Sebelum Membeli Ponsel Pintar

Beberapa Hal Yang Perlu DiKetahui Sebelum Membeli Ponsel Pintar

 

Sebelum Membeli Ponsel Pintar-Ponsel pintar adalah jenis telepon genggam yang memiliki sistem operasi yang bisa di manfaatkan masyarakat luas, fungsinya tidak hanya untuk SMS dan telepon saja tetapi pengguna dapat dengan bebas menambahkan aplikasi, menambah fungsi-fungsi atau mengubah sesuai keinginan pengguna.

Semakin hari perkembangan teknologi jenis ponsel pintar ini semakin pesat, karena hampir setiap bulan bermunculan jenis ponsel pintar dengan merk baru yang membanjiri pasar smartphone indonesia. Nah kali ini kami akan menguraikan beberapa hal yang perlu kalian ketahui ketika akan membeli ponsel pintar, agar kalian puas ketikamembeli ponsel pintar maka kami akan berikan beberapa hal yang wajib kalian perhatikan. Hal itu untuk menyiasati agar tidak merugi karena banyaknya komponen yang nyatanya tidak berfungsi bagi kebutuhan kalian.
Simak di bawah ini:

1. RAM Ponsel Pintar

Nah hal pertama yang harus kalian perhatikan adalah RAM/Random Access Memory, Karena komponen ini adalah yang utama di dalam sebuah perangkat yang memiliki fungsi mengolah data sementara yang ada di ponsel pintar. Semakin besar RAM yang ponsel pintar miliki maka semakin baik pula kinerjanya. Karena scara teori, semakin besar sebuah kapasitas RAM, maka untuk melakukan kegiatan multi tasking akan terasa sangat cepat dan dapat meningkatkan kinerja smartphone.

2. CPU (Proccessor)

CPU di ponsel pintar adalah inti yang dari semua yang ada di ponsel pintar, Nah karena paling inti inilah kalian harus mengetahui spesifikasi CPU dan memiliki jenis chipset apa. Yang perlu di perhatikan lainnya dari CPU adalah kecepatannya dalam memproses data akses, karena biasanya kecepatan CPU tertera pada dus pembelian ponsel pintar. Kecepatan CPU biasanya tertulis “Octa Core 1.6 GHz” dan semakin tinggi kecepatannya, maka akan semakin baik.

3. Daya Baterai

Berikutnya adalah kapasitas baterai juga perlu menjadi perhatian dalam pembelian ponsel pintar,terlebih buat kalian yang memiliki mobilitas tinggi. Kapasitas baterai yang besar akan membuat ponsel pintar bertahan lama namun hal ini juga tergantung pemakaian dari kalian sendiri. Setidaknya untuk ponsel pintar kelas menengah harus menggunakan minimal baterai berkapasitas 2.200 Mah, dan buat ponsel pintar kelas atas maka minimal baterai harus berkapasitas 5.500 mah atau bisa lebih.

4. ROM/Penyimpanan Internal

ROM ini sangat di perlukan buat menyimpan segala data penting,berbagai file,video, musik, arsip, dokumen dan lainnya, ROM dengan kapasitas yang besar maka akan membuat kalian leluasa untuk mengisi ponsel pintar dengan berbagai jenis aplikasi dan dan file yang berukuran besar sekalipun atau buat anak muda juga bisa dengan mengisi game berat sekaligus. Untuk ponsel pintar kelas menengah setidaknya memilik ROM dengan ukuran minimal 16 GB dan buat ponsel pintar kelas atas bisa dengan minimal 64 gb ke atas.

5. GPU/Grafis

Nah bagian grafis ini biasanya sering di lewatkan oleh sesorang yang ingin membeli ponsel pintar karena pembeli sering kali lebih memperhatikan kamera dan desain ponsel pintar. Padahal GPU ini adalah komponen yang memiliki fungsi buat menampilkan visual ke dalam layar ponsel pintar, semakin baik kualitas GPU maka visual buat menampilkan berbagai jenis konten multimedia juga akan semakin jernih,detail,cerah dan tampah lebih nyata. Contoh ketika kalian bermain game atau menonton video tidak ada lagi shuttering yang mengganggu jika GPU yang di miliki ponsel pinta baik dan mumpuni.

6. Jensi Sistem Operasi

Jika membeli ponsel saat ini sebaiknya memilih smartphone dengan sistem terbaru yaitu Android 8.0 OREO. Manfaat dengan memilih sistem operasi Android terbaru adalah sistem kinerja smartphonenya juga baik. Serta mendukung semua aplikasi saat ini, peningkatan di sisi user, interface, lebih stabil dan lebih aman.

7. Jenis Jaringan

Buat jenis teknologi jaringan terbaru saat ini adalah 4G/LTE dan yang paling baru juga ada 5G, jika ponsel pintar yang akan kalian beli memiliki teknologi jaringan seperti di atas maka di pastikan penggunaan internetnya akan aman. Ada hal yang menjadi pertimbangan provider yang ada di indonesia yaitu hampir seluruhnya menerapkan pembelian kuota dengan harga murah buat jaringa 4G/5G. Hal ini bisa menghemat dan tetap bisa menikmati internet dengan lancar.

8. Layar Ponsel Pintar

Berikutnya untuk memperhatikan pemilihan jenis layar ponsel pintar, biasanya penggemar Game android membutuhkan layar yang lebih lebar. Sebaiknya pilih ponsel android dengan resolusi minimal 480 x 320 pixel dan memiliki teknologi layar IPS (in Plane Switches). IPS sendiri adalah teknologi dengan layar super LCD dan lebih baik lagi di lengkapi dengan teknologi multitouch.

 

Itulah mengenai Beberapa Hal Yang Perlu DiKetahui Sebelum Membeli Ponsel Pintar, maka dari itu buat kalian yang akan membeli ponsel pintar jangan lupa ya buat memperhatikan hal sederhana namun berarti di atas. Semoga bermanfaat