Premi Asuransi

Premi Asuransi Tujuan Faktor Dan Tips Memilih Premi Asuransi

 

Premi AsuransiDalam dunia asuransi, Premi adalah salah satu bagian terpenting. Premi adalah beberapa uang yang wajib dibayarkan oleh pelanggan tertanggung pada pihak perusahaan asuransi. Dengan kata lain, Premi Asuransi adalah biaya yang ditanggung dan wajib dibayarkan pelanggan dalam waktu durasi tertentu sesuai perjanjian sebelumnya. Biasanya, sistem pembayaran Premi adalah bulanan, tetapi hal itu kembali lagi ke perusahaan dan kesepakatan di awal.

Jika merujuk pada Undang- Undang No 40 Tahun 2014, Premi adalah beberapa uang yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi ataupun perusahaan reasuransi dan disetujui oleh pemegang polis untuk dibayarkan berdasarkan perjanjian asuransi ataupun perjanjian reasuransi, atau beberapa uang yang ditetapkan bersumber pada ketentuan peraturan perundang- undangan yang mendasari program asuransi wajib untuk mendapatkan manfaat.

 

Tujuan Premi Asuransi

Setelah mengenali apa itu Premi, mungkin Kamu penasaran akan tujuan melunasi Premi, bukan? Nah, supaya lebih memahaminya, Kita sudah merangkum beberapa tujuan Premi sebagai berikut:

1. Mendapat pemerataan biaya

Tujuan Premi adalah menemukan pemerataan biaya. Arti dari mendapat pemerataan biaya disini artinya selaku pemegang polis ataupun pelanggan, Kamu tidak akan membayar ataupun mengganti biaya secara penuh atas semua kehilangan ataupun masalah yang mungkin Kamu alami.

2. Memperoleh jaminan perlindungan

Beberapa orang memperhitungkan kalau fungsi dari Premi asuransi adalah sebagai jaminan proteksi atas berbagai resiko yang mungkin saja mereka alami. Maka dari itu, tujuan membayar Premi adalah untuk menemukan jaminan itu sebagai wujud mawas diri.

Baca Juga :  Apa itu Premi Asuransi Pengertian Faktor Dan Jenisnya

 

Cara Menghitung Besaran Premi Asuransi

Cukup simpel, metode mengetahui biaya dalam perhitungan Premi adalah dengan mengalikan tarif Premi asuransi dengan total harga pertanggungannya. Dengan kata lain, rumusnya ialah:

Besaran Premi= Tarif Premi x Total harga pertanggungan

Besarnya tarif Premi berpedoman pada perolehan garansi. Sedangkan untuk harga garansi ialah hasil perhitungan dari harga wajar hal ataupun benda yang diasuransikan.

 

Faktor yang Pengaruhi Besaran Premi Asuransi

Selain dari ketentuan perusahaan asuransi, ada sebagian faktor yang bisa pengaruhi besaran Premi yang wajib Kamu bayar. Faktor- faktor itu di antara lain:

1. Profesi Nasabah

Faktor awal yang mempengaruhi besaran Premi adalah profesi pelanggan. Semakin kompleks dan beresiko pekerjaan pelanggan itu, maka semakin besar pula besaran Preminya.

2. Kebiasaan Hidup Nasabah

Berkaitan akrab dengan kesehatan, kebiasaan ataupun pola hidup Kamu nyatanya mempengaruhi besaran Premi, loh! Lebih persisnya adalah kebiasaan kurang bagus seperti merokok. Kebiasaan merokok memberi akibat negatif pada kesehatan tubuh, seperti kesehatan alat pernapasan, jantung, dan sebagainya. Maka dari itu, bayaran Premi yang dikenakan juga semakin besar.

3. Riwayat Kesehatan Nasabah

Faktor terakhir yang pengaruhi besaran Premi adalah riwayat kesehatan. Hal itu disebabkan resiko pada orang dengan riwayat penyakit ringan, berat, ataupun bahkan keturunan memerlukan kebutuhan berbeda- beda.

 

Tips Memilih Premi Asuransi yang Tepat

Nah, supaya lebih yakin dan tidak salah membuat keputusan dalam memilih Premi asuransi, berikut beberapa panduan yang bisa kamu terapkan.

1. Pahami produk asuransi

Tips pertama untuk memilah Premi adalah dengan menguasai produk asuransi yang ingin Kamu ambil dan sesuaikan dengan keinginan dan kemampuan keuangan Kamu. Tidak semua asuransi membutuhkan biaya besar, oleh sebab itu jika Kamu teliti, Kamu akan menemukan asuransi terjangkau dan mempunyai banyak manfaat.

Baca Juga :  Apa itu Premi Asuransi Pengertian Faktor Dan Jenisnya

2. Sebaiknya beli asuransi sejak muda

Perlu diketahui kalau umur juga ialah salah satu faktor penentu besaran Premi. Semakin tua umur Kamu, maka semakin besar bayaran Premi yang wajib dibayarkan karena resiko kesehatannya lebih tinggi. Maka dari itu, usahakan Kamu membeli Premi asuransi semenjak muda. Sehingga, Kamu memperoleh manfaat Premi yang sama tetapi dengan harga lebih terjangkau dibandingkan ketika membelinya di usia tua.

3. Pilihlah produk asuransi kesehatan dan kejiwaan murni

Tips terakhir untuk memilah Premi adalah memilah produk asuransi kesehatan ataupun kejiwaan murni jika tidak ingin menghasilkan biaya besar. Artinya, apabila Kamu hanya memerlukan pertanggungan, maka memilih Premi yang tidak mempunyai fitur pengembalian investasi Premi pada pelanggan. Sebab, biasanya ilustrasi Premi itu memiliki harga lebih murah.

 

 

Demikian uraian dari kami mengenai Premi Asuransi Tujuan Faktor Dan Tips Memilih Premi Asuransi ,semoga dengan beberapa penjelasan dari kami kalian bisa memahami dengan baik. Semoga Bermanfaat