Penyebab dan Cara Mengatasi Tangan Berkeringat, Gejala Penyakit Berbahaya?

Penyebab dan Cara Mengatasi Tangan Berkeringat, Gejala Penyakit Berbahaya?

Bagaimana cara mengatasi tangan berkeringat? Meskipun bukan suatu masalah yang serius, tapi tidak sedikit yang menganggap bahwa kebiasaan tangan berkeringat ini merupakan gejala dari suatu penyakit berbahaya. Seringkali dikaitkan dengan kondisi jantung lemah, bagaimana dan fakta sebenarnya?

Telapak tangan yang berkeringat biasanya terjadi ketika kita melakukan aktivitas tertentu atau memang sedang merasa cemas. Namun pada beberapa orang mengalami kondisi tersebut lebih sering bahkan ketika hanya sedang duduk bersantai saja bisa berkeringat. Meskipun tidak disertai dengan nyeri atau sakit, tapi cukup membuat tidak nyaman.

Misalnya membuat kita merasa kurang percaya diri ketika akan berjabat tangan dengan orang lain. Atau memegang sesuatu menjadi kurang nyaman karena tangan yang basah. Namun tidak perlu khawatir, karena masih ada beberapa cara mengatasi tangan berkeringat dan ketahui juga penyebab-penyebabnya berikut ini.

Penyebab Telapak Tangan yang Berkeringat dalam Kondisi Normal

Dalam kondisi normal, telapak tangan yang berkeringat disebabkan karena stimulasi dari saraf emosional seseorang ketika merasa cemas, bersemangat, takut atau gugup sehingga memicu kelenjar keringat. Kelenjar tersebut berfungsi untuk mengeluarkan cairan keringat pada permukaan kulit, termasuk telapak tangan.

Dalam dunia medis sendiri sebenarnya tidak diketahui secara pasti apa penyebab seseorang mudah berkeringat di bagian tangannya. Namun secara umum menyebutkan bahwa hal tersebut merupakan faktor genetik yang mana bisa terjadi pada wanita maupun pria. Sementara belum ada informasi mengenai penyakit serius yang ditandai dengan tangan berkeringat.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Darah Rendah dengan Memahami Gejalanya

Sementara faktor resiko seseorang yang lebih rentan mengalami tangan berkeringat yakni ketika mereka menginjak usia sekitar 25 tahunan. Meskipun beberapa ada yang mengalaminya ketika masih anak-anak. Agar lebih jelas mengenai kondisi Anda, maka bisa mengkonsultasikannya yang secara langsung ke dokter untuk mengetahui penyebab dan mendapatkan penanganan paling tepat.

Upaya Cara Mengatasi Tangan Berkeringat Sedari Kini

Meskipun bukan merupakan pertanda dari masalah penyakit yang serius, tapi tentunya beberapa orang merasa tidak nyaman ketika tangan sering berkeringat. Apabila Anda merasa terganggu dengan telapak tangan yang mudah berkeringat maka bisa menggunakan beberapa cara mengatasinya berikut ini:

  • Minimalisir atau hindari pemicunya

Beberapa faktor pemicu yang bisa Anda hindari yaitu kurangi konsumsi kafein, makanan pedas dan jenis makanan yang panas.

  • Menggunakan salep antiperspirant

Anda bisa memakai jenis salep yang memiliki kandungan aluminium klorida, tapi disarankan berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter. Karena kandungan tersebut juga bisa memicu perih dan iritasi jika digunakan dengan tidak tepat.

  • Lakukan relaksasi

Coba lakukan teknik-teknik relaksasi seperti mendengarkan musik, menarik nafas panjang dan dalam serta meditasi. Cara-cara ini cukup efektif untuk membantu mengurangi tangan yang berkeringat akibat stres.

Apabila cara-cara alami di atas tidak cukup membuahkan hasil maksimal untuk mengatasi telapak tangan berkeringat, maka Anda bisa melakukan pengobatan secara medis. Misalnya dengan melakukan suntik botox yang diyakini dapat mengurangi produksi keringat. Efeknya bisa dirasakan 4 hari setelah penyuntikan dan dapat bertahan hingga empat bulan.

Pada kondisi tertentu ketika seseorang benar-benar terganggu karena tangannya sering berkeringat biasanya harus dilakukan operasi. Hal itu lantaran kondisi ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari sehingga perlu dilakukan paling efektif. Operasi pembedahan dilakukan untuk memotong saraf yang bekerja dalam mengontrol kelenjar keringat telapak tangan.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Mimisan, Bisa Jadi Gejala Penyakit Serius?

Bagi Anda yang memang merasa terganggu karena kondisi tersebut maka sangat disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Selain untuk mendapatkan penanganan juga untuk mengetahui apa saja penyebabnya. Karena tidak semua cara mengatasi tangan berkeringat yang alami efektif dalam mengurangi produksi keringat.