cara mengatasi stres

Ketahui Cara Mengatasi Stres, Kapan Harus ke Psikolog?

Ketahui Cara Mengatasi Stres, Kapan Harus ke Psikolog?

Di era milenial seperti sekarang, tidak sedikit yang membutuhkan cara mengatasi stres dengan tepat. Stres memang menjadi salah satu kondisi yang lumrah terjadi kepada siapapun, baik pria maupun wanita tanpa memandang usia. Penyebabnya juga dari berbagai faktor internal ataupun eksternal.

Stres tidak melulu dikaitkan dengan kondisi gangguan mental. Melainkan lebih cenderung ke arah perasaan yang mengalami lelah berlebihan, cemas, gelisah dan sejenisnya hingga kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Banyak diantaranya juga menjadi sulit tidur dan tidak nafsu makan.

Seseorang yang tidak mampu mengendalikan perasaan tersebut secara baik maka bisa menyebabkan dampak buruk seperti menjadi pecandu minuman keras, konsumsi obat-obatan terlarang hingga merasa hidup ini tidak berarti apapun. Maka dari itu, apapun alasannya Anda bisa mencoba beberapa cara mengatasi stres berikut ini.

Cara Efektif untuk Mengatasi Stres yang Aman dan Sehat

Di tengah tumpukan pekerjaan dan berbagai masalah hidup sedang dialami seringkali membuat kita stres berat. Jika tidak mampu mengendalikan emosi tersebut maka bisa menyebabkan masalah yang lebih serius. Maka dari itu, Anda bisa mencoba beberapa tips cara mengatasi stres dengan aman dan sehat berikut ini:

  • Ketahui penyebab dan keluarkan unek-unek

Tentu saja hanya Anda sendiri dapat mengetahui penyebab mengalami stres. Jadi coba gali terlebih dahulu hal-hal apa saja dimana bisa memicu timbulnya rasa stres tersebut. Apabila Anda tidak ingin menceritakan masalah ke orang lain maka bisa mengeluarkan unek-unek dengan mencatatnya di buku harian.

  • Mulailah berolahraga

Bisa jadi penyebab stres Anda selama ini karena kurangnya aktivitas yang dapat menyegarkan jasmani. Maka tidak ada salahnya untuk mulai berolahraga secara rutin, misalnya jogging atau bersepeda. Selain meredakan rasa stres, berolahraga juga menyehatkan badan. Lakukan paling tidak tiga kali seminggu rutin dalam satu bulan full.

  • Meditasi atau Yoga

Yoga sebenarnya merupakan salah satu jenis olahraga dimana fungsinya untuk menenangkan pikiran. Jadi coba lakukan sendiri di rumah, karena dengan bermeditasi akan membantu meringankan beban pikiran Anda.

  • Menikmati hobi

Lupakan sejenak pekerjaan atau kesibukan Anda selama ini. Lalu mulailah untuk menikmati hobi atau hal-hal yang Anda sukai seperti nonton film, memasak, belanja, karaoke atau aktivitas-aktivitas menyenangkan lainnya.

Baca Juga :  Salah Satu Tidakan Cepat untuk Mengatasi Mual Saat Hamil

Selain beberapa cara di atas, Anda juga harus mulai membiasakan hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi. Kurangi begadang, tidur yang cukup dan jangan mengkonsumsi alkohol. Karena dibalik raga yang sehat maka ada jiwa sehat juga.

Kapan Membutuhkan Bantuan Ahli Psikologis untuk Mendapatkan Sebuah Terapi

Dalam beberapa kondisi, merasa stres mungkin dianggap sebagai suatu hal yang biasa dan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Namun jika Anda merasakan masalah yang lebih serius hingga cenderung ke arah depresi, maka sebaiknya segera konsultasikan ke ahli psikologis.

Misalnya ketika perasaan tersebut sudah disertai dengan perilaku yang enggan bertemu orang-orang, tidak nafsu makan selama berhari-hari, insomnia atau sulit tidur hingga menjadi emosian. Bahkan beberapa orang yang mengalami stres berat cenderung melakukan hal negatif seperti minum alkohol.

Apabila Anda sudah mencoba berbagai cara untuk mengatasi stress tapi tidak kunjung membaik, maka segera konsultasikan ke dokter. Tidak perlu khawatir, seorang psychiater atau psikologi justru akan membantu meringankan perasaan stress tersebut agar tidak berdampak lebih serius bagi kehidupan Anda.

Sebaiknya tidak mengkonsumsi obat-obatan apapun tanpa resep dokter, termasuk jenis obat tidur. Jika memungkinkan, Anda bisa coba ambil cuti kerja dan terapkan beberapa cara mengatasi stres seperti yang sudah Kami bahas di atas.