

2. Stockpile

 

Saran aplikasi inventaris barang yang kedua adalah Stockpile. Aplikasi ini muncul dalam versi‘ gratisan’ dengan fitur yang lumayan mumpuni. Walaupun begitu, jika dibanding dengan Jurnal by Mekari, tentu saja Stockpile kalah unggul sebab faktor bebas biaya berlangganan itu.

Stockpile sangat recommended buat perusahaan ataupun pebisnis kecil, termasuk bisnis rumahan. Nah, jika Kamu mempunyai usaha jualan di berbagai marketplace ataupun platform online lainnya, Stockpile bisa menolong Kamu dalam kegiatan inventaris barang.

Ragam fitur yang ada di antara lain penambahan inventaris barang, penerimaan kembali barang, stok opname, kontrol persediaan barang tidak layak atau cacat, kontrol barang yang telah terjual dan yang lain. Kamu juga bisa loh meningkatkan item tertentu di dalam aplikasi ini sesuai dengan keinginan perusahaan atau bisnis Kamu.

 

3. Netsuite Inventory Management

 

Netsuite Inventory Management merupakan aplikasi inventaris barang besutan perusahaan terkenal bernama Oracel Corporation di California, Amerika Serikat. Aplikasi ini amat sesuai buat perusahaan ataupun bisnis yang masih berskala kecil( rintisan), menengah maupun besar.

Netsuite Inventory Management menawarkan macam fitur favorit yang bisa menolong sekalian mempermudah hal inventaris benda dengan cara maksimal. Sayangnya, konsumen wajib membayarkan biaya yang lumayan mahal untuk agar dapat memakai fitur- fitur yang diinginkan.

Ya, biaya aplikasi memanglah tergantung dengan fitur- fitur yang dipakai. Tidak hanya itu, jumlah konsumen juga mempengaruhi besar kecilnya bayaran yang wajib dikeluarkan. Hal ini bisa jadi termasuk kekurangan dari Netsuite Inventory Management.

 

Penutup

Itulah pembahasan tentang pengertian, cara mengelola dan saran aplikasi inventaris barang terbaik. Mengingat aktivitas inventaris berkaitan dengan‘ kesehatan’ finansial perusahaan atau bisnis, ayo gunakan aplikasi pintar seperti Jurnal by Mekari atau lainnya. Mudah- mudahan Bermanfaat