Urutan Cara Membuat Laporan Praktikum Dengan Baik

WartaKota123 – Cara Membuat Laporan Praktikum, Laporan praktikum adalah sebuah catatan yang berisi informasi tentang hasil dari kegiatan siswa saat melakukan pengamatan atau uji coba dalam pembelajaran, yang merujuk pada materi yang telah dipelajari sebelumnya.

Apa itu Laporan Praktikum?

Laporan praktikum adalah suatu dokumen yang menjelaskan secara rinci tentang percobaan yang dilakukan. Laporan ini digunakan untuk memberikan penjelasan dan analisis tentang prosedur percobaan yang dilakukan dan data yang diperoleh. Dalam laporan terdapat beberapa bagian penting seperti hipotesis, daftar alat dan bahan, serta data mentah percobaan yang disusun dengan format yang telah ditentukan.

Urutan Sistematis Laporan Praktikum

Laporan praktikum untuk masing-masing program studi terkadang berbeda-beda. Namun, secara umum ada format yang menjadi dasar untuk sistematika penulisan laporan praktikum, yaitu judul praktikum, lembar pengesahan, dan daftar isi.

Berikut adalah detail lengkapnya susunan laporan praktikum yang benar, antara lain:

1. Pendahuluan

Pada bagian ini, penulis harus menjelaskan latar belakang dari penelitian atau percobaan yang dilakukan.

2. Tujuan

Pada bagian ini, penulis diharuskan untuk menjabarkan secara rinci tujuan dari penelitian atau percobaan yang dilakukan.

3. Landasan Teori

Pada bagian ini, penulis harus menyajikan teori-teori yang digunakan sebagai dasar pemikiran dalam penelitian atau percobaan

4. Metode Percobaan

Pada bagian ini, penulis harus menjabarkan cara atau prosedur yang digunakan dalam melakukan percobaan.

Metode percobaan dalam laporan praktikum meliputi:

  • Daftar alat dan bahan yang digunakan
  • Rencana atau skema percobaan
  • Langkah-langkah atau tata cara pelaksanaan percobaan
  • Analisis perhitungan
  • Data dan hasil percobaan

Isi dari metode percobaan ini akan menjelaskan bagaimana percobaan dilakukan dan bagaimana hasil percobaan diperoleh. Data dan hasil percobaan dapat ditampilkan dalam berbagai bentuk seperti grafik dan tabel yang sesuai dengan teori atau petunjuk yang digunakan.

5. Pembahasan

Pada bagian ini, penulis harus menjabarkan hasil percobaan dan membahas mengenai:

  • Metode yang digunakan dan kelebihan serta kekurangannya
  • Catatan terhadap data yang diperoleh dari percobaan
  • Pembandingan terhadap referensi yang digunakan

6. Kesimpulan

Pada bagian ini, penulis harus menyimpulkan hasil dari percobaan yang dilakukan. Selain kesimpulan, bagian ini juga harus mencantumkan daftar pustaka dan lampiran yang digunakan dalam penyusunan laporan.

Cara Membuat Laporan Praktikum

1. Judul

Judul laporan harus dituliskan di bagian atas halaman pertama, baik jika menggunakan kertas folio atau word. Jangan lupa untuk menambahkan cover dan informasi sekolah dan tahun ajaran di bawahnya.

2. Tujuan

Tujuan dari praktikum yang dilakukan dalam satu kelompok atau kelas biasanya sama, selagi masih meneliti atau menguji sesuatu yang sama. Misalnya satu kelas meneliti kandungan saponin pada daun pandan, maka satu kelas memiliki tujuan yang sama untuk ditulis di laporan praktikum.

3. Landasan Teori/ Latar Belakang

Landasan teori atau latar belakang digunakan sebagai pendahuluan dalam penulisan laporan. Yang ditulis di dalamnya adalah seperti pengertian, pengertian menurut para ahli, macam dan jenisnya. Jika dalam praktikum ada pengujian, tuliskan juga tentang pengujian itu supaya jelas.

4. Alat dan Bahan

Daftar alat dan bahan yang digunakan dalam praktikum harus ditulis dalam laporan. Penulisan dapat disatukan dalam satu poin, atau dipisah sesuai dengan ketentuan yang digunakan. Namun, biasanya disatukan dalam satu poin seperti : a.) alat b) bahan.

5. Cara Pembuatan/ Prosedur Kerja

Setelah menulis daftar alat dan bahan, tahap selanjutnya adalah menjelaskan cara pembuatan atau prosedur yang dilakukan dalam pengujian atau percobaan. Cara pembuatan dapat diawali dengan “siapkan alat dan bahan” karena sebelum praktikum keduanya harus tersedia.

6. Hasil Pengamatan

Setelah melakukan prosedur kerja, lakukan pengamatan terhadap apa yang terjadi pada praktikum tersebut. Hasil yang didapat harus dicatat sebagai data penelitian.

7. Pembahasan

Setelah memperoleh hasil, data-data penelitian tersebut akan dibahas secara rinci di bagian ini. Pembahasan dilakukan dengan menjelaskan “mengapa hasilnya seperti itu,” kemudian dibandingkan dengan literature yang ada, dan juga pendapat sendiri.

8. Kesimpulan

Apa yang telah dilakukan dalam penelitian disimpulkan di bagian ini. Pembuatan kesimpulan bertujuan untuk mempermudah pemahaman secara ringkas.

9. Daftar Pustaka

Bagian landasan teori dan pembahasan membutuhkan sumber lain sebagai referensi. Hal ini ditulis untuk memperkuat isi laporan penelitian agar maksimal. Cara penulisan daftar pustaka dapat dilihat di sini.

 

Contoh Laporan Hasil Praktikum : KLIK DISINI

Demikian ulasan mengenai Urutan Cara Membuat Laporan Praktikum Dengan Baik, semoga bisa dengan mudah kalian pahami dan bisa dipraktekan. Terima kasih

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Urutan Cara Membuat Laporan Praktikum Dengan Baik yang dipublish pada 21 January 2023 di website WartaKota123

Artikel Terkait

Leave a Comment