cara mengatasi kulit kering

Cara Mengatasi Kulit Kering Jika Dilihat dari Penyebabnya

Cara Mengatasi Kulit Kering Jika Dilihat dari Penyebabnya

Banyak cara mengatasi kulit kering termasuk menggunakan bahan-bahan alami sehingga tidak harus mengeluarkan banyak uang. Kulit yang kering biasanya ada di bagian-bagian tertentu misalnya pada tangan, siku, lutut, kaki dan lainnya. Ada yang karena memang faktor lingkungan dan ada juga kulitnya sendiri tertalu sensitif.

Sebenarnya hal ini adalah salah satu kondisi umum dan paling sering terjadi pada para wanita. Kelembapan kulit menjadi menghilang sehingga menimbulkan pecah-pecah, terlihat retak dan sangat kasar. Pada kondisi tertentu bisa saja terasa gatal atau sangat menganggu namun ada juga tidak terasa apa-apa.

Namun bagi wanita masalah seperti ini tidak boleh dibiarkan karena tampilan mereka menjadi tidak sempurna. Maka informasi tentang cara mengatasi kulit kering sangat dibutuhkan apalagi cara-cara alami. Sehingga kulitnya menjadi sehat lagi, halus dan terlihat sempurna secara alami meskipun terkadang pada bagian kecil saja.

Penyebab Kenapa Kulit Kering yang Sering Dialami Para Wanita

Ada banyak penyebab kenapa kulit menjadi kering sangat beragam dari jenis kulitnya, cuaca, udara dan faktor dari lingkungannya. Misalnya karena jenis kulitnya memang kering karena dalam tubuhnya kekurangan minyak jadi harus ada perawatan khusus. Karena faktor lingkungan seperti polusi, cuaca panas dan masih banyak lainnya.

Sebelum Anda mencari tahu bagaimana cara mengatasi kulit kering sebaiknya kenali dulu apa penyebab hal ini terjadi. Terkadang perawatan yang digunakan misalnya menggunakan sabun antiseptik atau kebiasaan mandi menggunakan air panas. Ditambah suhu terlalu tinggi dengan kelembapan cukup rendah merupakan pemicu penting yang harus diperhatikan.

Baca Juga :  Jangan Galau, Begini Cara Mengatasi Jerawat Meradang yang Efektif

Cobalah Cara Alami yang Sangat Membantu Mengatasi Masalah Kulit Kering

Wanita kerap kali mengalami masalah kulit seperti ini jangan khawatir atau panik karena takut harus mengeluarkan banyak uang. Perawatan dengan cara alami masih sangat mungkin untuk dilakukan sehingga dapat mengatasinya. Ikuti cara berikut ini dan Anda bisa coba untuk diterapkan dalam perawatan sehari-hari.

  1. Konsumsi makanan kaya antioksidan

Salah satu cara mengatasi kulit kering adalah memperhatikan makanan Anda konsumsi ternyata juga sangat penting. Pilih mengkonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan dan juga mengandung omega-3. Seperti kacang polong, tomat, aneka buah segar, wortel, blueberry, sayuran, kacang kacangan dan berbagai jenis makanan lainnya.

  1. Oleskan minyak kelapa

Obat alami berasal dari minyak kelapa ternyata mengandung sifat emolien yaitu membuat permukaan menjadi halus. Hal inilah yang membuat minyak kelapa mampu menjadi pelembab alami dan menghaluskan kulit Anda. Cara menggunakannya cukup dioleskan saja pada bagian diinginkan dan boleh juga dipakai setiap hari.

  1. Jangan mandi dengan air panas

Jika Anda sudah menyadari memang memiliki kulit yang mudah kering sebaiknya jangan mandi terlalu lama. Juga disarankan untuk tidak mandi dengan air panas apalagi jika suhunya terlalu panas karena dapat menghilangkan minyak tubuh. Padahal minyak tersebut secara alami dibutuhkan tubuh untuk melembabkan kulit secara alami.

  1. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Seperti dijelaskan salah satu penyebab karena tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi sehingga kulitnya menjadi kering. Cara mengatasinya sebaiknya Anda memperhatikan kebutuhan cairan tubuh harus benar-benar terpenuhi. Minum air yang cukup sesuai kebutuhan atau setidaknya minimal 8 gelas setiap harinya agar tubuh menjadi lembab.

Mengetahui apa saja penyebab yang membuat kulit menjadi kering membuat Anda menjadi lebih mudah mengenali masalah sendiri. Sehingga cara mengatasinya menjadi lebih tepat dan dapat dilakukan secara alami. Menggunakan cara mengatasi kulit kering secara alami selain membuat kulit menjadi sehat serta terus terjaga kelembapannya.

Baca Juga :  Penyebab dan Cara Mengatasi Tangan Berkeringat, Gejala Penyakit Berbahaya?