Contoh Mind Mapping Sekolah Secara Sederhana

WartaKota123 – Contoh Mind Mapping, Pengertian Mind Mapping adalah sebuah alat berpikir organisasional yang membantu seseorang untuk menempatkan berbagai informasi dalam ingatannya dan dapat mengambil informasi tersebut kapan saja diperlukan. Dengan Mind Mapping, seseorang dapat menggunakan seluruh potensi otaknya secara optimal dengan cara menggabungkan kerja otak bagian kiri dan kanan. Teknik ini mempermudah proses memasukkan informasi ke dalam otak.

Mind Mapping adalah teknik yang sangat efektif dalam membantu proses berpikir otak secara teratur karena menggunakan teknik grafis yang berasal dari cara pemikiran manusia yang bermanfaat untuk menyediakan kunci-kunci universal sehingga dapat membuka potensi otak. Dengan menggunakan metode Mind Mapping, daya ingat seseorang dapat meningkat hingga 78%.

Manfaat Mind Mapping

1. Melatih pemahaman tentang berbagai informasi penting.

Metode ini memberikan banyak manfaat dalam proses belajar karena membuat seseorang terbiasa mengatur dan mengelompokkan informasi penting dari konsep atau ide utama dari materi yang akan dipelajari.

2. Menambah ketelitian.

Dengan mengatur informasi secara mandiri, pola pikir seseorang akan terlatih dalam mengorganisir informasi yang didapat. Seseorang dapat mengelompokkan informasi berdasarkan kategori atau tema yang akan dipelajari, yang akan membuatnya terbiasa dalam menyusun informasi.

3. Menambah kemampuan memahami.

Metode mind mapping sangat bermanfaat untuk fungsi kerja otak, jika seseorang sudah terbiasa membuat mind map. Ini akan membuat seseorang dapat lebih cepat memahami atau memproses materi yang sedang dipelajari.

4. Menambah kreativitas.

Dengan mengolah informasi penting dari suatu konsep secara kreatif, seperti menggunakan bentuk grafis yang berisi gambar, kata kunci, dan frasa penting, akan secara tidak langsung mengasah kreativitas secara alami.

 

Jenis-jenis Mind Mapping

1. Mind Map Sillabus

Jenis mind mapping yang mendukung dan menerima suatu gambaran berhubungan dengan apa yang tengah dikerjakan. Biasanya memakai ukuran besar dan ditempel di dinding, metode jenis ini juga disebut dengan pemetaan makro.

2. Mind Map Bab

Penerapan metode ini berdasarkan rangkaian bab yang sudah dipelajari sebelumnya, biasanya dibuat dengan meringkas poin-poin penting dalam sebuah pembelajaran. Tujuannya adalah untuk mempermudah saat akan diingat kembali.

3. Mind Map Paragraf

Biasanya metode ini memberikan informasi yang lebih lengkap dan detail, tak hanya keterangan ringkas dari setiap bab tetapi juga keterangan dari masing-masing bab tersebut. Sehingga informasi yang didapat justru lebih terinci.

Contoh Mind Mapping Sekolah Secara Sederhana

1. Mind Mapping Pohon

Contoh mind mapping untuk sekolah untuk berbagai mata pelajaran yang pertama yaitu, mind mapping berbentuk pohon. Jenis ini cocok untuk mereka yang menyukai alam dan hal-hal yang berbau alami. Mind mapping ini dapat digunakan untuk berbagai macam mata pelajaran atau materi di sekolah.

Dalam membuat mind mapping ini, konsep utama yang dapat diterapkan adalah tentang gambaran pohon besar yang memiliki banyak ranting yang bercabang. Batang pohon dapat diisi dengan nama pelajaran atau materi utama yang dibahas. Kemudian, bagian ranting dan daun pohon dapat diisi dengan penjelasan sub bab atau poin-poin penting dari materi tersebut.

2. Mind Mapping Sekolah

Contoh mind mapping untuk berbagai mata pelajaran di sekolah berikutnya adalah mind mapping dengan konsep atau tema sekolah. Konsep mind mapping ini akan membuat seseorang lebih semangat dan giat dalam belajar. Seperti jenis mind mapping pohon, jenis ini juga cocok untuk diterapkan dalam berbagai mata pelajaran.

Dalam membuat mind mapping jenis ini, kamu dapat memvisualisasikan segala sesuatu yang berhubungan dengan bangunan-bangunan yang ada di sekolah. Misalnya, gerbang sekolah dapat diisi dengan topik utama dari pelajaran. Kemudian, kamu dapat membuat jalan atau garis-garis yang mengarah ke bangunan lain yang berisi tentang pembahasan poin-poin penting dari materi tersebut.

3. Mind Mapping Rangkuman Pelajaran

Mind mapping untuk berbagai mata pelajaran di sekolah yaitu jenis mind mapping paragraf yang berisi rangkuman materi pelajaran. Jenis mind mapping ini sangat cocok untuk yang tidak begitu paham atau menguasai poin-poin inti, sehingga dapat menuliskan rangkuman penjelasan dari poin-poin inti tersebut.

Dalam membuat mind mapping jenis ini cukup sederhana, hanya membutuhkan kotak-kotak yang diisi dengan rangkuman penjelasan dari poin-poin inti materi pelajaran. Untuk menjadikannya lebih unik dan menarik, dapat menuliskan rangkuman dengan tinta berwarna-warni, serta menambahkan gambar atau simbol-simbol pelengkap.

4. Mind Mapping Untuk Pelajaran Kelompok

Berikut ini merupakan jenis mind mapping yang cocok untuk pelajaran sosial atau pelajaran yang mengharuskan pembuatan kelompok belajar. Mind mapping ini akan sangat membantu dalam memahami materi pembelajaran untuk kelompok. Selain itu, dapat bertukar pikiran dengan teman dalam pembuatan konsep mind mapping ini.

Dalam proses pembuatannya, dapat berdiskusi dengan teman kelompok. Untuk mempermudah, pertama-tama membuat beberapa kategori yang akan diisi oleh setiap anggota kelompok. Dapat menggabungkan jenis mind mapping yang dijadikan satu dalam pembuatannya.

5. Mind Mapping Kreatif

Contoh mind mapping untuk berbagai macam materi pembelajaran di sekolah yang terakhir yaitu, jenis mind mapping kreatif. Jenis ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki keterampilan di bidang kreatif, karena kamu dapat mengaplikasikan apapun yang ada di pikiranmu menjadi bentuk mind mapping berisikan materi pembelajaran sekolah.

Demikian ulasan mengenai Contoh Mind Mapping Sekolah Secara Sederhana, semoga mudah kalian pahami dan bisa menambah wawasan ya. Terima kasih

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Contoh Mind Mapping Sekolah Secara Sederhana yang dipublish pada 17 January 2023 di website WartaKota123

Artikel Terkait

Leave a Comment