Cara Mengatasi Sakit Pinggang

Inilah Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Menstruasi, 100% Ampuh!

Inilah Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Menstruasi, 100% Ampuh!

Beberapa wanita wajib tahu cara mengatasi sakit pinggang ketika masa menstruasi datang. Sebab, rasa sakit di bagian pinggang ketika masa menstruasi ini tentu membuat Anda tidak nyaman. Hal inilah yang menyebabkan mood wanita kerap naik turun. Dan kini, Anda bisa mengatasi salah satu gejala menstruasi tersebut secara mandiri dirumah.

Cara-cara tersebut memang tidak mengandung resiko berbahaya. Hanya saja, untuk mengatasi sakit pinggang ini tidak boleh harus dilakukan hingga masa menstruasi selesai. Sebab, bisa saja rasa sakit di area pinggang kembali muncul ketika Anda tidak melakukan tindakan-tindakan pencegahan.

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Ketika Anda Memasuki Masa Menstruasi

Salah satu gejala yang paling “menyiksa” ketika masa menstruasi adalah rasa sakit di area pinggang. Hal tersebut cukup mengganggu kenyamanan serta menyebabkan mood Anda naik turun. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk mengatasi rasa sakit di area pinggang secara mandiri dirumah dengan cara sebagai berikut ini :

  1. Mengompres Menggunakan Air Hangat

Cara pertama, Anda dapat mengompres pinggang yang terasa sakit dengan menggunakan air hangat. Sebab, air hangat ini secara tidak langsung dapat “merelaksasi” otot-otot di bagian pinggang yang tertarik karena Anda memasuki masa menstruasi. Lakukan pengompresan ketika Anda mengalami nyeri di bagian pinggang.

  1. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Cara kedua, Anda disarankan mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung kaya akan vitamin dan zat baik untuk tubuh. Sebab, makanan-makanan sehat ini dipercaya dapat memperlancar serta mempercepat masa menstruasi. Selain itu, mengkonsumsi makanan sehat juga menjadi salah satu cara mengatasi sakit pinggang bagi wanita yang memasuki masa menstruasi.

  1. Mengkonsumsi Coklat

Cara ketiga, mengkonsumsi coklat juga dapat dijadikan sebagai obat untuk meredakan rasa sakit di bagian pinggang. Selain itu, mengkonsumsi coklat juga dipercaya untuk mengembalikan mood para wanita yang tengah memasuki masa menstruasi.

  1. Istirahat yang Cukup

Cara keempat, wanita yang memasuki masa haid ini disarankan untuk istirahat saja dirumah. Sebab, istirahat yang cukup dapat mencegah efek samping dari masa haid seperti mudah marah, sakit pinggang, hingga mood naik turun.

Daftar Penyebab Sakit Pinggang ketika Memasuki Masa Menstruasi

Memang, ada beberapa faktor yang menyebabkan para wanita merasa kesakitan di bagian pinggang ketika memasuki masa menstruasi. Rasa sakit tak tertahankan inilah yang membuat para wanita mudah emosi dan mood yang sering berubah-ubah. Tercatat, ada 3 faktor yang membuat pinggang terasa sakit ketika memasuki masa menstruasi.

Penyebab pertama adalah endometriosis. Endometriosis adalah kondisi dimana terdapat jaringan sel-sel rahim yang tumbuh diluar rahim yang dapat membungkus organ lain. Hal ini menimbulkan rasa sakit yang cukup hebat.

Biasanya, endometriosis ini dapat sembuh dengan sendirinya. Jika masa menstruasi selesai dan rasa sakit pinggang tidak kunjung sembuh, maka Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis guna pemeriksaan lebih lanjut.

Penyebab kedua adalah fibroid rahim. Fibroid rahim adalah kondisi dimana adanya pertumbuhan benjolan non kanker di bagian rahim Anda. Pertumbuhan benjolan inilah yang menyebabkan Anda merasa kesakitan di area pinggang.

Sehingga, Anda kerap mencari tahu cara mengatasi sakit pinggang ketika memasuki masa menstruasi. Biasanya, fibroid rahim ini dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, Anda disarankan untuk melakukan pengecekan di dokter spesialis untuk tindakan medis lebih lanjut.

Salah satu gejala yang lumrah dirasakan oleh para wanita ketika memasuki masa haid adalah rasa sakit di area pinggang. Sakit di bagian pinggang ini disebabkan oleh beberapa al, seperti endometriosis atau fibroid rahim. Oleh sebab itu, Anda wajib tahu cara mengatasi sakit pinggang agar tidak merasa tersiksa ketika memasuki masa menstruasi.