Penyebab dan Cara Mengatasi Sesak Nafas Secara Alami

Penyebab dan Cara Mengatasi Sesak Nafas Secara Alami

Mengetahui berbagai cara mengatasi sesak nafas terlebih cara-cara sederhana dan alami sangatlah penting. Kerap kali jika seseorang mengalami gejala penyakit ini secara tiba-tiba langsung panik sehingga dapat memperburuk keadaan. Namun jika Anda mengetahui cara-cara sederhana setidaknya tahu hal pertama apa harus dilakukan ketika berada di rumah.

Kondisi ini biasanya karena merasa tidak nyaman sehingga paru-paru tidak dapat sepenuhnya menghirup udara. Sebenarnya permasalahan bukan hanya karena paru-paru namun juga bisa keadaan jantung yang tidak sehat. Ada yang mengalami hanya dalam waktu singkat dan ada juga perlu perawatan karena cukup lama sembuhnya.

Sebenarnya ada banyak cara mengatasi sesak nafas secara alami yang dapat disesuaikan dengan keadaan atau gejalanya. Maka penting untuk mengetahui apa saja penyebabnya sebelum mencari tahu informasi cara mengatasinya. Jika Anda mampu menghindari penyebabnya, maka setidaknya tidak perlu bingung saat mencari cara mengatasi agar tidak kambuh.

Penyebab Umum Kenapa Seseorang dapat Mengalami Sesak Nafas

Sebelum membahas tentang cara mengatasi sesak nafas secara umum ada faktor penyebabnya. Seperti penyakit asma yang memang merupakan penyakit biasanya karena memang sudah bawaan atau faktor keturunan. Bisa juga disebabkan alergi tertentu, kecemasan terlalu berlebihan, kegemukan atau lebih ke obesitas dan infeksi saluran pernafasan.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Cegukan Secara Alami dan Memakai Obat

Sesak nafas juga bisa disebabkan karena berbagai jenis penyakit yang ada di dalam tubuh seseorang, antara lain:

  1. GERD (gangguan pernafasan karena asam lambung naik).

  2. Serangan jantung dan tekanan darah tinggi tidak terkontrol.

  3. Gagal ginjal karena menumpuknya cairan di dalam paru-paru.

Cara Alami yang dapat Membantu Mengatasi Sesak Nafas

Setelah mengetahui apa saja penyebabnya tidak ada salahnya jika Anda mencari tahu bagaimana cara mengatasi sesak nafas. Tidak harus segera ke dokter karena dapat melakukan beberapa cara alami untuk membantu meredakan. Jika memang penyebabnya bukan karena darurat medis maka coba terapkan cara sederhana berikut ini.

  1. Bernapas perlahan dan dalam

Lakukan pernafasan perlahan, tenang dan dalam untuk menarik nafas dalam-dalam dari perut Anda. Atur posisi berbaring dengan tangan di atas perut, tariklah nafas dalam dari hidung dengan perut dikembungkan. Tahan beberapa detik lalu hembuskan bertujuan untuk mengosongkan paru-paru sehingga nafas lebih terasa lega.

  1. Latihan pernafasan memakai mulut

Setiap penderita sesak nafas terutama karena kecemasan disarankan untuk sering latihan pernafasan memakai mulut. Mulailah dengan duduk tegak di atas bahu dan usahakan pundak tetap rileks. Tarik nafas dari hidung kemudian kencangkan bibir seperti bersiul lalu hembuskan udara dalam 4 hitungan terus ulangi beberapa kali.

  1. Tentukan posisi nyaman untuk rileks

Seseorang yang terkena serangan sesak nafas rata-rata akan merasa panik maka sebaiknya kuasai diri sendiri. Cobalah untuk mencari posisi yang nyaman untuk rileks baik, duduk, berdiri maupun posisi berbaring. Misalnya berdiri dengan bersandar di dinding, berbaring dengan kepala dan kaki ditopang bantal serta cara lainnya.

  1. Hirup uap air panas

Cara alami lainnya yaitu dengan menghirup uap air panas dari rumah saja hanya memakai mangkok. Tuang air panas ke dalam mangkok kemudian tambahkan minyak kayu putih atau minyak esensial. Taruh wajah di atas mangkuk dengan handuk di atas kepala, hirup uapnya sampai terasa lega.

Baca Juga :  Beginilah Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami yang Cepat

Mengalami sesak pada saat bernafas memang bisa terjadi pada siapa saja dan karena berbagai faktor penyebab. Jika Anda mengalaminya jangan panik namun usahakan tenang dan atasi dengan cara alami dulu. Setidaknya cara mengatasi sesak nafas alami ini dapat meringankan atau sebagai pertolongan pertama.