Komponen Modul Ajar (Kurikulum Merdeka) 2022

Komponen Modul Ajar (Kurikulum Merdeka) 2022

Komponen Modul Ajar-Yuk simak kali ini kami akan membahas, Komponen Modul Ajar (Kurikulum Merdeka) 2022. Di dalam modul ajar guru sebagai pembimbing harus memenuhi beberapa komponen di dalamnya. Kompone modul ajar kurikulum merdeka 2022 bisa di sesuaikan oleh pendidik sesuai dengan kebutuhan.Modul ajar merupakan salah satu jenis perangkat ajar. Modul ajar adalah sejumlah alat atau sarana media, metode, petunjuk, dan pedoman yang dirancang secara sistematis dan menarik. Modul ajar merupakan implementasi dari Alur Tujuan Pembelajaran yang dikembangkan dari Capaian Pembelajaran dengan Profil Pelajar Pancasila sebagai sasaran.

Komponen dalam Modul Ajar Kurikulum Merdeka tahun 2022

 

Berikut adalah beberapa komponen yang ada di dalam modul ajar kurikulum merdeka tahun 2022:

 

1. Identitas Modul

Pertama yang harus ada di dalam modul ajar adalah identitas modul, identitas modul ajar terdiri dari nama penyusun modul, tahun penyusun modul,institusi penyusun modul, jenjang sekolah, tingkat kelas dan lokasi waktu pembelajaran yang sesuia dengan jam pembelajaran di unit kerja. Identitas modul ini memberitahu kepemilikan dan tujuan modul ini untuk siapa saja.

2. Kompetensi Awal

Didalam modul ajar juga ada informasi kompetensi awal yang di miliki siswa, kompetensi awal ini berupa pengetahuan ataupun ketrampilan yang di miliki siswa sebelum siswa melaksanakan kegiatan pembelajaran. Untuk bisa mengetahui kompetensi awal siswa, guru bisa melakukan asesmen diagnostik dan asesmen yang di lakukan sebelum kegiatan pembelajaran. Tujuan di lakukannya asesmen diagnostik yaitu buat mengetahui kemampuan awal siswa dan membagikan kelompok belajar sesuai dengan kemampuan yang di miliki, hal ini membantu guru dalam mengajar sesuai dengan keperluan siwa. Tujuan mengetahui kompetensi awal juag untuk mengukur hasil dari rancangan modul ajar, apa ada kemajuan dalam belajar siswa atau tidak ada perubahan dari kompetensi awal.

3. Profil Pelajar Pancasila

Nah salah satu capaian belajar dalam kurikulum merdeka adalah terwujudnya profil pelajar pancasila. Profil pelajar pancasila ini menjadi tujuan akhir dari kegiatan pembelajaran yang telah berkaitan dengan pembentukan karakter melalui konten maupun kegiatan pembelajaran proyek.

4. Sarana dan Prasarana

Komponen dalam komputer berikutnya adalah sarana dan prasarana berupa alat atau materi sebagai penunjang pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan sumber bahan ajar yang di perlukan siswa, contoh sarana dan prasarana yaitu dengan pemanfaatan teknologi dalam kegiatan pembelajaran.

5. Target Peserta Didik

Didalam modul ajar ada beberapa kelompok target siswa. Pertama secara umum siswa tidak mempunyai kesulitan dalam memahami materi yang akan di ajarkan, Kedua siswa yang mengalami kesulitan belajar di karenakan mempunyai keterbatasan terhadap gaya belajar anak, sulit konsentrasi dan sulit memahami materi baru dan tidak percaya diri, Ketiga siswa memiliki kemampuan pencapaian yang tinggi dan bisa memahami materi dengan cepat hingga mempunyai ketrampilan dalam memimpin.

6. Model Pembelajaran

Didalam modul ajar juga ada komponen model pembelajaran atau rangkaian pembelajaran yang menggambarkan sistem pelaksanaan pembelajaran tersebut, adapun bentuk pelajaran yaitu pembelajaran tatap muka atau PTM. Pembelajaran secara online dan kombinasi atau blended learning, model pembelajaran ini akan di sesuaikan lagi dengan kebutuhan pelaksanaan pembelajaran di sekolah.

 

Nah Mungkin itu saja yang bisa mimin uraikan secara singkat mengenai Komponen Modul Ajar (Kurikulum Merdeka) 2022, semoga bisa di pahami dan di mengerti serta bisa membantu proses belajar. Terima Kasih