Aplikasi Database Manager Gratis

7 Aplikasi Database Manager Gratis yang Dapat Kalian Coba

 

Aplikasi Database Manager Gratis – Untuk sebagian developer, pemakaian database dalam pengembangan perangkat lunak nya sangat lah berarti. Database itu dipakai untuk menyimpan data- data yang dibutuhkan terkait dengan aplikasi yang lagi di kembangkan. Agar memudahkan dalam menejemen database, dibutuhkan aplikasi database manager yang dapat digunakan buat melihat, mengubah, menghapus, atau membuat data kedalam database. Di postingan kali ini mimin akan membagikan 7 database manager yang dapat mempermudah kerja para developer. Database manager yang dibahas merupakan database buat relational database ataupun basis data relasional.

Berikut beberapa daftar sarannya buat kalian:

 

1. PHPMyAdmin

PHPMyAdmin adalah salah satu database manager yang sangat terkenal dan banyak dipakai oleh para developer website yang memakai database untuk penyimpanan datanya. Database yang didukung oleh phpMyAdmin ini antara lain: MySQL, MariaDB, serta Drizzle. phpMyAdmin ini bisa digunakan secara leluasa dan mempunyai sertifikat GNU GPL. phpMyAdmin sendiri ialah aplikasi database manager berplatform website, artinya aplikasi ini dijalankan memakai website browser.

Beberapa fitur yang dipunyai database manager ini antara lain:

  • Tampilan website yang sangat baik
  • Mensupport pengoperasian MySQL seperti melihat, menghapus, atau menyalalin database.
  • Dapat mengeksekusi perintah SQL
  • Memberikan bookmark kepada SQL- statement apapun
  • Mengatur konsumen MySQL dan hak akses nya
  • Mengatur stored procedures serta triggers
  • Impor dari CSV dan SQL

 

2. MySQL Workbench

MySQL Workbench adalah tools berplatform GUI yang dipakai untuk me- menej database. MySQL Workbench sangat mensupport MySQL Server tipe 5. 1 keatas.

MySQL Workbench secara biasa mempunyai fitur berikut:

  • Me- menej dan membuat koneksi dengan server database.
  • Eksekusi kueri SQL melalui pengedit SQL yang sudah diadakan.
  • Membuat desain database.
  • Me- menej administrasi server: administrasi pengguna, back- up dan recovery, monitoring performance server MySQL, serta lain sebagainya.
  • Dapat melaksanakan migrasi dari Microsoft SQL Server, Microsoft Access, Sybase ASE, SQLite, SQL Anywhere, PostreSQL, dan subjek RDBMS lainya jadi MySQL.

 

3. DBVisualizer

DbVisualizer ialah tools untuk database berplatform GUI. DBVisualizer bisa dijalani secara multiplatform, ia bisa dijalankan pada sistem pembedahan Windows, MacOS, serta Linux. Fitur penting yang dimilikinya adalah DBVisualizer ini mensupport bermacam tipe database semacam: Oracle, Sybase, SQL Server, PostgreSQL, DB2, Mimer SQL, Neoview, MySQL, Informix, JavaDB atau Derby, H2, SQLite, NuoDB, serta Vertica.

 

4. SQL Power Architect

SQL Power Architect merupakan database manager yang mensupport berbagai jenis database termasuk didalamnya Oracle, Sybase, SQL Server, PostgreSQL, DB2, MySQL, Informix, H2, serta SQLite. Seperti halnya database manager lainya, SQL Power Architect pula mempunyai fitur untuk mengatur objek- objek dalam database semacam membuat atau menghapus database, membuat atau menghapus tabel, impor atau ekspor database jadi file, dan lain sebagainya.

 

5. Toad for MySQL

Toad for MySQL adalah aplikasi database manager yang mempunyai fitur penting efisiensi dan kecepatan kepada eksekusi kueri dan pula manajemen database. Toad MySQL hanya mensupport MySQL untuk database nya.

 

6. HeidiSQL

HeidiSQL ialah tools database manager diperuntukan untuk website developer yang memakai MySQL server, Microsoft SQL, ataupun PostgreSQL selaku databasenya. Seperti database manager yang lain, HeidiSQL mempunyai fitur untuk melihat serta mengganti data, membuat dan mengubah bagan, view, prosedur, trigger, serta event. Tidak hanya itu HeidiSQL ini bisa melakukan impor atau ekspor struktur database.

 

7. SQuirrel SQL

SQuirrel SQL ialah database manager yang dibentuk memakai JAVA. Sama seperti database manager yang lain, melihat atau membuat bagan, mengeksekusi perintah SQL, dan lain sebagainya adalah fitur penting yang dimiliki oleh SQuirrel SQL.

 

Demikian beberapa saran dari kami mengenai 7 Aplikasi Database Manager Gratis yang Dapat Kalian Coba, semoga bisa membantu kalian dan menambah wawasan tentang database manfaatkan sebaik mungkin beberapa aplikasi software di atas. Semoga Bermanfaat