Cara Root HP Android

Cara Root HP Android Paling Mudah dan Aman

Istilah mengenai metode root tentu tidak asing bagi Kamu konsumen HP Android. Seperti jailbreak di iPhone, ada banyak keuntungan yang dapat Kamu miliki jika melaksanakan root handphone Android.

Beberapa keuntungan dari root Android misalnya saja, kebebasan untuk hapus aplikasi bawaan

dan tidak bermanfaat, memasang aplikasi tertentu yang hanya dapat dipakai dengan akses root, dan lain sebagainya.

Walaupun begitu, terdapat sebagian resiko pula yang harus Kamu ketahui apabila ingin nge- root HP Android. Salah satunya adalah sisi keamanan yang lebih rentan terhadap serangan virus.

Resiko yang lain, garansi yang bisa hangus, sistem yang rusak ataupun bootloop, sampai tidak lagi memperoleh pembaruan ataupun update via OTA( over the air).

Nah, Kamu tertarik buat root smartphone Android? mimin kali ini akan memberikan metode root Android secara mudah dengan ataupun tanpa membutuhkan bantuan komputer ataupun laptop. Yuk simak:

 

1. Cara Root HP Android Menggunakan Aplikasi KingRoot

 

Cara Root HP Android Tanpa PC

Sama seperti cara sebelumnya, untuk melaksanakan root HP Android tanpa menggunakan Komputer, kalian membutuhkan aplikasi KingRoot. Peluang keberhasilan memakai metode ini sekitar 90%, sehingga memanglah lebih efisien menggunakan Komputer.

– Untuk Aplikasi KingRoot

Aplikasi ini tidak tersedia di Google Play Store, namun kamu dapat mengunduhnya lewat website resminya. Kalian bisa memakai aplikasi ini secara gratis, ukurannya tidak sampai 20 MB.

– Install Aplikasi KingRoot

Karena aplikasi ini bukan berasal dari Google Play Store, maka kamu butuh mengaktifkan Unknown Sources saat menginstal. Caranya, masuk ke Settings, kemudian Security lalu aktifkan fitur Unknown Sources. Setelah itu, kamu bisa menginstal seperti biasa, dan menunggu hingga selesai.

– Buka Aplikasi KingRoot

Setelah selesai instalasi, buka aplikasi KingRoot di HP kalian. Aplikasi ini akan memeriksa status HP dalam kondisi root ataupun belum. Cara ini berjalan secara otomatis, sehingga kamu cuma butuh menunggu saja.

– Mulai Rooting

Jika timbul data kalau HP kamu tidak dalam keadaan root, maka dapat langsung masuk ke proses rooting. Caranya gampang, kamu hanya perlu menekan tombol Try Root saja.

Setelah itu, aplikasi akan mengawali cara rooting, tunggu sampai persentasenya 100%. Jika terlihat HP kalian memulai ulang dalam proses rooting, jangan khawatir itu wajar.

Setelah proses berakhir, App akan membuktikan status HP apakah sukses di- root atau tidak. Jalani metode di atas kembali jika rooting tidak kunjung berhasil.

2. Cara Root HP Android Menggunakan FramaRoot

 

Selain memakai KingRoot, kamu juga dapat menggunakan aplikasi FramaRoot. Akan tetapi, tidak semua HP mensupport untuk cara rooting dengan aplikasi ini.

– Perhatikan Baterai

Sebelum mengawali rooting, yakinkan perangkat kamu memiliki setidaknya 50- 60% cadangan baterai di dalamnya. Setelah itu, pastikan kamu sudah mencopot ataupun menonaktifkan aplikasi antivirus di fitur Android Kamu sebab sering- kali mengusik cara rooting.

– Izinkan Instalasi Aplikasi

Berikutnya, aktifkan instalasi aplikasi dari sumber yang tidak dikenal di perangkat kamu dengan mengikuti metode ini: Settings-
Security-
Device Administration-
Unknown Sources.

– Unduh FramaRoot

Sekarang, download dan install aplikasi Framaroot ke fitur Android. Saat melakukannya, kamu bisa jadi mendapatkan sebagian catatan peringatan. Abaikan saja serta download file framaroot. apk ke fitur kamu.

Kamu akan memperoleh prompt keamanan seperti“ This app contains code that attempts to bypass Android’ s security protections“. Jangan lupa untuk memilih

“ I understand and still want to install it” dan klik“ Install Anyway.”

– Buka Aplikasi FramaRoot

Sehabis aplikasi diinstalasi, buka aplikasi di fitur kamu dengan mengklik ikonnya FramaRoot di HP kalian.

Jika perangkat kamu menunjukkan,“ Your device seems not vulnerable to exploit included in Framaroot“, maka perangkat kamu tidak didukung untuk rooting dengan Framaroot.

– Mulai Proses Rooting

Jika perangkat kamu bisa di- root dengan Framaroot, maka perangkat akan menunjukkan 3 alternatif eksploit yaitu“ Install SuperSU“,“ Unroot” dan“ Execute script/ sdcard/ custom“.

Sekarang, pilih“ Install SuperSU” serta klik“ Aragorn” untuk mengawali rooting fitur Android Kamu. Framaroot membutuhkan waktu satu ataupun 2 menit buat melaksanakan root pada perangkat kamu.

Setelah proses rooting berakhir, Kamu akan memperoleh catatan selanjutnya,“ Success. Superuser and SU binary installed. You have to reboot your device.” Reboot perangkat kamu buat menyelesaikan cara rooting ini.

Manfaat Rooting HP Android

1. Menjalankan Aplikasi Tertentu

2. Menghapus Aplikasi Bawaan

3. Melegakan memori

4. ROM Khusus

 

Seperti itu pembahasan singkat mengenai metode root android tanpa komputer yang bisa kita sampaikan, sekali lagi kami tekankan jika melaksanakan root android ini tidak aman sebab mempunyai beberapa dampak yang terbilang serius. Mudah- mudahan bermanfaat