Apa itu Teater Kontemporer? Ciri-Ciri dan Fungsinya

WartaKota123 – Apa itu Teater Kontemporer, Penggunaan istilah ‘kontemporer’ dalam seni pertunjukan teater berarti merujuk pada seni pertunjukan masa kini. Kontemporer berarti saat ini atau saat sekarang. Pemahaman tentang masa atau waktu termasuk di dalamnya adalah pemahaman tentang ‘ruang’. Seni kontemporer menunjuk pada adanya waktu yang meruang; waktu dan ruang yang merupakan usaha untuk mengejar jejak-jejak ide dan bentuk yang bertebaran dalam sejarah perkembangan teater di Indonesia.

Apa itu Teater Kontemporer?

Menurut Wisran Hadi, teater kontemporer adalah teater yang banyak melakukan pencarian bentuk yang berbeda dari teater sebelumnya. Teater kontemporer ini memiliki banyak perbandingan, pengalaman, dan pengetahuan, baik dari teater tradisional maupun teater Barat.

Para teaterawan yang kreatif selalu berusaha mencari dan menggali jiwa dan esensi dari teater kontemporer. Banyak juga yang melakukan pencarian bentuk dan pengungkapan baru, sehingga dapat mencapai kreativitas yang semakin tinggi.

Namun, kadang-kadang teater ini bisa menjadi asing dan sulit dimengerti oleh masyarakat umum. Misalnya, teater kontemporer adalah inovasi dari teater modern dengan kiblat teater klasik yang sudah mapan dan dianggap statis.

Dalam teater kontemporer, tema yang sering muncul adalah kepedulian terhadap masalah-masalah yang terjadi dalam masyarakat. Teater kontemporer ini merupakan konsep aktualisasi diri manusia dan penghargaan terhadap manusia sebagai subjek dari kehidupan, sehingga dapat kembali berdaya secara kreatif dan lebih cerdas.

Pementasan teater kontemporer diharapkan dapat menjadi alat untuk refleksi masyarakat yang sedang berlangsung. Walaupun jarang muncul di permukaan, tetapi teater kontemporer Indonesia mengalami perkembangan yang sangat membanggakan.

Sejak munculnya eksponen 70 dalam seni teater, sangat memungkinkan bahwa ekspresi artistik terus dikembangkan dengan gaya khas masing-masing.

Ciri-ciri Teater Kontemporer

Setelah memahami mengenai pentas seni kontemporer ini, ada beberapa ciri-ciri yang membuat Anda semakin memahaminya sebagai pertunjukan kebanggaan orang Indonesia.

Apa saja ciri-cirinya di bawah ini penjelasan lengkapnya dari kami:

1. Puitis dan Dinamis

Ciri teater kekinian ini menampilkan dialog yang puitis namun tetap dinamis dan energik. Bentuknya tidak memiliki bentuk yang baku sehingga dapat dikatakan bebas.

2. Menyertakan Unsur Humor

Jenis teater ini menampilkan pertunjukan dengan unsur humor yang menonjol. Sehingga fungsinya sebagai hiburan sangat dirasakan oleh para penonton. Jadi kemungkinan tidak akan merasa jenuh saat menikmati seni pertunjukan ini.

3. Menyertakan Unsur Teater Rakyat Tradisional Etnik

Di dalam teater ini dimasukkan unsur-unsur teater rakyat tradisional etnik sehingga tidak hanya mengandung unsur modern saja. Istilahnya, teater ini tetap menghargai budaya tradisional yang ada di Indonesia.

4. Banyak Menggunakan Latar Kaum Gelandangan yang Diperlakukan Seperti Intelektual

Menurut pendapat Sapardi Djoko Damono, jenis teater kontemporer ini banyak menggunakan latar belakang dari kehidupan para kaum gelandangan atau orang yang dianggap rendah. Tetapi mereka diperlakukan sebagai kaum intelektual atau cendekiawan.

5. Bersifat Simbolik

Teater ini selain bersifat puitis juga simbolik dari keseluruhan pertunjukan. Sehingga benar-benar kental dengan esensi teater yang mengandung unsur kekinian.

6. Sutradara Lebih Mendominasi

Dalam jenis teater ini disarankan tidak mengharapkan peran aktor yang menonjol. Sebab sutradara lebih mendominasi sehingga cara mainnya memang berbeda dan pastinya penampilan lebih unik.

Fungsi Teater Kontemporer

Seperti yang kita ketahui, pertunjukan teater pasti bermanfaat untuk hiburan serta mengenang berbagai sejarah dan lainnya. Namun, dalam fungsi teater jenis kontemporer ini memiliki fungsi yang berbeda dibandingkan dengan jenis teater lainnya.

Jenis kontemporer memiliki fungsi yang cukup spesifik namun tetap memenuhi unsur hiburan, terutama teater ini identik dengan humor. Ditambah lagi dengan suasana pertunjukan yang puitis dan dinamik, membuat pementasan lebih mengesankan.

Lalu, apa sebenarnya fungsi utama dari teater kontemporer ini? Fungsi utama teater jenis kontemporer adalah sebagai bentuk presentasi estetis masyarakat. Dimana posisi seniman hanya ingin menyampaikan ide atau gagasannya pada penikmat seni teater ini.

Meskipun sangat sederhana, tetapi Anda tetap bisa mengambil nilai-nilai positif atau amanat tersendiri dari pertunjukan teater jenis kontemporer ini. Pementasannya juga tergolong seru karena dibumbui dengan unsur kekinian atau modern.

 

Demikian ulasan mengenai Apa itu Teater Kontemporer? Ciri-Ciri dan Fungsinya, semoga bisa menambah wawasan buat kalian dan bermanfaat.

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Apa itu Teater Kontemporer? Ciri-Ciri dan Fungsinya yang dipublish pada 22 January 2023 di website WartaKota123

Artikel Terkait

Leave a Comment