Cara Mengatasi Mual

Tips dan Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda

Tips dan Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda

Bagi suami siaga, Anda wajib tahu cara mengatasi mual saat sang istri memasuki usia hamil muda. Sebab, tanda-tanda wanita memasuki masa hamil muda adalah rasa ingin muntah yang tidak tertahankan. Maka dari itu, para suami wajib tahu tips sekaligus cara untuk mengatasi rasa mual dan ingin muntah.

Rasa mual dan ingin muntah ini tentu sangat menyiksa. Rasa mual dan ingin muntah ini muncul karena beberapa faktor. Salah satunya adalah meningkatnya hormon Human Chorionic Gonadotropin (HCG). Peningkatan hormon inilah yang menyebabkan para wanita yang memasuki usia hamil muda kerap mengalami rasa mual disertai dengan ingin muntah.

Cara Mengatasi Mual Ketika Memasuki Usia Hamil Muda

Untuk mengatasi rasa mual dan ingin muntah, ada baiknya bagi ibu hamil untuk melakukan beberapa hal yang dapat mengatasi gejala tersebut. Memang, cara-cara ini tidak menghilangkan rasa sakit 100%.

Namun, setidaknya dapat mengurangi atau meredakan rasa mual selama memasuki usia kehamilan dibawah 2 bulan. Maka dari itu, ini dia cara mengatasi rasa mual dan ingin muntah. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Mengkonsumsi Roti atau Biskuit

Ketika Anda bangun di pagi hari, maka sarankan sang istri untuk mengkonsumsi roti atau biskuit. Tujuannya agar sang istri memiliki asupan energi yang cukup. Sebab, ketika memasuki usia hamil muda justru jarang mengkonsumsi makan-makanan yang mengandung karbohidrat. Oleh sebab itu, roti dan biskuit dapat menjadi salah satu makanan alternatif agar kandungan energi tetap terpenuhi.

  1. Jangan Terlalu Sering Beraktivitas

Salah satu cara mengatasi mual saat memasuki usia hamil adalah sering-seringlah beristirahat. Sebab, wanita hamil dilarang melakukan aktivitas berat. Sebab, melakukan beberapa aktivitas berat dapat menyebabkan rasa mual, muntah, hingga beresiko keguguran janin dalam kandungan.

  1. Mengkonsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Wanita hamil juga diwajibkan untuk mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Sebab, kandungan vitamin dan zat yang terkandung dalam buah dan sayur ini sangat baik untuk pertumbuhan janin. Maka dari itu, selalu konsumsi makanan bergizi agar janin tetap sehat.

  1. Jangan Mengkonsumsi Makanan dengan Bau Menyengat

Dan cara terakhir adalah hindari mengkonsumsi makanan yang memiliki bau menyengat. Sebab, bau-bau tidak sedap ini dapat menyebabkan wanita hamil mual dan ingin muntah. Hal tersebut disebabkan karena meningkatnya hormon dalam tubuh.

Tips Mencegah Rasa Mual dan Muntah Ketika Hamil Muda

Rasa mual dan ingin muntah tentu salah satu ciri-ciri wanita hamil muda. Oleh sebab itu, para wanita dapat mencoba beberapa tips guna meredakan rasa mual yang disertai dengan muntah-muntah. Sebab, gejala tersebut cukup menyiksa karena merasa sakit di bagian perut.

Tips pertama, selalu mengkonsumsi air putih agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Sebab, sangat berbahaya apabila wanita hamil mengalami dehidrasi. Selain mengkonsumsi air putih, wanita hamil juga disarankan untuk meminum air kelapa, jus melon, jus apel, dan minuman yang mengandung kadar kalium tinggi.

Minuman tersebut juga menjadi salah satu cara mengatasi mual dan muntah bagi wanita hamil. Tips kedua, Anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan rendah lemak. Sebab, mengkonsumsi makanan berlemak dapat menyebabkan kandungan menjadi tidak sehat. Selain itu, lemak jahat juga menyebabkan kandungan melemah.

Sebagai seorang suami, Anda wajib tahu bagaimana cara mengatasi rasa mual disertai dengan muntah-muntah. Gejala tersebut menjadi salah satu gejala wanita hamil muda. Gejala tersebut memang sangat mengganggu, karena rasa sakit di area perut yang tidak tertahankan. Oleh sebab itu, Anda dapat mencoba salah satu cara mengatasi mual saat memasuki usia hamil muda tanpa perlu ke dokter spesialis.