cara mengatasi susah tidur

Cara Mengatasi Susah Tidur Karena Berbagai Penyebab

Cara Mengatasi Susah Tidur Karena Berbagai Penyebab

Berbagai cara mengatasi susah tidur tanpa harus mengkonsumsi obat penting untuk diketahui untuk mengatasi insomnia. Insomnia sendiri adalah kondisi dimana seseorang mengalami susah istirahat, tidurnya tidak nyenyak. Bahkan sering terbangun di malam hari dengan keadaan tidak nyaman atau seperti kaget sehingga istirahat menjadi terganggu.

Jika keadaan ini terjadi sesekali atau tidak terlalu sering dalam jangka waktu lama masih bisa Anda atasi sendiri. Tidak harus selalu minum obat-obatan khusus yang justru akan menyebabkan efek ketergantungan jangka panjang. Ternyata kondisi ini lebih banyak dialami oleh wanita dibanding pria karena tingkat kecemasannya.

Ada beberapa tanda-tanda atau gejala seseorang mengalami insomnia yang harus dipahami terlebih dahulu. Seperti sulit untuk memulai istirahat, sering bangun di tengah malam, bangun pagi selalu merasa lelah. Mudah marah, sulit fokus dan lainnya, maka cari tahu penyebabnya agar mudah menerapkan cara mengatasi susah tidur.

Beberapa Penyebab Seseorang Mengalami Susah untuk Tidur

Insomnia paling sering disebabkan karena stres berlebihan sehingga otak menjadi terlalu aktif untuk bisa segera terlelap. Kecemasan berlebihan sehingga ada rasa takut jika tertidur atau takut untuk menghadapi hari esok. Bisa juga karena kebiasaan buruk di malam hari misalnya bermain ponsel sampai terlalu lama.

Penting memahami betul penyebab lain sebelum fokus ke bagaimana cara mengatasi susah tidur seperti pengaruh alkohol atau kafein. Makan terlalu malam sehingga kondisi perut menjadi tidak nyaman atau perut mulas karena makanan yang dikonsumsi. Kondisi medis tertentu juga membuat seseorang menjadi sulit untuk tidur.

Baca Juga :  Inilah Cara Mengatasi Susah Tidur dan Gelisah Beserta Penyebabnya

Cara Mengatasi Gangguan Susah Tidur Tanpa Harus Konsumsi Obat

Sebagian besar seseorang yang mengalami gangguan pada tidurnya akan langsung meminum obat agar langsung terlelap. Padahal jika Anda mau merubah kebiasaan sederhana membuat insomnia menjadi bisa diatasi dan kualitas hidup membaik. Ikuti cara-cara di bawah ini yang akan membantu Anda tanpa harus minum obat.

  1. Sebaiknya jangan tidur siang

Sebenarnya cara mengatasi susah tidur kembali ke masing-masing orangnya dan harus mengenal dirinya sendiri. Jika Anda tipe orang yang memang sulit tidurnya maka sebaiknya jangan tidur di siang hari. Hal ini membuat tubuh menjadi lebih berenergi sehingga ketika malam datang Anda tidak akan merasa ngantuk.

  1. Mengatur jadwal tidur dan bangun

Jadwal tidurnya yang tidak menentu membuat tubuh Anda menjadi sulit untuk diatur sehingga tidak mau disiplin. Maka mulailah membuat jadwal tidur dan bangun secara rutin setiap harinya karena tubuh cukup cerdas untuk mengikuti. Jika Anda terbiasa tidur teratur maka tidak akan sulit untuk mendisiplinkan diri.

  1. Buatlah tempat tidur senyaman mungkin

Kasur yang bersih, nyaman dan wangi terkadang menjadi daya tarik tersendiri membuat seseorang ingin cepat tidur. Sebaiknya bersihkan atau rapikan kamar Anda terlebih dahulu dan bisa juga ganti sprei dengan warna kesukaan. Semakin nyaman tempat tidurnya membuat Anda menjadi cepat terlelap karena tubuh menjadi rileks.

  1. Olahraga ringan di sore hari

Disarankan untuk olahraga ringan di sore hari minimal 3 – 4 jam sebelum waktu untuk istirahat malam. Jangan olahraga di malam hari sebelum tidur karena justru membuat Anda menjadi lebih waspada. Jika tidak terbiasa olahraga berat bisa olahraga ringan saja misalnya jalan santai, lari berkeliling kompleks.

Baca Juga :  Patut Coba! Cara Mengatasi Insomnia dengan Makanan dan Minuman

Istirahat merupakan kebutuhan utama bagi tubuh dari lelahnya menjalani kegiatan atau pekerjaan seharian. Maka kualitas istirahat harus benar-benar diperhatikan agar esok hari tubuh menjadi lebih sehat dan segar. Memahami cara mengatasi susah tidur sangat penting agar gangguan seperti ini dapat diminimalkan dan berakibat buruk.