Firewall

Pengertian Firewall Manfaat dan Fungsiya Yang Perlu Kalian Tahu

 

Pengertian Firewall – Firewall sendiri adalah salah satu opsi pengaturan di komputer, ia biasanya di wakili oleh ikon bergambar bola dunia tertutup tembok bata merah. Pengertian lain dari firewall sendiri adalah sebuah alat keamanan siber yang menyaring lalu lintas masuk dan keluar. Sistem Firewall bertugas mengontrol akses lalu lintas jaringan yang dianggap sah atau aman sehingga mencegah terjadinya serangan dari luar.

Dengan kata lain firewall bekerja sebagai sekat atau tembok yang membatasi komputer dari jaringan internet, dan melalui tembok api inilah kalian bisa mengatur data,informasi dan kegiatan apa saja yang boleh lalu lalang dari jaringan internet ke komputer dan sebaliknya.

 

Berikut Kami Juga Akan Uraikan Beberapa Fungsi Dari Firewall Secara Detail

 

1. Melindungi Data dari Hacker dan Pengguna Tak Bertanggung Jawab

Fungsi yang utama dari firewall adalah sebagai sekat antara data internal dengan akses dari luuar perangkat, karena firewall yang bekerjalah pengguna dan hacker tidak bisa mengakses sama sekali data data yang kalian miliki. Dengan kata lain data-data dan informasi penting yang ada di komputer kalian akan rawan jika tidak mengaktifkan firewall.

2. Memblokir Pesan Yang Mengganggu

Ketika kalian mendapatkan pesan misterius yang mengatakan komputer atau perangkat kalian dalam bahaya, Jika tak segera menginstal program tertentu, komputer akan mati dalam hitungan detik. Apakah pesan itu terasa familiar?

Jika komputer kalian pernah mendapat pesan tersebut maka sudah di pastikkan firewall yang ada di komputer kalian belum terinstall dengan baik, karena salah satu fungsi dari firewall adalah memblokir pesan yang menggannggu dan membahayakan. Oleh karena itu wajib ya bagi kalian mengaktifkan konfigurasi firewall yang ada di komputer kalian.

3. Memblokir Konten Yang Tidak Di Inginkan

Nah selanjutnya selain memblokir pesan spam dan yang mengandung virus fungsi lain dari firewall yang ada di komputer kalian adalah buat memblokir konten atau web yang berasal dari alamat email yang spesifik. Kalian bisa mengatur secara manual konten seperti apa yang tidak di perbolehkan di akses oleh komputer kalian ya.

4. Membuat Game Online Lebih Aman dan Nyaman

Fungsi dari firewall yang lain adalah untuk memastikkan pengalaman bermain game online jadi lebih nyaman alasannya adalah karena game online memiliki resiko dan celah keamanan. Ini di karenakan pertukaran data secara cepat yang terjadi antara jaringan, jadi bisa saja hacker menyisipkan malware ke komputer kalian melalui game online. Meski umumnya server dari game online sendiri sudah menyediakan fitur ke amanan yang canggih tetapi tidak ada salahnya baut berjaga-jaga dengan firewall yang sudah di setting di komputer kalian.

5. Mengakses Layanan VPN

Selanjutnya fungsi dari firewall adalah buat memfasilitasi koneksi virtual private network (VPN), nah melalui layanan ini pengguna bisa mengakses jaringan internal kalian. Dengan layanan yang sama kalian bisa mengakses website atau konten yang sedianya di blokir oleh pihak tertentu, tentu saja hal ini bisa meningkatkan produktivitas ,kolaborasi dan data sharing.

6. Berfungsi Buat Memantau Penggunaan Bandwidth

Firewall tidak hanya bermanfaat buat memastikan keamanan jaringan komputer terjaga. Di samping fungsi firewall yang utama, firewall adalah sistem yang dapat digunakan untuk memonitor dan membatasi bandwidth yang digunakan. Sebagai contoh, Anda bisa menetapkan batasan untuk konten hiburan, gambar, dan musik. Kemudian memprioritaskan bandwidth untuk konten-konten lebih penting untuk bisnis.

 

Manfaat Firewall Yang Ada Di Komputer Kalian

Setelah mengetahui beberapa fungsi firewall, akan lebih lengkap jika Anda juga tahu beragam manfaat firewall. Langsung saja simak di bawah:

 

1. Komputer menjadi lebih aman, manfaat firewall yang pertama adalah membuat komputer kalian menjadi aman, ya hal ini memang masuk akal karena firewall bertindak sebagai tembok penghalang jika terdapat hal hal berbahaya seperti malware yang akan masuk ke komputer kalian.

2. Web bersih dari ancaman bahaya, Selain melindungi komputer, manfaat firewall adalah buat menjaga website tetap bersih dari ancaman berbahaya. Sebab, ada beberapa jenis firewall yang memang dirancang untuk server guna melindungi website yang ada di dalamnya.

 

 

Nah itulah uraian dari kami mengenai Pengertian Firewall Manfaat dan Fungsiya Yang Perlu Kalian Tahu, semoga mudah di pahami bagi kalian yaa. Semoga Bermanfaat