cara mengatasi batuk pada anak

Inilah Cara Mengatasi Batuk Pada Anak Menggunakan Bahan Alami

Inilah Cara Mengatasi Batuk Pada Anak Menggunakan Bahan Alami

Sebagai orang tua, Anda harus mengetahui cara mengatasi batuk pada anak dengan menggunakan bahan alami. Sebab, penggunaan bahan-bahan alami ini tentu saja tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. Selain itu, menggunakan bahan-bahan alami ini memiliki keuntungan tersendiri dalam mengobat berbagai penyakit termasuk batuk pada anak.

Hanya saja, masih banyak orang tua yang belum mengetahui ramuan tradisional yang digunakan untuk meredakan hingga mengobati batuk pada anak. Padahal, ramuan tradisional ini sangat penting untuk digunakan sebagai cara alternatif untuk mengatasi penyakit yang kerap diidap oleh anak-anak dibawah 10 tahun.

Cara Mengatasi Batuk pada Anak Menggunakan Ramuan Tradisional

Ketika sang buah hati menderita batuk, maka orang tua wajib mencari obat agar penyakit tersebut dapat segera mereda atau sembuh total. Memang, ramuan herbal dirasa lebih cocok untuk dikonsumsi oleh anak-anak.

Selain tidak menimbulkan efek samping, bahan-bahan untuk membuat ramuan herbal ini juga murah dan dapat Anda beli di pasar tradisional maupun swalayan terdekat. Maka dari itu, ini dia ramuan herbal yang dapat digunakan untuk mengatasi batuk pada anak. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Buah Lemon

Buah lemon menjadi salah satu bahan alami yang digunakan sebagai obat herbal pereda batuk pada anak-anak. Cara penggunaannya pun sangat mudah. Anda cukup mengambil 1 buah lemon. Kemudian belah menjadi dua bagian. Lalu, peras buah lemon tersebut. Setelah itu, beri anak Anda minuman sari-sari buah lemon.

  1. Buah Nanas

Selain lemon, buah nanas juga dipercaya dapat menjadi salah satu cara mengatasi batuk pada anak dengan bahan alami. Buah nanas memang kaya akan kandungan vitamin dan zat baik untuk tubuh. Untuk buah nanas ini bisa langsung dikonsumsi atau dibuat jus dengan tambahan madu alami. Tujuannya agar ada rasa manis yang disukai oleh anak-anak.

  1. Bawang merah

Bawang merah juga menjadi salah satu bahan alami untuk mengatasi batuk pada anak-anak. Cara menggunakan bawang merah ini juga cukup mudah. Silahkan iris bawang merah lembut. Kemudian, anjurkan sang buah hati untuk menghirup aroma irisan bawang merah tersebut.

Baca Juga :  Inilah Cara Mengatasi Wajah Berminyak Agar Terlihat Glowing Alami

Tips Mencegah Penyakit Batuk pada Anak Agar Tidak terlalu Lama

Agar sang buah hati tetap sehat di musim hujan ini, maka ada beberapa tips yang harus Anda ketahui. Sebab, penyakit batu ini sangat menyiksa anak-anak karena adanya lendir di bagian tenggorokan. Agar anak-anak tidak penyakit batuk, maka orang tua harus melakukan beberapa hal-hal sebagai langkah pencegahan dan cara mengatasi batuk pada anak.

Langkah pencegahan yang pertama, berilah anak-anak makanan yang cukup gizi. Sebab, makan-makanan yang cukup gizi dapat menangkal virus dan bakteri yang membuat anak Anda mengalami batuk.

Untuk itu, hindari makanan yang mengandung minyak berlebih untuk dikonsumsi anak-anak. Karena, mengkonsumsi makanan berminyak juga dapat membuat anak Anda batuk-batuk.

Langkah pencegahan yang kedua, ajaklah anak-anak untuk cukup istirahat. Sebab, istirahat yang cukup dapat meningkatkan antibodi untuk menangkal virus dan bakteri. Sehingga, anak Anda dapat terhindar dari penyakit batuk karena antibodi anak yang melemah karena kurang istirahat.

Langkah pencegahan yang ketiga, ajak anak Anda untuk pola hidup sehat dengan cara mengkonsumsi air mineral minimal 4 hingga 8 gelas dalam satu hari. Sebab, mengkonsumsi air mineral secukupnya dapat menangkal virus dan bakteri yang menyebabkan anak Anda mengalami batuk-batuk.

Memang, anak-anak rentan mengalami batuk-batuk. Hal ini disebabkan karena bakteri dan virus yang menyerang tubuh sang buah hati. Oleh sebab itu, orang tua wajib tahu cara mengatasi batuk pada anak menggunakan bahan alami yang tidak menimbulkan efek samping berbahaya.