Memperbaiki Mesin Cuci

Beberapa Cara Memperbaiki Mesin Cuci Sesuai Penyebabnya

 

Cara Memperbaiki Mesin Cuci- Mesin cuci menjadi peralatan rumah tangga yang penting dalam menjaga kebersihan pakaian. Bila rusak, tentu akan berdampak besar terhadap kehidupan sehari-hari Pins, bukan? Beberapa cara memperbaiki mesin cuci bisa dilakukan sendiri atau membutuhkan teknisi profesional. Pada kebanyakan kasus, Pins perlu tahu dulu apa yang jadi penyebab mesin cuci rusak. Ini bertujuan memudahkan kamu atau teknisi ketika mencari solusi perbaikannya.

 

Berikut ini kami akan uraiakan beberapa cara memperbaiki mesin cuci sesuai penyebabnya

 

1. Cara Mengatasi Mesin Cuci Tidak Membersihkan Pakaian

Salah satu masalah yang sering di alami mesin cuci yang pertama adalah mesin cuci gagal membersihkan pakaian dengan baik, ini ternyata bisa terjadi akibat saluran deterjen yang terhambat. Jika deterjen dan pelembut tidak membilas pakaian bagaimana bisa mesin cuci menjalankan fungsinya dengan baik itu karena penyumbatan dan penumpukan deterjen,kuman,dan jamur lalu berpindah ke pakaian kalian. Cara memperbaikinya adalah kalian hanya perlu membersihkan deterjen dan laci penyaring sebelum memulai proses pencucian,nah jika masih belum bisa baru deh kalian coba panggil teknisi.

2. Mengatasi Mesin Cuci Yang Berhenti Secara Tiba-Tiba

Apabila mesin cuci kalian masuk kategori modern maka akan ada bunyi sebagai pertanda mesin cuci gagal menyelesaikan proses mencuci, jika ini terjadi maka kalian boleh membaca buku panduan manual buat membantu menguraikan cara memperbaiki mesin cuci yang rusak ini. Jika sinyal kerusakan tidak muncul maka ada beberapa penyebabnya dan berikut penjelesannya:

  • -Panas Pada mesin, jika mesin cuci mati setengah jam pertama ketika siklus cuci di mulai ini mungkin karena mesin cuci tidak mengalami panas dengan baik dan buat siklus yang berhenti lebih dari 30 menit mungkin terjadi akibat mesin cuci terlalu panas sehingga memaksa mesin buat berhenti tiba-tiba dan kerusakan ini di sebabkan oleh termistor.
  • -Drainase, Cara memperbaiki mesin cuci yang berhenti pada siklus cuci bisa dilakukan dengan memeriksa penyumbatan di filter pompa. Pasalnya, ada kemungkinan mesin tidak dapat mengalirkan air di antara setiap siklus sehingga mesin tiba-tiba berhenti.
  • -Kebocoran, beberapa mesin cuci yang rusak akan berhenti di tengah siklus jika terjadi kebocoran dan jika kalian melihat adanya air mengalir dari mesin maka segera periksa selang,pompa dan segel pintu mesin cuci.

3. Memperbaiki Mesin Cuci Yang Tidak Berputar

Mesin cuci yang mengalami kerusakan maka dia tidak akan berputar dan masalah yang sering terjadi adalah bahwa tabung cuci sudah terkuras air,tetapi tidak mau keluar, ada beberapa caar memperbaiki mesin cuci yang tidak mau berputar:

  • -Mengatur kembali pakaian, kalian bisa mengatur kembali pakaian di dalam tabung mesin cuci, jika mesin cuci tidak seimbang alat ini akan otomatis berhenti hingga pakaian kembali seimbang. Jika sudah selesai tutup kembali pintu dan nanti mesin cuci akan otomatis berputar
  • -Memastikan mesin cuci tidak miring, selain mengatur kembalai pakaian kalian juga bisa memastikan level mesin di lantai, mesin yang miring biasanya akan berhenti berputar karena menjalankan program keselamatan secara otomatis. Buat itu kalian di minta buat memeriksa kembali posisi mensin cuci apakah miring atau ridak.

4. Memperbaiki Mesin Cuci Yang Berisik

Jika mesin cuci sudah menjalankan fungsinya dengan baik tetapi masih menimbulkan suara yang berisik dan mengganggu maka kalian tidak usah kawatir karena ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan:

  • -Melumasi bantalan tabung, bantalan tabung adalah komponen yang berada di bawah mesin,dan ini bisa aus dan di ganti tetapi jika mesin cuci hanya mengeluarkan suara mendecit maka kalian cukup kasih pelumas pada bantalan tabung.
  • -Memeriksa sabuk penngerak motor mesin cuci, Ada saatnya mesin cuci yang mengeluarkan suara berisik adalah akibat sabuk penggerak motor sudah aus, masalah ini rumit karena kalian perlu membongkar mesin cuci buat melihat motor dan hal ini ada baiknya kalian memanggil tukang service ya.

5. Mesin Cuci Yang Terus Bergetar

Apabila mesin cuci kalian terus bergetar tiada henti saat mecuci mungkin di sebabkan posisi mesin cuci tidak di lantai yang seimbang atau datar, Tetapi jika tetap tidak mau berhenti bergetar terutama selama siklus putaran cucian berlangsung maka dari itu kalian mungkin perlu melakukan beberapa langkah di bawah ini:

  • -Atur ulang beban cucian dan pastikan semuanya memuat dalam tabung dengan benar agar tidak bergeser.
  • -Pastikan pakaian memiliki ruang untuk bergerak bebas dan tidak dikemas terlalu rapat.
  • -Periksa lantai tempat mesin cuci rata atau tidak. Bila perlu, tambahkan potongan kayu tipis di bawah mesin cuci.
  • -Lihat apakah kaki mesin cuci menyentuh lantai dengan kuat dan sesuaikan setiap kaki pada ketinggian yang tepat.

 

 

Demikian uraian singkat dari kami mengenai Beberapa Cara Memperbaiki Mesin Cuci Sesuai Penyebabnya, kalian bisa pahami dulu sebelumnya mempraktekannya. Semoga Bermanfaat yaaa.