cara mengatasi jerawat meradang

Jangan Galau, Begini Cara Mengatasi Jerawat Meradang yang Efektif

Jangan Galau, Begini Cara Mengatasi Jerawat Meradang yang Efektif

Tidak sedikit orang merasa putus asa ketika mencari berbagai cara mengatasi jerawat meradang. Karena masalah kulit yang satu ini benar-benar meresahkan dan bahkan sudah umum dialami oleh wanita maupun pria. Apalagi jika sudah dalam kondisi meradang, bukan hanya merasakan nyeri di wajah, tapi juga sangat mengganggu penampilan.

Banyak diantaranya yang rela menghabiskan budget lebih untuk konsultasi ke klinik kecantikan agar mendapatkan penanganan masalah jerawat membandel. Sayangnya, tidak sedikit juga yang pada akhirnya jerawat kembali kambuh. Belum lagi dengan kebiasaan pencet-pencet yang justru semakin menambah peradangan.

Alih-alih harus mengeluarkan banyak uang untuk melakukan perawatan kulit wajah, sebenarnya Anda juga bisa mencoba tips-tips mengatasi wajah berjerawat secara alami. Yuk, ketahui selengkapnya berikut ini mengenai cara mengatasi jerawat meradang.

Cara Mengatasi Jerawat Meradang Tanpa Obat

Bagi sebagian orang, mengonsumsi obat-obatan terkadang justru memberikan efek samping yang lebih buruk. Maka dari itu, daripada mengonsumsi obat Anda bisa mencoba beberapa tips mengatasi wajah berjerawat secara alami berikut ini:

  1. Membersihkan wajah dengan benar

Perawatan wajah berjerawat dan sudah meradang, jangan malas untuk membersihkan wajah. Paling tidak Anda harus mencuci wajah dua kali sehari. Gunakan jenis sabun gel yang mana tidak menyebabkan pori-pori tersumbat sebagai penyebab jerawat radang. Selain itu lebih disarankan mencuci muka dengan menggunakan air hangat.

  1. Menggunakan pelembab

Jangan lupa memakai pelembab muka yang tidak mengandung minyak. Gunakan pelembab dengan label oil free yang tidak akan membuat pori-pori kulit tersumbat. Penyumbatan pori-pori tersebutlan yang menyebabkan masalah peradangan tersebut.

  1. Memakai tabir surya

Terpapar sinar UV dari matahari secara langsung juga bisa menyebabkan meradang. Maka dari itu, jangan lewatkan pemakaian sunscreen pada wajah, apalagi yang harus beraktivitas di luar ruangan. Anda dapat memilih tabir surya dimana tercantum label noncomedogenic dimana mengandung bahan utama berupa air.

  1. Hindari gonta-ganti skincare

Wajah berjerawat bisa dianggap sebagai kulit sensitif dimana artinya Anda tidak boleh sembarangan menggunakan skincare, apalagi sering ganti-ganti. Akan lebih baik jika mengkonsultasikannya terlebih dahulu kepada ahli kecantikan agar mendapatkan produk skincare paling tepat dan tidak semakin memperparah jerawat.

  1. Hilangkan kebiasaan pencet jerawat

Mereka yang memiliki jerawat meradang biasanya karena kebiasaan memencet-mencet. Bukannya kempes justru menyebabkannya makin parah hingga beresiko infeksi dan dapat menyebar ke bagian wajah lainnya.

Baca Juga :  Gejala dan Cara Mengatasi Vertigo, Bukan Sakit Pusing Biasa

Jenis Obat yang Baik untuk Mengatasi Jerawat yang Susah Hilang

Jika Anda membutuhkan cara mengatasi jerawat meradang paling efektif, maka bisa mengonsumsi obat dengan jenis-jenis berikut ini:

  1. Retinoid

Merupakan jenis obat oles, tapi tidak boleh digunakan untuk ibu hamil dan menyusui. Biasanya berbentuk gel atau salep sehingga penggunaannya cukup mudah karena merupakan obat luar.

  1. Antibiotik

Jika jerawat mulai meradang disebabkan karena infeksi bakteri, maka Anda bisa mengonsumsi antibiotic. Saat ini tersedia antibiotic versi tablet maupun salep, tapi sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter sebelum mengonsumsi jenis obat ini.

  1. Tea tree oil

Sebagai bahan alami, tea tree oil sangat aman untuk mengatasi masalah jerawat meradang. Tea tree oil juga sering dianggap sebagai varian herbalnya dari benzoyl peroxide yang merupakan obat pereda jerawat. Namun bagi yang mengalami masalah kulit sensitif sebaiknya berhati-hati karena tea tree oil dapat membuat kulit jad iritasi.

Jerawat memang membuat sebagian orang yang memilikinya membuat risih. Maka, selain jenis obat tersebut, cara mengatasi jerawat meradang lainnya yakni dengan menggunakan skincare yang mengandung Sulfur, Asam salisilat, Zinc dan Vitamin A.