Cara Mengatasi Susah Tidur

Inilah Cara Mengatasi Susah Tidur dan Gelisah Beserta Penyebabnya

Inilah Cara Mengatasi Susah Tidur dan Gelisah Beserta Penyebabnya

Bagi yang kerap begadang, Anda wajib tahu cara mengatasi susah tidur dan gelisah. Sebab, perasaan tersebut sangat menyiksa karena membuat jam istirahat Anda berantakan. Akibatnya, kesehatan tubuh akan terganggu dan menyebabkan timbul berbagai penyakit berbahaya.

Maka dari itu, Anda disarankan untuk menghilangkan kebiasaan susah tidur dan rasa gelisah akibat memikirkan suatu hal tertentu. Biasanya, orang-orang yang mengalami gangguan tidur dan rasa gelisah berlebih ini disebabkan oleh rasa stres atau depresi akibat adanya tekanan batin dari pasangan, pekerjaan, atau lingkungan keluarga.

Penyebab Seseorang Susah Tidur dan Gelisah Berlebih Pada Malam Hari

Umumnya, seseorang yang mengalami gangguan tidur ini disebabkan oleh beberapa faktor. Anda wajib tahu bagaimana cara mengatasi susah tidur dan gelisah. Apabila tidak segera diobati, maka lambat laun kebiasaan tersebut membuat Anda mengalami gangguan kesehatan. Oleh sebab itu, ini dia penyebab seseorang mengalami susah istirahat disertai dengan rasa gelisah. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Stres

Stres menjadi salah satu penyebab Anda susah terlelap dan gelisah. Sebab, timbulnya rasa stres dan gelisah ini disebabkan karena adanya tekanan dalam batin. Tekanan ini bisa disebabkan karena tekanan pekerjaan, pasangan, dan lingkungan sekitar.

  1. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Minuman Keras

Apabila Anda terlalu banyak mengkonsumsi minuman keras, maka lambat laun akan menyebabkan gangguan tidur dan gelisah berlebih. Sebab, terlalu banyak mengkonsumsi alkohol dapat merusak jam tidur seseorang.

  1. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Kafein

Memang, kafein ini menjadi salah satu zat yang dapat membuat orang untuk tidak mengantuk. Hal ini justru sangat berbahaya. Sebab, terlalu banyak mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein ini dapat menyebabkan gangguan tidur hingga merasa gelisah.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Susah Tidur Karena Berbagai Penyebab

Beberapa Resiko Gangguan Tidur dan Gelisah yang Kerap di Alami

Ketika seseorang mengalami gangguan tidur dan gelisah, maka hal tersebut dapat menyebabkan berbagai resiko gangguan kesehatan. Salah satu resiko akibat susah tidur dan gelisah adalah mood naik turun. Untuk itu, Anda perlu tahu cara mengatasi susah tidur dan gelisah.

Hal ini disebabkan karena gangguan metabolisme dalam tubuh karena Anda terlalu capek karena kurang istirahat. Selain itu, kurang istirahat disertai rasa gelisah juga menyebabkan Anda hilang fokus. Akibatnya, Anda kerap tidak nyambung ketika diajak berbicara oleh orang lain.

Selain itu, gangguan tidur dan gelisah juga menyebabkan penurunan kualitas dalam berhubungan intim. Oleh sebab itu, orang yang merasa gelisah kerap mengalami ejakulasi dini dalam berhubungan seksual.

Cara Mengatasi Susah Tidur dan Gelisah Tanpa Perlu ke Dokter

Agar tidak mengalami penurunan kesehatan, maka Anda harus segera memperbaiki kualitas tidur dan menghilangkan rasa gelisah. Masalah gangguan tidur disertai dengan rasa gelisah ini memang dapat diatasi segera.

Sehingga, Anda tidak perlu datang ke dokter spesialis. Untuk menghilangkan kebiasaan tersebut, maka hal yang harus diperhatikan adalah cara mengatur waktu tidur. Anda disarankan untuk tidak tidur di sore hari. Sebab, tidur di sore hari menyebabkan Anda kehilangan rasa kantuk di malam hari.

Cara mengatasi susah tidur dan gelisah selanjutnya adalah dengan mengubah kebiasaan buruk, seperti terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol dan kafein. Sebab, dua kebiasaan tersebut membuat jam tidur Anda berantakan. Selain itu, minuman beralkohol dan kopi ini dapat menyebabkan ketergantungan.

Susah tidur disertai rasa gelisah ini menjadi salah satu gangguan yang dapat menyebabkan masalah kesehatan serius. Sebab, kurangnya istirahat dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya seperti serangan jantung. Oleh sebab itu, ketahui cara mengatasi susah tidur dan gelisah guna menghindari berbagai resiko penyakit berbahaya.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Susah Tidur Karena Berbagai Penyebab