Apa itu Premi Asuransi

Apa itu Premi Asuransi Pengertian Faktor Dan Jenisnya

 

Apa itu Premi Asuransi – Dalam dunia asuransi, Premi merupakan salah satu komponen terutama. Premi adalah beberapa uang yang wajib dibayarkan oleh nasabah tertanggung pada pihak industri asuransi. Dengan kata lain, Premi asuransi adalah biaya yang dijamin dan wajib dibayarkan pelanggan dalam jangka waktu khusus sesuai perjanjian sebelumnya. Biasanya, sistem pembayaran Premi adalah bulanan, namun hal itu balik lagi ke industri dan kesepakatan di awal.

Jika merujuk pada Undang- Undang No 40 Tahun 2014, Premi adalah beberapa uang yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi ataupun industri reasuransi dan disetujui oleh pemegang polis untuk dibayarkan berdasarkan akad asuransi ataupun akad reasuransi, atau sejumlah uang yang ditetapkan berdasarkan ketentuan peraturan perundang- undangan yang melandasi program asuransi harus buat mendapatkan khasiat.

 

Jenis – Jenis Premi

Ada banyak jenis asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi dan biasanya secara perorangan. Beberapa jenis Premi adalah sebagai berikut.

1. Premi asuransi kesehatan

Salah satu jenis Premi merupakan Premi asuransi kesehatan, ialah Premi dengan manfaat- manfaat seputar kesehatan seperti biaya rawat inap, pembedahan, perawatan gigi, persalinan, sampai rawat jalan. Besaran Premi yang wajib dibayar biasanya mulai dari Rp150. 000 dan bisa disesuaikan pada batasan pertanggungan yang dipilih.

2. Premi asuransi jiwa

Tipe kedua ada Premi asuransi jiwa, ialah Premi dengan manfaat supaya bisa mendapatkan uang garansi untuk pakar waris yang ditunjuk sesuai kesepakatan. Semakin besar uang garansi, maka semakin besar pula Premi yang harus Kamu bayar. Dengan kata lain, besaran uang garansi sangat pengaruhi besaran Premi asuransi Kamu.

Baca Juga :  Premi Asuransi Tujuan Faktor Dan Tips Memilih Premi Asuransi

3. Premi asuransi pendidikan

Berikutnya adalah salah satu Premi favorit masyarakat, ialah Premi asuransi pendidikan. Premi ini memberi jaminan buat pembelajaran masa depan anak Kamu. Saat ini banyak orang tua sadar kalau biaya pendidikan semakin tinggi tiap tahunnya, maka dari itu mempunyai asuransi pendidikan sangat dibutuhkan mengingat pendidikan anak adalah prioritas.

4. Premi asuransi kecelakaan diri

Jenis berikutnya dari Premi adalah Premi asuransi kecelakaan diri yang ditujukan untuk mendapatkan uang garansi akibat kecelakaan. Premi asuransi kecelakaan diri cukup terjangkau, yakni mulai Rp165. 000 saja per tahunnya.

5. Premi asuransi perjalanan

Apabila Kamu berencana untuk melaksanakan perjalanan, bisa jadi jenis Premi ini pantas dipertimbangkan untuk dibeli. Premi asuransi perjalanan ialah Premi buat mendapatkan hak atas klaim pertanggungan seputar perjalanan Kamu, seperti biaya kedokteran, gangguan perjalanan, dan serupanya.

6. Premi asuransi properti

Sesuai namanya, Premi asuransi properti adalah Premi yang akan memberi garansi atas properti Kamu ketika terjadi sesuatu musibah ataupun bencana alam, semacam gempa, banjir, dan sebagainya untuk bisa diperbaiki dan kembali seperti sedia kala.

7. Premi asuransi kendaraan

Tipe terakhir dari Premi adalah Premi asuransi kendaraan yang ditujukan untuk menemukan bermacam manfaat pertanggungan sekeliling kendaraan Kamu, seperti biaya perbaikan akibat kerusakan baik sebagian ataupun kerusakan keseluruhan, sampai kehilangan kendaraan.

 

Faktor yang Mempengaruhi Besaran Premi

Tidak hanya dari ketentuan perusahaan asuransi, ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi besaran Premi yang harus Kamu bayar. Faktor- faktor itu di antara lain:

1. Profesi Nasabah

Aspek pertama yang mempengaruhi besaran Premi adalah pekerjaan nasabah. Semakin kompleks dan beresiko pekerjaan pelanggan itu, hingga semakin besar pula besaran Preminya.

Baca Juga :  Premi Asuransi Tujuan Faktor Dan Tips Memilih Premi Asuransi

2. Kebiasaan Hidup Nasabah

Berkaitan erat dengan kesehatan, kebiasaan ataupun pola hidup Kamu ternyata mempengaruhi besaran Premi, loh! Lebih tepatnya adalah kebiasaan kurang bagus seperti merokok. Kebiasaan merokok memberi akibat minus pada kesehatan tubuh, seperti kesehatan alat pernapasan, jantung, dan sebagainya. Maka dari itu, biaya Premi yang dikenakan juga semakin besar.

3. Riwayat Kesehatan Nasabah

Faktor terakhir yang pengaruhi besaran Premi adalah riwayat kesehatan. Hal itu disebabkan resiko pada orang dengan riwayat penyakit ringan, berat, ataupun bahkan keturunan memerlukan kebutuhan berbeda- beda.

 

 

Nah itu tadi beberapa uraian dari kami mengenai Apa itu Premi Asuransi Pengertian Faktor Dan Jenisnya, dengan memahami apa itu premi asuransi kalian bisa lebih teliti dalam memilih jenis asuransi. Terima Kasih