Mari Kita Mengenal Apa Itu Jurusan Engineering

Apa Itu Jurusan Engineering ?

Apa Itu Jurusan Engineering – Jurusan Engineering merupakan program studi yang mempelajari ilmu dan teknik pengembangan sistem, produk, atau jasa untuk memecahkan masalah teknis dan memenuhi kebutuhan manusia. Jurusan Engineering meliputi berbagai cabang ilmu, seperti teknik mesin, teknik elektro, teknik kimia, teknik industri, teknik informatika, dan lain-lain.

Mahasiswa jurusan Engineering akan belajar tentang prinsip-prinsip dasar dari bidang yang dipilihnya, serta mempelajari cara mengaplikasikan pengetahuan tersebut dalam proyek praktik atau riset yang relevan. Tujuan dari jurusan Engineering adalah menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah teknis secara efektif dan inovatif, serta mampu berkontribusi dalam pengembangan ilmu dan teknologi yang sesuai dengan bidangnya.

Jurusan Engineering juga sering dibutuhkan dalam berbagai bidang industri, seperti manufaktur, pertambangan, perkebunan, pertanian, transportasi, dan lain-lain. Lulusan jurusan Engineering diharapkan mampu bekerja di berbagai posisi, seperti insinyur, teknisi, konsultan, atau manajer proyek.

Untuk memperoleh gelar sarjana (S.T. atau S.T.E.) dari jurusan Engineering, mahasiswa harus menyelesaikan sekitar 120 sampai 160 semester mata kuliah yang terdiri dari mata kuliah umum dan mata kuliah khusus bidang yang dipilihnya. Selain itu, mahasiswa juga harus menyelesaikan proyek praktik atau skripsi yang relevan dengan bidangnya.

Apa Saja yang Dipelajari?

Mahasiswa jurusan Engineering akan mempelajari berbagai materi yang berkaitan dengan bidang yang dipilihnya. Beberapa materi yang mungkin akan dipelajari oleh mahasiswa jurusan Engineering, di antaranya adalah:

  1. Prinsip-prinsip dasar dari bidang yang dipilihnya, seperti mekanika, elektronika, kimia, atau matematika
  2. Pengetahuan tentang material, proses produksi, dan metode perancangan yang digunakan dalam bidang yang dipilihnya
  3. Pengetahuan tentang cara mengukur, menganalisa, dan memecahkan masalah teknis yang dihadapi dalam bidang yang dipilihnya
  4. Pengetahuan tentang cara mengaplikasikan teknologi informasi dan komputer dalam bidang yang dipilihnya
  5. Pengetahuan tentang prinsip-prinsip manajemen proyek, termasuk perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan proyek
  6. Pengetahuan tentang prinsip-prinsip manajemen mutu dan keselamatan kerja yang digunakan dalam bidang yang dipilihnya
  7. Pengetahuan tentang aspek-aspek sosial, etika, dan hukum yang terkait dengan bidang yang dipilihnya.

Selain mempelajari materi tersebut, mahasiswa jurusan Engineering juga akan melakukan proyek praktik atau skripsi yang merupakan bagian dari program studi mereka. Proyek praktik atau skripsi tersebut biasanya merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan yang telah didapatnya dalam bidang yang dipilihnya dan memecahkan masalah teknis yang dihadapi.

Mengapa Memilih Engineering?

Ada beberapa alasan mengapa seseorang mungkin memilih untuk mengambil jurusan Engineering, di antaranya:

1. Penghasilan yang tinggi

Lulusan jurusan Engineering seringkali memiliki peluang kerja yang lebih baik dan penghasilan yang lebih tinggi dibandingkan dengan lulusan jurusan lainnya.

2. Kemampuan untuk memecahkan masalah

Jurusan Engineering menekankan pada kemampuan memecahkan masalah teknis secara efektif dan inovatif, yang merupakan kemampuan yang sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang.

3. Bersentuhan dengan teknologi terkini

Jurusan Engineering seringkali menggunakan teknologi terkini dalam proses pembelajaran, sehingga mahasiswa akan terus terhubung dengan teknologi terbaru yang ada.

4. Peluang kerja yang luas

Lulusan jurusan Engineering dapat bekerja di berbagai bidang industri, seperti manufaktur, pertambangan, perkebunan, pertanian, transportasi, dan lain-lain.

Kemampuan untuk membuat perubahan positif: Melalui pengetahuan yang didapat dari jurusan Engineering, seseorang dapat berkontribusi dalam pengembangan ilmu dan teknologi yang sesuai dengan bidangnya, sehingga dapat membuat perubahan positif bagi masyarakat dan lingkungan.

 

Demikian ulasan mengenai  Apa Itu Jurusan Engineering, semoga mudah di pahami dan menambah wawasan buat kalian. Terima kasih

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Mari Kita Mengenal Apa Itu Jurusan Engineering yang dipublish pada 23 December 2022 di website WartaKota123

Artikel Terkait

Leave a Comment