Cara mengatasi radang tenggorokan

Penyebab dan Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Secara Mandiri Dirumah

Penyebab dan Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Secara Mandiri Dirumah

Cara mengatasi radang tenggorokan kini dapat dilakukan secara mandiri dirumah. Sehingga, Anda tidak perlu memeriksakan diri terlebih dahulu ke klinik terdekat. Sebab, radang tenggorokan adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari adanya bakteri atau virus hingga kebiasaan buruk penderitanya.

Memang, radang tenggorokan ini harus diobati segera. Sebab, penderita radang tenggorokan ini kerap “tersiksa” karena merasa panas hingga gatal di area tenggorokan. Oleh sebab itu, Anda disarankan menggunakan ramuan herbal yang bisa diolah secara mandiri dirumah.

Inilah Penyebab Utama Penyakit Radang Tenggorokan

Ada beberapa hal yang menyebabkan Anda mengalami penyakit radang tenggorokan. Sehingga, Anda wajib menjaga diri agar tidak terkena penyakit yang menyerang area tenggorokan tersebut. Maka dari itu, ini dia faktor utama yang menjadi penyebab radang tenggorokan. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Infeksi Bakteri Tertentu

Infeksi bakteri menjadi salah satu penyebabnya. Rata-rata, anak yang baru berusia 3 hingga 5 tahun kerap mengalami radang tenggorokan karena infeksi bakteri. Hal ini dikarenakan belum terbentuknya sistem imun yang berguna untuk mencegah adanya infeksi bakteri dan virus.

  1. Menghirup Asap Rokok Berlebihan

Salah satu resiko perokok aktif adalah terkena radang tenggorokan. Sebab, asap rokok yang terhirup secara berlebih dapat mengakibatkan iritasi pada tenggorokan. Akibatnya, terjadi peradangan yang membuat Anda merasa panas dan gatal di bagian tenggorokan. Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara mengatasi radang tenggorokan tanpa perlu ke dokter.

  1. Alergi

Bisa saja seseorang yang sering mengalami radang tenggorokan ini disebabkan karena alergi terhadap debu atau bulu hewan. Ya, alergi terhadap debu serta bulu hewan ini dapat menyebabkan adanya peradangan di bagian tenggorokan. Untuk itu, selalu gunakan masker agar debu tidak masuk ke dalam tubuh Anda.

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Menggunakan Ramuan Herbal Ala Rumahan

Untuk mengatasi peradangan tersebut, maka Anda disarankan untuk menggunakan ramuan tradisional yang dibuat dari bahan-bahan herbal. Sebab, ramuan tradisional ini tidak mengandung resiko atau efek samping yang berbahaya. Selain itu, pembuatan ramuan tradisional ini cukup murah dan bahan-bahannya pun dapat ditemui di pasar tradisional atau swalayan.

Cara pertama, silahkan mengkonsumsi madu alami secara teratur. Sebab, kandungan dalam madu ini dipercaya dapat mengeluarkan bakteri atau virus yang menyebabkan radang tenggorokan. Guna mempercepat proses penyembuhan, maka Anda disarankan untuk mengkonsumsi madu sedikitnya 2 atau 3 kali dalam 1 hari.

Cara kedua, silahkan menggunakan air garam untuk berkumur. Larutan air garam ini dipercaya dapat membunuh kuman dan bakteri yang menempel pada tenggorokan. Sehingga, peradangan pada tenggorokan dapat diatasi dengan segera.

Cara mengatasi radang tenggorokan selanjutnya adalah dengan mencampurkan akar marshmallow pada minuman hangat. Akar marshmallow dipercaya dapat mengencerkan lendir dan meredakan peradangan yang ada di tenggorokan.

Cara penggunaannya pun juga sangat mudah. Silahkan Anda mengambil akar marshmallow. Kemudian, keringkan akar marshmallow di bawah paparan sinar matahari. Lalu, buat minuman hangat seperti teh.

Campurkan akar marshmallow pada minuman hangat yang telah Anda buat sebelumnya. Untuk mempercepat pengobatan, maka Anda disarankan untuk menggunakan akar marshmallow yang dicampur pada minuman hangat minimal 2 kali dalam 1 hari.

Radang tenggorokan merupakan salah satu penyakit yang diakibatkan oleh virus dan kebiasan buruk penderitanya. Penyakit ini memang tidak berbahaya, namun harus segera diobati.

Sebab, penderita tentu merasa tersiksa karena rasa panas dan gatal pada tenggorokan. Untuk itu, gunakan beberapa cara mengatasi radang tenggorokan secara tradisional menggunakan bahan herbal alami.