cara mengatasi gigi kuning

Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Gigi Kuning, Jangan Dibiarkan

Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Gigi Kuning, Jangan Dibiarkan

Sudah tahu apa saja penyebab dan cara mengatasi gigi kuning? Baik pria maupun wanita pasti kurang percaya diri ketika memiliki gigi yang tidak sehat, apalagi jika berwarna kuning. Mungkin banyak upaya-upaya untuk menjaga agar gigi tetap sehat, tapi bagaimana jika sudah terlanjur menguning? Adakah solusi memutihkannya?

Tidak perlu khawatir karena di era kemajuan teknologi seperti sekarang apapun bisa dilakukan dengan mudah, termasuk memutihkan bagian tubuh ini. Hanya saja, Anda harus menyiapkan budget lebih jika ingin menggunakan jasa pemutih profesional. Maka dari itu, tidak ada salahnya mencoba beberapa cara mudah untuk memutihkan gigi yang mulai menguning.

Disini Kami akan memberikan penjelasan lengkap penyebab dan bagaimana cara atasi gigi yang menguning. Bagi Anda yang mengalami masalah ini, simak yuk tips-tips cara mengatasi gigi kuning berikut ini.

Ketahui Faktor Penyebab Gigi dapat Berubah Menjadi Kuning

Menurut medis sebenarnya bisa menguning sendirinya karena faktor umur yang bertambah tua. Akan tetapi jika terjadi pada usia dibawah 35 tahun kemungkinan besar disebabkan oleh faktor internal maupun eksternal. Secara internal bisa disebabkan oleh kebiasaan menggunakan obat-obatan, terpapar fluoride sejak dini hingga akibat trauma benturan.

Sementara untuk faktor luarnya bisa disebabkan karena kebiasaan pola hidup yang buruk seperti konsumsi kopi berlebihan, makan makanan berwarna kuning (soto, gulai, kare) atau cara menyikat yang keliru hingga menyebabkan tumpukan plak. Tidak menutup kemungkinan juga bisa disebabkan oleh faktor-faktor luar lainnya.

Baca Juga :  Tindakan yang Mudah dan Sederhana untuk Mengatasi Sariawan

Cara mengatasi gigi kuning akibat faktor luar justru lebih mudah dilakukan ketimbang faktor internal. Karena itu jika penyebabnya dari dalam maka membutuhkan perawatan secara khusus dan lebih lama. Bahkan tidak bisa diatasi hanya dengan tips-tips sederhana.

Cara Mengatasi Gigi Kuning Secara Alami Tanpa Menggunakan Obat

Cara paling efektif untuk mengatasi masalah gigi menguning sebenarnya dapat dikonsultasikan secara langsung ke dokter. Namun Anda juga dapat melakukan beberapa tips dan cara berikut ini:

  • Menggunakan baking soda

Baking soda dipercaya sebagai salah satu alternatif memutihkan dengan mudah dan alami. Cara menggunakannya dengan membuat pasta gigi berbahan baking soda, lalu gosokkan secara merata beberapa kali seminggu. Kombinasikan dengan cuka apel untuk hasil yang lebih optimal karena fungsinya sebagai antibakteri dan membersihkan rongga mulut.

  • Memanfaatkan asam malat

Merupakan jenis zat alami yang berfungsi untuk memutihkan gigi kuning. Bisa tersebut bisa Anda dapatkan dari buah strawberry, kemudian kombinasikan dengan soda baking untuk membuat pasta. Setelah itu gunakan untuk menyikat. Namun sebaiknya jangan digunakan terlalu sering karena bisa menyebabkan kerusakan pada enamel.

  • Biasakan makan sehat

Cara alami lainnya yaitu dengan mengkonsumsi makanan-makanan sehat, terutama sayuran dan buah-buahan. Beberapa jenis makanan yang cukup bagus mengatasi masalah ini seperti brokoli, kacang kacang, makanan berserat dan biasakan konsumsi susu. Sebaiknya Anda menghindari makanan manis dengan tekstur lengket agar tidak memperparah kondisi menguningnya.

  • Kurangi kebiasaan minum kopi, teh dan soda

Ketiga jenis minuman tersebut memang hal yang sering menjadi penyebab jadi menguning. Hal itu karena minuman-minuman ini dapat meninggalkan noda atau kotoran pada permukaan yang mana tidak mudah dihilangkan hanya dengan pasta gigi.

  • Berhentilah merokok

Terutama pada pria, usahakan untuk berhenti merokok jika ingin mendapatkan gigi lebih putih mengatasi bau mulut. Berhenti merokok juga dapat mengatur untuk menjaga kesehatan Anda sendiri, terutama paru-paru dan jantung.

Baca Juga :  Inilah Cara Mengatasi Sakit Gigi Sendiri Tanpa ke Dokter

Selain cara alami, Anda juga dapat melakukan scaling yakni metode membersihkan permukaan menggunakan alat khusus. Cara mengatasi gigi kuning ini juga sangat efektif untuk mengangkat kotoran dan noda-noda pada gigi.