Komponen Yang Ada di Dalam Komputer/PC

Mari Mengenal Komponen Yang Ada di Dalam Komputer/PC

 

www.wartakota123.com – Komputer atau PC adalah peralatan elektronik yang berfungsi menerima masukan data, mengolah data dan memberikan hasil keluaran dalam bentuk informasi, baik itu berupa gambar, teks, video. Komputer generasi pertama dibuat pada sekitar tahun 1946 silam yang menggunakan media tabung vakum sebagai komponen dasarnya.

Saat ini semua aspek kehidupan pasti melibatkan komputer sebagai media yang membantu mengerjakan beberapa hal seperti: mengerjakan tugas, mencari pekerjaan , hiburan, fotografi hingga menonton tv pun bisa melalui komputer.

Namun pada kesempata kali ini kami akan memberikan uraiakan mengenai bagian dalam atau komponen-komponen yang aja di dalam komputer supaya menambah pengetahuan buat kalian. Langsung simak di bawah ini yaa:

 

1. Casing Komputer

Casing komputer adalah bagian yang menjadi “rumah” bagi sebagian besar komponen komputer. Mayoritas desktop PC memiliki casing box baik dari plastik ataupun metal. Namun untuk all in one PC, casing komputer ini didesain ringkas dan seringkali langsung menyatu dengan layar monitor. Selain menjadi tempat bagi mayoritas komponen-komponen komputer, casing juga melindungi komponen tersebut dari debu dsb.

2. Power supply

Nah berikutnya komponen yang ada di dalam komputer adalah power supply, power supply berfungsi sebagai komponen yang mengkonversi listrik arus AC menjadi DC bervoltase rendah sehingga bisa di gunakan sebagai sumber daya bagi semua komponen yang ada di komputer.

3. Motherboard

Komponen bagian dalam komputer yang selanjutnya adalah motherboard, motherboard ini adalah papan sirkuit terintegrasi yang menjadi komponen utama dari komputer. Fungsi dari motherboard sendiri adalah sebagai tempat yang menghubungkan semua komponen utama yang ada di komputer seperti: CPU,RAM,DCD-ROOM,HARDDISK,VGA dan berbagai slot ekspansi lainnya.

4. CPU/processor

CPU (Central Processing Unit) adalah otak dari komputer. CPU bertugas melakukan kalkulasi setiap perintah yang dijalankan di komputer buat mencegah overheat (panas berlebih), CPU biasanya dilengkapi heatsink dan kipas. Beberapa CPU juga ada yang dilengkapi sistem water cooling. Berbagai CPU modern saat ini sudah dilengkapi dengan GPU (Graphic Processing Unit).

5. Chipset

Berfungsi sebagai penghubung komunikasi atara CPU dan beberapa komponen penting yang lain yang berada di dalam komputer.

6. RAM

Atau biasa di sebut dengan Random Acces Memory berfungsi sebagai temapt menyimpan data dan berbagai proses yang lain agar bisa di akses dengan cepat oleh CPU, Idealnya semakin besar RAM maka semakin cepat juga dan stabil juga sebuah komputer itu.

7. VGA (video graphics aray)

VGA adalah komponen komputer yang berfungsi sebagai tempat memproses grafis yang akan di tampilkan di layar komputer. Mayoritas pengguna komputer hanya memerlukan GPU internal (integrated), tetapi gamer, animator, desainer, dsb memerlukan dedicated GPU yang memiliki kapasitas besar sehingga bisa memproses grafis berat.

8. ROM (read only memory)

Adalah tempat disimpannya firmware BIOS dan pengaturannya, komputer model terbaru saat ini mayoritas sudah menggunakan UEFI dan tidak menggunakan BIOS.

9. Baterai CMOS

Berfungsi sebagai pemberi saya kepada chip BIOS, sehingga pengaturan BIOS dan tanggal tidak hilang meskipun komputer kalian dalam keadaan mati.

10. BUS

BUS pada komputer ini adalah sebuah slot yang bisa menghubungkan berbagai card seperti eksternal graphics card dan sound card ke motherboard.

11. Sound Card

Hampir semua motherboard memiliki sound card internal untuk memproses suara. Namun demikian pengguna bisa menambahkan juga sound card eksternal jika memang dibutuhkan untuk keperluan tertentu.

12. Harddisk (HDD)

HDD ini adalah tempat penyimpanan yang bisa di gunakan sebagai penyimpan data-data yang ada di komputer termasuk juga sistem operasi. Selain HDD ada juga SDD (solit state drive) yang sudah populer di gunakan saat ini karena di bandingkan dengan HDD maka SSD memiliki kecepatan baca / tulis yang jauh lebih tinggi dan jauh lebih hemat penggunaan daya karena tidak menggunakan komponen mekanik didalamnya.

13. Optical Drive (CD/DVD-ROM)

Meskipun populer dan banyak di gunakan tetapi untuk era saat ini pemakaian optical drive sudah sangat jarang karena orang lebih memilih menggunakan Flashdisk atau perangkat ponsel pintar buat transfer file dan lainnya.

 

Demikian uraian sederhana dari kami mengenai Mari Mengenal Komponen Yang Ada di Dalam Komputer/PC, Masih banyak lagi komponen-komponen kecil yang ada di dalam sebuah PC tetapi kami hanya uraiankan bagian yang inti supaya mudah buat kalian pahami dan mengerti. Semoga Bermanfaat