Besaran Premi

6 Faktor Yang Mempengaruhi Besaran Premi Asuransi Anda

 

Besaran Premi Asuransi Anda – Saat ini masyarakat ini indonesia semakin paham dan menyadari betapa pentingnya asuransi di dalam kehidupan mereka. Kebutuhan akan proteksi di dalam diri sendiri, Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) melaporkan pada Konferensi Pers Kinerja Industri Asuransi Jiwa bahwa pemegang polis keseluruhan mengalami peningkat 17,4% sebesar 20,87 juta polis. Saat ini premi di bedakan dalam beberapa aspek tergantung dari profile nasabah masing-masing.

Nah berikut beberapa faktor yang mempengaruhi besaran premi yang wajib kalian pahami.

1. Yang Pertama Adalah Perokok Aktif

Jika kalian adalah seorang perokok aktif maka banyak perusahaan asuransi yang akan menawarkan jasanya buat kalian, tetapi kalian akan mendapat biaya premi yang lebih tinggi perbulannya. Hal ini karena seorang perokok aktif memiliki resiko yang tinggi dalam urusan kesehatan. Tapi itu bukan satu-satunya hal yang menjadi pertimbangan perusahan asuransi dalam menentukan besaran premi.

2. Faktor Berat Badan Kalian

Faktor berikutnya yang mempengaruhi besaran premi adalah berat badan dari nasabah. Mengapa demikian? Karena memiliki berat badan berlebih rentan dengan penyakit kronis. Alasan tersebutlah mungkin yang membuat premi asuransi jiwamu berbeda lebih tinggi dari yang lainnya. Pihak asuransi juga akan melakukan tes kesehatan buat kalian dan akan memeriksa riwayat medis kalian.

3. Memiliki Pekerjaan Beresiko Tinggi

Hal yang berikutnya adalah nasabah yang memiliki pekerjaan yang beresiko tinggi, Sebagai contoh adalah orang yang berada langsung di lapangan atau pekerja proyek dan pekerjaan yang berhubungan dengan listrik dan ketinggian. Jadi, tidak perlu terkejut ketika harga premi asuransi Anda mahal ketika profesi yang Anda jalankan saat ini termasuk dalam kategori berisiko untuk kesehatan anda.

4. Memiliki Riwayat Penyakit Dan Catatan Medis

Perusahaan asuransi umumnya memberi syarat tes kesehatan terlebih dulu kepada calon nasabahnya sebelum melakukan sebuah proteksi. Bagaimanapun kesehatan menjadi faktor penting yang bisa mempengaruhi besaran premi yang akan di bayarkan, Nah berikut beberapa penyakit yang bisa mempengaruhi besaran premi yang akan kalian bayarkan:

  • -Kanker : perusahaan akan memberikan penilaian risiko tinggi, jika calon nasabah sudah pernah terkena atau menderikta kanker.
  • -Diabetes : Orang yang memiliki penyakit diabetes akan dianggap lebih berisiko, sehingga premi asuransi jiwa dan kesehatan menjadi lebih mahal.
  • -Penyakit Kardiovaskular : pengidap penyakit – penyakit yang berhubungan dengan darah tinggi dan penyakit yang berhubungan dengan jantung dan dapat menyebabkan kematian akan diperhitungkan mendapat premi lebih tinggi.

5. Faktor Usia

Nah Faktor usia juga sangat mempengaruhi besaran premi yang akan di bayarkan, oleh karena itu kami sarankan membeli asuransi sejak usia muda agar di hari tua nanti tinggal menunggu manfaat poteksi yang di berikan oleh perusahaan asuransi. Karena semakin usia tua semakin beresiko juga terhadap kesehatan dan beberapa faktor yang lain.

6. Memiliki Hobi Ekstrem Dan Beresiko

Nah faktor terakhir yang bisa mempengaruhi besaran premi asuran adalah dia atau nasabah yang memiliki hobi yang ekstrim. Memiliki hobi ekstrim adalah resiko yang tinggi dan membahayakan. Oleh karena itulah kalian bisa menyetorkan premi yang lebih besar

 

Penutup

Nah itulah beberapa faktor yang bisa mempengaruhi besaran premi asuransi, Pada dasarnya perusahaan asuransi menetapkan premi asuransi jiwa dan kesehatan yang dibayar, sesuai dengan tingkat risiko yang ditanggung. Semakin Anda berisiko, maka semakin mahal juga premi asuransi jiwa dan kesehatan yang harus dibayarkan. Semoga Bermanfaat