Pengertian Buletin dan Fungsinya Yang Perlu Kalian Tahu

WartaKota123 – Pengertian Buletin, Buletin adalah publikasi yang dilakukan oleh organisasi untuk mengangkat dan mengembangkan topik atau aspek tertentu secara teratur dalam waktu yang relatif singkat. Biasanya ditujukan untuk khalayak yang lebih sempit namun tetap berkaitan dengan bidang tertentu. Tulisan dalam buletin umumnya membahas topik seperti berita, menggunakan bahasa formal dan memiliki beberapa istilah teknis yang berkaitan dengan bidang tersebut. Di dalam buletin juga disertakan foto-foto atau ilustrasi yang membuat desain menjadi lebih menarik. Beberapa kampus juga menyediakan buletin khusus untuk mahasiswa.

Pengertian Buletin

Buletin adalah media publikasi yang dilakukan oleh organisasi untuk mengangkat perkembangan suatu topik atau aspek tertentu dan diterbitkan atau dipublikasikan secara teratur (berkala) dalam waktu yang relatif singkat, mulai dari harian hingga bulanan.

Buletin ditujukan kepada khalayak yang lebih sempit, yang artinya berhubungan dengan bidang tertentu saja. Tulisan di dalam buletin seringkali singkat dan padat seperti berita, yang ditulis dengan bahasa penulisan yang formal dan banyak mengandung istilah teknis yang berhubungan dengan bidang tersebut.

Desain dan foto-foto atau ilustrasi dalam buletin seringkali formal, dan ukuran penerbitan biasanya adalah A4 (210 x 297 mm) atau eksekutif “7¼ x 10½ inci”. Untuk buletin yang terbit secara teratur dalam jangka waktu sedang, yaitu 1-2 bulan, biasanya diterbitkan dalam jumlah halaman yang lebih tebal antara 36-120 halaman.

Menurut Wikipedia, buletin adalah publikasi yang dilakukan oleh organisasi untuk mengangkat perkembangan suatu topik atau aspek tertentu dan diterbitkan atau dipublikasikan secara teratur (berkala) dalam waktu yang relatif singkat, mulai dari harian hingga bulanan.

Fungsi Buletin

Menurut Onong U. Effendy buletin sebagai media komunikasi yang berfungsi sebagai berikut:

  1. Menginformasikan adalah membuat informasi tersedia untuk umum, menyampaikan peristiwa, ide, pemikiran, dan perilaku orang lain kepada publik.
  2. Mendidik adalah sarana pendidikan yang menyampaikan gagasan dan pemikiran kepada orang lain, sehingga orang lain dapat menerima informasi dan pengetahuan.
  3. Mempengaruhi adalah fungsi yang memengaruhi setiap orang yang berkomunikasi, dengan mencoba mengubah pengaturan dan perilaku komunikator sesuai dengan yang diharapkan.
  4. Menghibur adalah komunikasi yang digunakan untuk memberikan hiburan atau untuk menghibur orang lain.

Ciri-Ciri Buletin

Adapun ciri-ciri buletin yaitu:

  1. Diterbitkan oleh organisasi, institusi, atau yayasan tertentu.
  2. Konten dapat berisi pemikiran organisasi / lembaga / yayasan.
  3. Setiap edisi memiliki topik yang berbeda.
  4. Fokus pada bidang-bidang tertentu.
  5. Ada edisi mingguan, bulanan.
  6. Memiliki tema.
  7. Terbit secara berkala.
  8. Dalam bentuk selebaran pendek/majalah.
  9. Ada format A4 dan beberapa format A5.
  10. Kelompok sasaran adalah audiens yang lebih kecil yang terikat pada subjek tertentu.
  11. Tulisan dalam buletin umumnya singkat dan padat, menggunakan bahasa formal dan banyak istilah teknis yang berhubungan dengan subjek.
  12. Gambar dan ilustrasi dalam buletin biasanya formal.
  13. Tidak hanya berisi artikel ilmiah, tetapi juga berita tentang kegiatan ilmiah lembaga/asosiasi yang menerbitkan buletin.

Fitur khusus tergantung pada urutan buletin individu, karena setiap buletin memiliki fitur khusus yang berbeda.

Jenis-Jenis Buletin

1. Bulletin board

Papan buletin adalah tempat di mana orang dapat meninggalkan pesan untuk publik. Biasanya digunakan untuk mengiklankan barang yang ingin dibeli atau dijual, untuk mengumumkan acara, atau untuk menyimpan atau memberikan informasi. Dalam hal komputer, papan buletin sering disebut sebagai sistem papan buletin. Aplikasi ini telah menjadi populer selama bertahun-tahun. Istilah sistem papan buletin juga sering disebut sebagai forum internet.

2. Bulletin Board System (BBS)

Sistem Papan Buletin (BBS) adalah sistem komputer yang mengaktifkan perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk menghubungi sistem melalui jalur telepon dan yang dapat digunakan untuk berbagai aktivitas seperti mengunduh perangkat lunak dan data, bermain game, membaca pesan, dan bertukar pesan dengan pengguna lain.

Hubungan Buletin Dan Komunikasi

Menurut Oemi Abdurachman dalam buku “Dasar-Dasar Public Relations”, seorang humas ditugaskan untuk menyelenggarakan komunikasi yang bersifat persuasif dan informatif. Komunikasi persuasif dan informatif dapat dilakukan dengan cara seperti menggunakan brosur, surat, dan buletin. Media tersebut dapat menyampaikan pesan ke banyak orang dalam waktu yang singkat. Buletin merupakan terbitan berkala yang diterbitkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan merupakan salah satu media informasi yang efektif.

Demikian ulasan mengenai Pengertian Buletin dan Fungsinya Yang Perlu Kalian Tahu, semoga bisa menambah wawasan buat kalian. Terima kasih

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Pengertian Buletin dan Fungsinya Yang Perlu Kalian Tahu yang dipublish pada 18 January 2023 di website WartaKota123

Artikel Terkait

Leave a Comment