cara mengatasi gusi bengkak

Cara Mengatasi Gusi Bengkak dan Cara Mencegah Terjadi Lagi

Cara Mengatasi Gusi Bengkak dan Cara Mencegah Terjadi Lagi

Informasi mengenai cara mengatasi gusi bengkak kerap kali dicari karena memang masalah ini sering dialami. Gusi pada mulut tanpa disadari memiliki peran yang sangat penting dan jika terasa sakit pasti membuat tidak nyaman. Kadang permasalahan terjadi karena penyebab sepele sehingga bisa diatasi sendiri terlebih dahulu.

Ada beberapa penyebab kenapa bisa membengkak terutama pada perokok aktif sehingga mempengaruhi kesehatan mulut. Bisa juga karena infeksi virus, plak gigi yang menumpuk, kekurangan gizi, obat-obatan atau kesalahan makan. Jadi sebelum Anda mencari cara untuk mengatasi permasalahan seperti ini sebaiknya pahami dulu apa penyebabnya.

Kali ini akan dijelaskan beberapa cara mengatasi gusi bengkak yang sangat sederhana untuk orang dewasa. Ingat perawatan untuk orang dewasa sebaiknya dibedakan dengan anak-anak karena lebih rentan terhadap penyakit. Serta dijelaskan cara pencegahan agar hal ini tidak terjadi lagi pada Anda dan tidak menganggu lagi.

Cara untuk Mengatasi Gusi Bengkak Khusus Orang Dewasa

Masalah gusi membengkak bisa terjadi pada siapa saja baik anak-anak, orang dewasa maupun yang sudah tua sekalipun. Cara mengatasinya juga sangat menarik karena mudah diaplikasikan menggunakan cara sederhana memakai bahan alami. Berikut cara-cara sederhana mengatasi masalah gusi membengkak yang digunakan khususnya orang dewasa.

  1. Berikan kompres air dingin atau hangat

Air dingin digunakan sebagai cara mengatasi gusi bengkak kalau tidak disertai nyeri. Sementara jika ada rasa nyeri atau sakit di sekitar gusinya sebaiknya gunakan kompres memakai air hangat. Kenali terlebih dahulu gejala yang dirasakan agar penanganannya tidak salah dan lebih cepat sembuhnya.

  1. Makan buah dan sayur

Buah maupun sayur menjadi sumber vitamin C yang baik untuk kesehatan gigi maupun gusi. Jadi jika Anda mengalami pembengkakan pada gusinya, sebaiknya konsumsi buah serta sayur mengandung vit C alami. Cara ini mempercepat proses penyembuhan alami misalnya buah jeruk, sayur bayam dan lainnya.

  1. Berkumur memakai lemon

Kandungan yang ada pada lemon juga baik untuk mengatasi berbagai permasalahan dalam mulut. Lemon dipercaya mampu membasmi bakteri di dalam mulut dan menyeimbangkan kadar pH. Peras setengah buah lemon kemudian campurkan dalam satu gelas air hangat dan gunakan untuk berkumur 3x sehari.

  1. Berkumur memakai air garam

Air garam digunakan untuk berkumur juga termasuk cara mengatasi gusi bengkak yang direkomendasikan. Garam menjadi obat paling ampuh dan sudah dibuktikan secara turun menurun sebagai solusi alami. Larutkan satu sendok garam ke dalam satu gelas air hangat (jangan terlalu panas) lalu gunakan berkumur sehari 3x.

  1. Gunakan bawang merah

Bawang merah memiliki antiseptik alami yang ternyata juga mampu membunuh kuman dan bakteri tidak baik. Terdapat cara silahkan dicoba sendiri, pertama tumbuk halus kemudian tempelkan pada gusinya. Jika memang kurang suka baunya maka diiris saja tipis kemudian tempelkan.

Cara Mencegah Gusi Membengkak agar Tidak Kembali Sakit Lagi

Masalah gusi yang membengkak terkadang dapat kambuh lagi jadi jika tidak ingin merasa sakit lagi lakukan pencegahan, seperti:

  1. Banyak minum air putih.

  2. Makanan bergizi.

  3. Hindari makanan atau minuman dingin, panas dan terlalu manis.

  4. Hindari alkohol dan rokok.

  5. Jaga kebersihan mulut.

Gusi memiliki fungsi sangat penting bagi mulut sehingga tidak boleh diabaikan begitu saja jika sedang bermasalah. Pembengkakan memang sangat mungkin terjadi karena berbagai penyebab yang sulit untuk dihindari. Sangat penting mengetahui cara mengatasi gusi bengkak secara alami agar dapat segera diatasi jika mengalami sendiri.