Klaim Asuransi dan Jenis- Jenisnya

Mari Mengenal Apa Itu Klaim Asuransi dan Jenis – Jenisnya

 

Klaim Asuransi dan Jenis- Jenisnya – Klaim adalah salah satu sebutan yang harus dikenal dan dimengerti jika mempunyai asuransi. Maka dari itu, istilah ini selalu ditemukan jika membahas mengenai asuransi. Tetapi tidak jarang banyak orang yang melakukan asuransi namun tidak menguasai istilah ini. Apakah kalian jadi salah satu diantaranya? Jika iya sebaiknya simak uraian mengenai istilah klaim dibawah ini.

Apa Itu Klaim Asuransi

Secara biasa, klaim adalah tuntutan penjamin kepada tertanggung sesuai dengan kontrak akad yang sudah disetujui sebelumnya dan wajib yang harus dipenuhi oleh pihak penjamin. Melihat pengertian ini maka sebutan klaim sering digunakan dalam dunia asuransi. Dalam hal ini pelanggan asuransi berperan sebagai tertanggung. Sedangkan penerbit asuransi berperan sebagai penjamin.

Istilah klaim ini nyatanya juga berhubungan dengan surat klaim. Surat klaim merupakan surat pengaduan yang dibuat spesial untuk menyampaikan ketidaksuksesan atau ketidaknyaman pada suatu barang, layanan dan sebagainya yang juga diiringi dengan tuntutan penyelesaian.

Surat klaim mempunyai banyak jenis, seperti surat aduan terhadap dokumen sah, surat pengaduan kepada kerusakan barang, pesan pengaduan pembatalan berkas, surat pengajuan asuransi dan surat pengaduan untuk keterlambatan pengiriman barang. Di antara beberapa tipe diatas, surat pengaduan asuransi jadi yang paling terkenal. Dimana surat ini bisa berbentuk pengaduan kepada asuransi jiwa, asuransi kesehatan dan tipe asuransi yang lain.

Klaim asuransi merupakan desakan dari pihak tertanggung antara pihak asuransi dengan pihak tertanggung yang melakukan pembayaran premi buat menjamin pembayaran ganti rugi. Tuntutan itu bisa dilakukan karena ada kontrak akad.

Klaim adalah permohonan sah yang diajukan oleh tertanggung pada industri asuransi agar melakukan pembayaran kepadanya. Klaim asuransi ini berlaku buat seluruh jenis asuransi, seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan dan tipe asuransi yang lain.

Tujuan dan Fungsi Klaim Asuransi

1. Untuk Mengalihkan Risiko

Tujuan melakukan klaim ialah untuk mengalihkan resiko. Tujuan satu ini dilakukan ketika terjadi insiden yang menimbulkan terjadinya kerugian ataupun bahaya yang cukup besar kepada kekayaan yang dimiliki. Dengan melakukan klaim asuransi maka pihak tertanggung bisa mengalihkan beban resiko pada pihak asuransi selama pihak tertanggung selalu melunasi premi asuransinya.

2. Membayar Ganti Rugi

Klaim asuransi yang dilakukan juga berperan untuk membayar ganti rugi atas insiden atau peristiwa yang dialami oleh tertanggung. Contohnya ialah kecelakaan kendaraan, kebakaran rumah dan serupanya.

Perlu dikenal jika tiap asuransi mempunyai batasan plafon dari tanggungan yang bisa diserahkan. Maksudnya kerugian yang dialami tidak dapat 100 persen ditanggung. Walaupun begitu, beban keuangan yang dialami bisa menurun.

3. Membayar Santunan

Perlu dikenal bila pelanggan asuransi bisa memakai klaim asuransi untuk melunasi santunan, seperti asuransi jiwa dan asuransi sosial contohnya BPJS Kesehatan.

Jenis- Jenis Klaim Asuransi dan Contohnya

Jenis klaim yang bisa dicoba oleh nasabah lumayan banyak, antara lain:

  • – Klaim Asuransi Jiwa
  • – Klaim Asuransi Kesehatan
  • – Klaim Asuransi Kendaraan
  • – Klaim Asuransi Proteksi Gadget Smartphone

Contoh klaim merupakan seperti ini. Ketika keluargamu meninggal dunia serta orang itu mempunyai asuransi jiwa maka ahli warisnya bisa mengajukan klaim. Klaim yang diajukan oleh ahli waris harus penuhi semua ketentuan administratifnya.

Jika semua syarat administratifnya semua terpenuhi maka pihak asuransi akan melakukan kewajibannya. Pihak asuransi itu bertanggung jawab untuk melunasi tanggungan kepada ahli waris sesuai dengan kontrak perjanjian ataupun kesepakatan yang tercantum.

 

Penutup

Nah itulah informasi tentang klaim asuransi dan jenis- jenisnya. Kesimpulannya berarti klaim adalah permohonan sah yang diajukan oleh tertanggung pada industri asuransi agar melakukan pembayaran kepadanya sesuai dengan kontrak perjanjian. Semoga Bermanfaat Ya