cara mengatasi cegukan

Cara Mengatasi Cegukan Secara Alami dan Memakai Obat

Cara Mengatasi Cegukan Secara Alami dan Memakai Obat

Mencari tahu apa saja penyebab cegukan bisa terjadi sangat penting untuk memastikan cara mengatasi cegukan paling tepat. Cegukan adalah kondisi tubuh tanpa dikontrol mampu mengeluarkan bunyi dan membuat perasaan tidak nyaman. Kondisi ini bisa terjadi karena adanya kontraksi antara otot diafragma dengan otot dada.

Cegukan bisa dialami oleh siapa saja baik pada bayi, anak-anak, remaja, orang dewasa tanpa adanya batasan usia. Jika gejalanya alami maka dapat terjadi hanya dalam waktu singkat namun ada juga sampai 48 jam. Hal ini dipicu karena permasalahan pada tubuh sebagai tanda adanya penyakit tertentu.

Selain kondisi kesehatan ternyata cegukan lebih dari 2 hari bisa terjadi karena konsumsi obat tertentu sehingga tubuh harus menyesuaikan. Karena penyebab cegukannya berbeda maka cara mengatasi cegukan juga harus diperhatikan. Ada dua cara yaitu memakai cara-cara alami atau mengharuskan seseorang mengkonsumsi obat untuk mengatasinya.

Cara Menghilangkan Cegukan Menggunakan Cara Alami Tanpa Obat

Mengalami cegukan pada anak kecil dianggap jika dalam masa pertumbuhan dan akan berkembang pesat. Semua orang pasti pernah mengalami hal ini namun hanya dalam beberapa detik saja kemudian hilang. Jika Anda mengalami cegukan cukup gunakan cara alami berikut ini untuk mengatasinya agar cepat hilangnya.

  1. Menahan nafas dalam beberapa detik

Cara mengatasi cegukan paling mudah adalah dengan menahan nafas beberapa detik saja dan terus ulangi. Caranya cukup sederhana tarik nafas sedalam mungkin kemudian tahan saja 20 detik lalu hembuskan perlahan. Ulangi teknik pernafasan seperti ini disarankan lakukan dalam beberapa kali sampai cegukannya hilang dengan sendirinya.

  1. Tekan diafragma secara perlahan

Menekan diafragma juga ampuh menghilangkan cegukan namun harus dilakukan secara perlahan dan tenang. Jangan sesekali Anda menekan bagian diafragma terlalu keras karena sangat berbahaya dan fatal akibatnya. Diafragma sendiri terletak di antara perut dengan dada dimana tujuannya agar lebih rileks sehingga cegukannya cepat hilang.

  1. Tutup hidung sambil minum air putih

Menutup hidung menjadi cara mengatasi cegukan sangat mudah sambil meminum air putih secara perlahan. Cara menutup hidungnya adalah dengan menekan perlahan saja jangan terlalu kuat karena justru menjadi sakit. Minumnya juga harus perlahan sedikit demi sedikit agar tidak tersedak sampai cegukannya mereda atau hilang.

  1. Minum air atau makanan tertentu

Beberapa jenis air dan makanan tertentu juga dipercaya dapat meredakan cegukan yang terjadi. Seperti berkumur menggunakan air dingin, telan satu sendok gula pasir, teteskan sedikit cuka langsung di mulut. Bisa juga dengan minum air hangat perlahan namun tanpa berhenti atau taruh perasan lemon di lidah.

Baca Juga :  Gunakan Cara Mengatasi Asam Lambung dengan Bahan Alami Sendiri

Rekomendasi Obat untuk Menghilangkan Cegukan yang Susah Hilang

Jika cegukan masih ada padahal sudah menggunakan cara mengatasi cegukan yang alami maka pilihan lain minum obat. Cegukan bisa terjadi dalam beberapa hari biasanya disebabkan karena tubuh terlalu lelah. Jika dibiarkan hal ini membuat Anda merasa tidak nyaman dan akhirnya malah semakin sulit untuk beristirahat.

Anda bisa mengkonsumsi obat khusus yang direkomendasikan untuk menghilangkan cegukan dalam beberapa hari. Diantaranya adalah:

  1. Chlorpromazine yang merupakan obat resmi dan disetujui FDA sebagai obat cegukan.
  2. Antikonvulsan adalah obat anti kejang seperti gabapentin dan asam valproat.
  3. Metoclopramide untuk menghilangkan cegukan terus menerus.

Cegukan bisa dikatakan sebagai kondisi tubuh yang alami dan terjadi dalam beberapa waktu karena berbagai penyebab. Biasanya akan hilang dengan cepat namun pada kondisi tertentu bisa sampai beberapa hari. Cara mengatasi cegukan ada dua yaitu menggunakan cara alami atau konsumsi obat jika sudah sangat menganggu.