Apa Itu Mahasiswa dan Apa Perannya Untuk Indonesia

WartaKota123 – Apa Itu Mahasiswa, Apa yang terlintas pertama kali ketika disebutkan “mahasiswa”? Ada yang mengartikan bahwa mahasiswa adalah seseorang yang belajar di universitas atau perguruan tinggi. Tapi sebenarnya, di balik sebutan itu, ternyata mahasiswa memiliki perjalanan yang tidak sebatas belajar saja.

Pengertian Mahasiswa Secara Umum

Mahasiswa adalah status yang dimiliki seseorang karena hubungannya dengan perguruan tinggi dan diharapkan dapat menjadi calon intelektual. Atau dapat juga diartikan sebagai seseorang yang belajar di perguruan tinggi, baik itu di universitas, institut atau akademi. Mereka adalah orang-orang yang terdaftar sebagai murid di suatu perguruan tinggi dan dapat disebut sebagai mahasiswa. Dalam kata lain, mahasiswa adalah kelompok dalam masyarakat yang memperoleh statusnya karena ikatan dengan perguruan tinggi, universitas, institut atau akademi. Itulah pengertian mahasiswa secara umum, semoga dapat dipahami.

Pengertian Mahasiswa Menurut Beberapa Ahli

Kalau informasi di atas pengertian berdasarkan pendapat dan sumber lain, sedangkan untuk kali ini berdasarkan dari beberapa ahli yang paham tentang pengertian apa itu mahasiswa.

1. Menurut Agent Of Change

Mahasiswa adalah penggerak masyarakat untuk melakukan perubahan yang lebih baik dengan berdasarkan dari ilmu, pengetahuan, gagasan, dan keahlian di bidang yang mereka kuasai. Sudah saatnya untuk mahasiswa tidak hanya diam saja, tapi juga harus menunjukkan bahwa mereka mampu mengubah hal-hal negatif menjadi positif sesuai dengan bidang yang dikuasai.

2. Menurut Moral Force

Mahasiswa adalah pelajar dengan tingkat pendidikan yang tertinggi, sehingga mereka seharusnya memiliki moral dan akhlak yang tinggi juga. Segala sesuatu yang dilakukan oleh seorang mahasiswa dapat menggambarkan moral dan kehidupan mereka dalam bermasyarakat. Oleh karena itu, mahasiswa sering dijadikan patokan moral suatu bangsa karena mereka memiliki kekuatan untuk membuat perubahan yang lebih positif terutama untuk kemajuan bangsa dan Negara.

3. Menurut Sarwono

Mahasiswa adalah setiap orang yang sudah terdaftar di institusi perguruan tinggi dengan umur sekitar 18-30 tahun. Mahasiswa merupakan kelompok masyarakat yang memperoleh status karena terikat dengan perguruan tinggi.

4. Menurut Knopfemacher

Mahasiswa adalah seorang calon sarjana yang sedang meningkatkan ilmu mereka sesuai dengan bidang yang diambil, mahasiswa ini adalah sekelompok orang yang diharapkan dapat menjadi calon-calon pembaharuan bangsa yang lebih baik lagi.

5. Menurut Guardian Of Value

Bukanlah lagi seorang siswa bilamana anda sudah masuk di perguruan tinggi apapun baik di Indonesia maupun luar negeri, peran mahasiswa ini sangat penting untuk menjaga nilai-nilai masyarakat serta kebenarannya yang mutlak.

Menghormati keadilan, kejujuran, gotong royong, integritas, dan empati yang dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat adalah tugas dan sikap yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa. Bukan hanya itu saja, sebagai mahasiswa anda juga harus dapat memberikan nilai-nilai dan ilmu yang sesuai dengan bidang anda untuk masyarakat.

Peranan dan Fungsi Mahasiswa

Peran dan fungsi mahasiswa, dapat kamu pahami di bawah ini:

1. Sebagai Iron Stock

Mahasiswa harus dapat menjadi pengganti orang-orang yang akan memimpin pemerintahan nantinya, yang berarti mahasiswa akan menjadi generasi penerus untuk memimpin bangsa ini di masa depan.

2. Agen Perubahan

Diharapkan untuk menjadi agen perubahan. Artinya, jika ada sesuatu yang terjadi di lingkungan sekitar yang salah, mahasiswa diharapkan untuk merubahnya sesuai dengan harapan yang sebenarnya.

3. Kontrol Sosial

Harus mampu mengontrol sosial yang ada di lingkungan sekitar (lingkungan masyarakat). Oleh karena itu, selain cerdas dalam bidang akademis, mahasiswa juga harus cerdas dalam bersosialisasi dengan lingkungan.

4. Kekuatan Moral

Diwajibkan untuk menjaga moral yang sudah ada. Jika di lingkungan sekitarnya terjadi hal-hal yang tidak bermoral, maka mahasiswa diharapkan untuk merubah dan menyelaraskan kembali sesuai dengan apa yang diharapkan.

Apa Saja Tugas dan Kewajiban Mahasiswa?

Sama dengan siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) yang diharuskan belajar, mahasiswa juga diwajibkan untuk melakukan hal yang sama. Hal ini dilakukan agar sesuai dengan peran mahasiswa bagi bangsa dan negara.

Menurut Siallagan (2011), di lingkungan kampus, mahasiswa akan berperan sebagai masyarakat kampus yang memiliki tugas utama seperti belajar, membaca buku yang relevan dengan materi perkuliahan, membuat makalah, presentasi, berdiskusi, hadir di seminar, dan kegiatan lain yang berkaitan dengan kampus.

Selain itu, mahasiswa juga memiliki tugas lain sebagai agen perubahan dan pengontrol sosial masyarakat. Tugas-tugas ini nantinya dapat menjadikan seorang mahasiswa sebagai harapan bangsa di masa depan dengan mencari solusi dari berbagai masalah yang dihadapi.

Tampaknya memang berat, tapi itulah tugas mahasiswa karena ini merupakan implementasi dari ilmu pengetahuan yang telah mereka peroleh selama aktif di kampus. Jika sebelumnya kita telah membahas mengenai tugas mahasiswa secara umum, maka selanjutnya adalah kewajiban dari mahasiswa.

Sama halnya dengan individu lain yang berperan sebagai masyarakat sosial, maka mahasiswa juga memiliki kewajiban untuk menjaga nama baik universitas karena itulah tempat mereka “tinggal” sekarang.

Berikut adalah beberapa kewajiban yang harus dijalankan mahasiswa:

  1. Bertaqwa dan berakhlak mulia
  2. Mematuhi segala peraturan yang berlaku di, baik di tingkat jurusan, fakultas, hingga universitas.
  3. Terlibat aktif dalam kegiatan kemahasiswaan.
  4. Menjaga nama baik, citra, dan kehormatan universitas.
  5. Saling menghormati sesama mahasiswa dan bersikap sopan kepada dosen hingga karyawan.

 

Demikian uraian mengenai Apa Itu Mahasiswa dan Apa Perannya Untuk Indonesia, semoga bisa menambah wawasan buat kalian serta sebagai media pembelajaran dan pengetahuan. Terima kasih

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Apa Itu Mahasiswa dan Apa Perannya Untuk Indonesia yang dipublish pada 16 January 2023 di website WartaKota123

Artikel Terkait

Leave a Comment