cara mengatasi vertigo

Gejala dan Cara Mengatasi Vertigo, Bukan Sakit Pusing Biasa

Gejala dan Cara Mengatasi Vertigo, Bukan Sakit Pusing Biasa

Bisa menyebabkan seseorang sulit melakukan aktivitas selama beberapa hari, sehingga banyak yang membutuhkan cara mengatasi vertigo paling efektif. Seringkali penderita gangguan kepala ini menyamakannya dengan sakit pusing biasa. Namun biasanya rasa sakit ini tidak kunjung mereda meskipun sudah meminum obat pusing.

Secara umum, ketika seseorang mengalami vertigo maka akan merasa sekelilingnya sedang berputar-putar sehingga dapat mengganggu keseimbangan, mulai dari tingkat ringan hingga parah. Perasaan berputar-putar tersebut bahkan bisa berlangsung selama beberapa hari sehingga dapat mengganggu aktivitas penderitanya.

Pada kondisi terburuk, penderita merasa seperti akan terjatuh dan tidak bisa berjalan dengan normal seperti biasanya. Kondisi seperti ini memang tidak bisa dibiarkan karena dapat mengganggu kegiatan dan aktivitas sehari-hari. Maka dari itu, kenali penyebab, gejala beserta cara mengatasi vertigo berikut ini.

Penyebab dan Gejala Seseorang Terkena Vertigo

Vertigo atau yang disebut juga dizziness/ giddiness bisa terjadi pada segala usia, tapi wanita yang berusia di atas 30 tahun rentan terkena penyakit ini. Termasuk mereka yang memiliki anggota family dengan riwayat penyakit dizziness.

Penyebab paling umumnya yaitu karena orang tersebut sedang terkena gangguan bagian dalam rongga telinga yang mana dapat menyebabkan terganggunya sistem keseimbangan tubuh. Selain itu juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini:

  1. Mengalami migrain berlebihan hingga seharian
  2. Melakukan perubahan posisi kepala secara mendadak
  3. Mengalami meniere
  4. Mengalami stroke atau gangguan pada otot
  5. Pernah mengalami luka pada leher dan kepala yang menyebabkan trauma
Baca Juga :  Cara Mengatasi Depresi Dari Mempelajari Tentang Ciri-Cirinya

Sementara untuk tanda-tanda orang yang terserang giddiness akan merasakan pusing tidak biasa seperti sekelilingnya sedang berputar. Pada kondisi tertentu juga disertai dengan telinga yang berdenging dan merasakan mual hingga muntah-muntah. Apabila dibiarkan, penderita bisa terjatuh karena terganggunya keseimbangan tubuh sehingga tidak dapat berdiri walaupun berjalan.

Tidak sedikit juga penderita vertigo yang melaporkan mereka selalu pingsan setelah penyakit ini kambuh. Karena memang, penyakit ini tidak bisa benar-benar disembuhkan dan bisa kambuh sewaktu-waktu. Sehingga, penderita harus melakukan upaya untuk mencegah agar sakit kepala ini tidak kambuh.

Penanganan dan Cara Mengatasi Vertigo yang Baik dan Benar

Menurut informasi medis, vertigo sebenarnya tidak dianggap sebagai penyakit, melainkan suatu gejala dari penyakit lainnya sehingga cara penanganannya pun juga berbeda-beda. Ketika Anda mengunjungi dokter, maka akan ditanyakan terlebih dahulu perihal riwayat penyakit sehingga penanganannya dapat dilakukan dengan tepat karena.

Saat mengalami gejala sakit kepala berputar-putar seperti ini, banyak juga penderita yang tidak melakukan pengobatan apapun dan bisa sembuh dengan sendirinya. Namun tidak sedikit juga yang mengalaminya selama beberapa hari sehingga harus mendapatkan penanganan agar dapat melakukan aktivitas sehari-hari.

Bagi yang mengalami gejala serius apakah bisa menggunakan beberapa cara mengatasi vertigo berikut ini:

  1. Penanganan Manuver Epley untuk mengatasi masalah BBPV
  2. Mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri sakit kepala yang terasa berputar-putar. Bisa juga mengkonsumsi obat migrain apabila rasa nyeri sakit kepala hanya dirasakan di sebelah saja.
  3. Apabila sering mengalami vertigo maka dapat mencoba terapi rehabilitasi vestibular. Terapi ini berfungsi untuk membuat otak agar dapat beradaptasi dengan sinyal sinyal pemicu serangan dizziness atas sakit kepala berputar-putar. Terapi ini biasanya dilakukan apabila penderita mengalami gangguan pada telinga sebagai salah satu penyebab vertigo.
  4. Apabila penderita belum mengalami gejala parah maka bisa melakukan pengobatan di rumah dengan memijit ringan di area sekitar kepala yang sakit. Dokter juga menyarankan untuk mengkonsumsi air putih secara rutin agar mencegah tubuh mengalami dehidrasi serta membantu melancarkan peredaran darah.
Baca Juga :  Yuk Simak, Cara Mengatasi Migrain dengan Ramuan Herbal Alami

Banyak orang mengalami vertigo yang sakitnya luar biasa. Tentunya Anda dapat mencoba beberapa cara mengatasi Vertigo di atas, tapi jika sakit berlanjut dan tidak mereda dalam beberapa hari maka segera periksa ke dokter.