E- Learning: Pengertian, Manfaat

E- Learning: Pengertian, Manfaat Dan Contoh

Di zaman yang didominasi oleh elektronik ini, dengan segala perihal yang sudah serba digital, nyatanya kita sudah tidak asing lagi dengan istilah E- Learning. E- Learning atau electronic learning merupakan suatu metode pembelajaran dengan menggunakan alat- alat elektronik secara dalam jaringan atau online.

E- Learning Adalah

E- learning artinya sistem pembelajaran elektronik. Tata cara ini menggunakan teknologi informasi buat membuat hingga mendistribusikan materi pembelajaran ke konsumennya.

Jenis- jenis e- learning juga beraneka ragam, yaitu:

Synchronous E- Learning: pembelajaran online secara real- time. Misalnya webinar, kelas virtual, video conference, dan lain- lain;

Asynchronous E- Learning: pembelajaran online yang bebas dilakukan kapan saja karena tidak mewajibkan pembimbing dan murid online bersama. Contohnya video pembelajaran, Learning Management System( LMS), dan lain- lain.

Pembelajaran e- learning tentunya membawa banyak manfaat.

Manfaat E- Learning

 

1. Media Pembelajaran Variatif

2. Otomatisasi Proses Administrasi

3. Dapat Mengakses Materi di Mana Saja dan Kapanpun

4. Lebih Fleksibel

5. Irit Biaya Operasional

Kekurangan E- Learning

 

Secara lebih lanjut mengkritisi beberapa kekurangan e- learning lainnya, yakni:

 

– Terdapat beberapa tempat yang tidak memiliki akses internet.

– Masih ada kekurangan sumber energi atau tenaga yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengakses internet.

– Terdapat kekurangan pada penguasaan bahasa komputer.

– Perubahan yang cukup drastis pada peran guru, yang semula memahami sistem pembelajaran konvensional, saat ini jadi wajib memahami sistem pembelajaran yang berplatform internet.

– Terdapat kecenderungan untuk mendorong perkembangan aspek komersial dan bidang usaha, dan malah mengabaikan aspek sosial serta aspek akademik.

 

Berikut aplikasi belajar online yang memberikan fasilitas dan dapat di akses secara umum dan gratis:

1. Ruangguru

Ruangguru merupakan perusahaan teknologi terbesar di Indonesia yang berpusat pada layanan berplatform pendidikan.

2. Zenius. net

Zenius. net merupakan aplikasi yang menyediakan produk serta pelayanan untuk kegiatan berlatih dengan cara online.

3. Google Classroom

Google Classroom merupakan aplikasi daring buat mendukung aktivitas belajar dengan memanfaatkan akun Gmail sebagai layanan lingkup pembelajaran online.

4. Microsoft

Microsoft juga sediakan aplikasi belajar online, peserta didik dan pendidik berhak memakai Office 365 Education gratis, peserta didik cukup memasukkan alamat email sekolah saja.

5. Sekolah. mu

Sekolah. mu merupakan aplikasi belajar seperti disekolah dengan sistem blended learning pertama di Indonesia, berplatform teknologi serta bekerja sama untuk sediakan program berlatih bagi semua orang.

6. Moodle

Merupakan aplikasi yang bisa diakses secara gratis buat aktivitas belajar secara online.

7. Blackboard CourseSites

Blackboard adalah merupakan aplikasi sekaligus gerbang penyedia layanan pembelajaran online yang bisa diakses dengan cara gratis, dan umumnya dipakai oleh berbagai universitas.

8. Schoology

Schoology merupakan aplikasi LMS( Learning Management System) yang memiliki banyak fitur yang bisa dipakai buat aktivitas belajar mengajar dengan cara gratis, umumnya sebagian universitas juga menggunakan aplikasi ini.

9. Latitude Learning

Latitude Learning adalah portal layanan LMS pembelajaran yang dapat dipakai oleh 100 pengguna sekaligus dalam satu kelas.

10. Edmodo

Edmodo merupakan program microblogging individu yang dibesarkan buat guru serta anak didik sebagai aplikasi penunjang aktivitas berlatih mengajar dengan cara online.

 

Nah, itu dia uraian mengenai e- learning yang harus kalian tahu. Mudah- mudahan penjelasan di atas bisa menaikkan pengetahuan kalian mengenai sistem pembelajaran e- learning. Kami selalu siap buat memberikan informasi terbaru dan terlengkap untuk kamu yang mau menambah wawasan. Semoga bermanfaat