Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 5 SD Halaman 19

Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 5 SD Halaman 19

 

Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) – Yuk simak, kali ini kami akan memberikan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 5 SD Halaman 19 dengan tema “hubungan bunyi dan proses mendengar”. Ulasan materi soal dan jawaban di bawah ini diharapkan dapat membantu orangtua dalam mendampingi putra-putrinya belajar di rumah.

Berikut ini Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 5 SD Halaman 19 dengan tema “hubungan bunyi dan proses mendengar”, simak di bawah:

Berikut Kunci Jawaban Topik C Kelas 5 BAB 1 Halaman 19 27:

Pertanyaan Esensial (Halaman 19)

 

1. Bagaimana bunyi merambat?

Jawaban: Bunyi erambat ke segala arah berbeda dengan cahaya yang merambat lurus. Hal inilah yang menyebabkan kita bisa mendengar bunyi walaupun tidak melihat langsung sumber bunyinya.

 

2. Mengapa ada bunyi keras dan pelan?

Jawaban: Bunyi dapat dipantulkan walaupun dinding dan lantai di kelas atau di rumah terbuat dari benda yang keras, kita tidak mendengarkan gaung atau gema. Hal ini dikarenakan ruangan tersebut terisi dengan benda-benda lain yang menyerap suara, seperti tirai, karpet, buku, tas, bantal, baju, dan benda-benda lainnya. Namun, hasil yang berbeda bisa terjadi jika ruangan tersebut kosong.

 

3. Apa yang memengaruhi tinggi dan rendahnya suatu bunyi?

Jawaban: Tinggi Rendah dan Intensistas Bunyi dipengaruhi energi bunyi yang merambat melalui sebuah medium dalam getaran yang terus berulang. Jumlah getaran yang dihasilkan setiap detiknya disebut frekuensi. Jumlah frekuensi ini akan memengaruhi tinggi rendah nada. Semakin tinggi frekuensi bunyi maka akan semakin tinggi nada yang dihasilkan.

 

Yuk Kita Bahas (Halaman 27)

1. Hal menarik apa yang kalian dapatkan pada topik kali ini?

Jawaban: Bervariasi.

 

2. Apa perbedaan rambatan pada bunyi dan cahaya?

Jawaban: Cahaya merambat lurus sedangkan bunyi merambat ke segala arah.

 

3. Mengapa kita tidak selalu mendengar gema/gaung walaupun ada benda padat, seperti tembok di sekitar kita?

Jawaban: Karena ada benda-benda lain yang menyerap bunyi. Di dalam kelas ada tas, kain, tirai, buku, dan benda-benda lainnya. Di dalam rumah ada bantal, sofa, tirai, baju, karpet, dan benda-benda lainnya. Dengan demikian, pantulan bunyi tidak menghasilkan gaung/gema.

 

4. Apa yang memengaruhi jenis-jenis bunyi?

Jawaban: Tinggi rendah nada, serta intensitas atau gaya yang diberikan dari bunyi tersebut.

 

5. Bagaimana kita bisa mengubah nada dan intensitas dari bunyi?

Jawaban: Mengubah tinggi/rendah nada dengan membuat benda bergetar lebih cepat/lambat. Bisa dengan mengencangkan senar, menambah ukuran, dan sebagainya. Mengubah intensitas dari bunyi dengan memberikan gaya yang berbeda.

 

Demikian dari kami mengenai Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 5 SD Halaman 19, Semoga bisa membantu dalam proses pembelajaran buat adik-adik. Semoga Bermanfaat