cara mengatasi insomnia

Patut Coba! Cara Mengatasi Insomnia dengan Makanan dan Minuman

Patut Coba! Cara Mengatasi Insomnia dengan Makanan dan Minuman

Tidak heran jika masyarakat umum banyak yang mencari cara mengatasi insomnia ampuh. Pasalnya gangguan tidur malam ini memang sangat mengganggu. Tidur ialah sebuah kebutuhan manusia paling dasar dimana memang wajib untuk dipenuhi serta penting. Jika anda menderita masalah tidur ini, maka waktu istirahat kurang.

Bahkan karena adanya gangguan tidur malam ini membuat waktu istirahat anda jadi tidak berkualitas. Buruknya lagi karena masalah inilah banyak kegiatan jadi terhambat saat sepanjang hari. Setiap orang memang waktu untuk istirahatnya sendiri berbeda-beda kebutuhannya. Jadi memang itu tidak boleh disama ratakan.

Usia serta gaya hidup seseorang juga mempengaruhi waktu untuk beristirahat. Bahkan faktor dari lingkungan juga punya pengaruh cukup besar. Umumnya pada orang dewasa memang waktu beristrahat malam diperlukan setidaknya 7 sampai 8 jam setiap harinya. Hal ini merupakan kebutuhan wajib dari orang dewasa.

Insomnia sendiri juga ditandai dengan adanya gejala dimana penderita mengalami gangguan untuk tidur pada malam hari. Bahkan ditengah malam juga kerap terbangun tanpa sebab. Walaupun lelah, penderita akan mengalami kesulitan mengistirahatkan mata serta tubuhnya. Sehingga membuat semua kegiatan anda di esok hari tentu terganggu.

Tanda Gejala Gangguan Tidur yang dapat Menjadi Masalah Serius

Untuk bisa mencari cara mengatasi insomnia menggunakan langkah tepat, maka anda tentu harus tahu dulu jenis gangguan tidur tersebut. Dua tipe ini wajib diketahui, yakni pertama ialah primer dan kedua sekunder. Untuk tipe primer sendiri ditandai dengan gangguan tidur sebagai sebuah penyakit dimana muncul sendiri.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Susah Tidur Karena Berbagai Penyebab

Tidak ada kaitannya dengan masalah kesehatan. Sementara itu, untuk sekunder sendiri muncul karena adanya gangguan kesehatan. Bukan hanya itu, masalah insomnia ini juga dapat dibedakan dari sering tidaknya anda mengalami. Seperti kronis dan akut. Jika akut, maka hanya dalam waktu singkat saja terjadinya, sekitar satu minggu.

Sementara jika sudah kronis, maka akan sering terjadi dan bahkan dapat dialami setiap malamnya. Gangguan insomnia ini juga ditandai dengan beberapa hal seperti susah memulai tidur saat malam hari. Ketika tengah malam kerap bangun. Bahkan sekalipun mengantuk tidak bisa tidur dan lelah ketika siang.

Karena masalah ini, anda juga jadi tidak bisa fokus serta sulit untuk mengingat. Bahkan selalu merasa khawatir mengenai tidur. Jika anda masih punya gejala lain dimana dapat mengganggu waktu istirahat, maka segera konsultasi dengan ahlinya. Hal ini agar masalah dapat teratasi secara tepat serta aman.

Makanan Sehat untuk dapat Mengatasi Gangguan Insomnia

Berbagai macam cara mengatasi insomnia bisa dilakukan anda, satu diantaranya ialah dengan mengonsumsi makanan serta minuman sehat. Memang jika mengonsumsi ini tidak lekas membuat masalah insomnia teratasi. Namun metode ini bisa digunakan untuk membantu istirahat jadi nyenyak. Satu makanan yang bisa digunakan ialah daging ayam.

Kandungan triptofan pada daging ayam ini penting karena banyak mengandung zat dimana dapat bermanfaat untuk menenangkan serta memperbaiki mood. Selain itu juga bisa bermanfaat untuk mengatur siklus istirahat. Selain itu anda dapat mengonsumsi ikan. Kandungan serotonin serta melatonin apa membantu anda untuk istirahat.

Hormon melatonin sendiri juga terkandung pada kacang almond. Kandungan zat besi membantu istirahat anda jadi nyaman. Hormon yang menyebabkan stres dimana sering kali membuat istirahat malam mengalami gangguan. Solusi terbaik untuk atasi masalah tidur bisa juga dengan konsumsi buah-buahan dimana dapat membantu istirahat anda.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Susah Tidur Karena Berbagai Penyebab

Pilih buah dengan kandungan isi melatonin tinggi misalnya saja nanas atau kiwi. Konsumsi buah selama beberapa jam sebelum tidur, dapat membantu anda atasi insomnia. Anda juga bisa mengonsumsi susu hangat maupun teh chamomile. Banyak makanan atau minuman yang bisa dipakai untuk cara mengatasi insomnia secara tepat.