Mobil Penggerak Roda Depan

Kenali Keunggulan Mobil Penggerak Roda Depan atau FF (Front Engine-Front Wheel Drive)

Jakarta – Mobil-mobil saat ini ditawarkan dengan beragam sistem penggerak. Paling umum, mobil penumpang yang dijual di Indonesia hadir dengan Mobil penggerak roda depan atau penggerak roda belakang.

Di dunia otomotif, terdapat lima jenis konfigurasi sistem penggerak mobil. Di antaranya adalah FF (Front Engine Front Wheel Drive); FR (Front Engine-Rear Wheel Drive); MR (Mid Engine-Rear Wheel Drive); RR (Rear Engine-Rear Wheel Drive); dan 4WD/AWD (Four Wheel Drive/All-Wheel Drive). Di pasar mobil Indonesia sendiri, sistem penggerak FF dan FR atau penggerak roda depan dan roda belakang paling banyak diminati.

Dalam siaran persnya Daihatsu menjelaskan, sistem penggerak FF berarti mesin mobil berada di bagian depan dan menggerakkan roda depan. Sedangkan sistem FR berarti mesin mobil ada di depan dengan penggerak roda belakang.

Masing-masing sistem penggerak tersebut memiliki keunggulan dan karakteristiknya. Apa saja?

“Pada mobil dengan sistem kemudi FF (Mobil dengan Penggerak Roda Depan), seperti Daihatsu Sirion, Ayla, dan Sigra, berat mobil menjadi lebih ringan dikarenakan tidak adanya tambahan komponen pada sistem penggerak yang menghubungkan putaran mesin dari depan ke roda belakang. Hal ini membuat konsumsi energi bahan bakar menjadi lebih irit,” sebut Daihatsu dalam keterangan tertulisnya.

Selain itu, mobil dengan penggerak roda depan disebut memiliki traksi yang lebih baik pada jalanan licin seperti saat hujan. Hal ini dikarenakan roda depan sebagai penggerak kendaraan dan berat mesin mobil yang terletak pada bagian depan kendaraan.

Di sisi lain, mobil berpenggerak roda belakang juga memiliki keunggulan dalam hal keseimbangan. Menurut Daihatsu, mobil dengan penggerak roda belakang lebih baik terutama saat akselerasi dan ketika mobil dikemudikan dengan kecepatan tinggi.

Baca Juga :  Inilah Pembersih Jamur Kaca Mobil yang Aman

“Hal ini dikarenakan meratanya berat kendaraan dari depan sampai belakang. Selain itu, mobil dengan penggerak roda belakang juga dikenal lebih bertenaga saat di tanjakan dan membawa kendaraan penuh penumpang,” katanya. Contoh mobil yang pakai penggerak roda belakang antara lain Daihatsu Xenia, Terios, Gran Max dan Luxio.