cara upload aplikasi ke playstore

cara upload aplikasi ke playstore dengan mudah

Wartakota123.com – Panduan cara upload aplikasi ke playstore dengan mudah ikuti langkah-langkah berikut yang kami berikan dan pasti Anda berhasil. Aplikasi yang telah anda buat dengan susah payah tentunya ingin Anda download dan digunakan oleh banyak orang. Salah satu langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah mengetahui cara upload aplikasi ke playstore.

Untuk melakukan ini, anda harus memiliki akun Google. Namun untuk mendapatkan akun Google Developer tidak gratis. Anda harus membayar 25 dollar atau sekitar 300 ribu lebih ke Google. Pembayaran ini hanya sekali seumur hidup dan anda bebas mengunggah aplikasi sebanyak yang anda mau.

Pembayaran mandiri hanya dapat dilakukan dengan kartu kredit. Dalam artikel ini saya asumsikan anda sudah memiliki akun Google Developer. Untuk mengupload aplikasi yang sudah anda buat ke playstore membutuhkan beberapa langkah, silahkan simak tutorialnya.

Daftar Pengembang Google Play

Pertama-tama anda harus membuat akun Google Play Developer Console, caranya adalah sebagai berikut:

Buka halaman web ini play.google.com/apps/publish. Anda akan diminta untuk login menggunakan akun Google anda, jika anda belum memilikinya, anda harus mendaftar terlebih dahulu. Anda akan masuk ke bagian Accept Developer Agreement.

Centang kotak perjanjian perjanjian setelah anda membaca rincian perjanjian. Setelah itu anda akan mengisi rincian kartu kredit anda untuk membayar biaya pendaftaran sebesar $25.  Setelah detail kartu kredit terverifikasi dan pembayaran selesai, anda akan melengkapi detail akun.

Pendaftaran Akun Google Wallet

Pendaftaran Google Play Developer Console sebenarnya tidak cukup karena anda hanya akan dapat merilis aplikasi gratis dalam Google Play. Agar anda dapat merilis aplikasi berbayar dan menggunakan fitur penagihan dalam aplikasi Google dalam aplikasi anda.

Baca Juga :  Aplikasi untuk Menggabungkan Video Dengan Mudah

Bagaimana Cara Upload Aplikasi Ke Playstore?

Anda harus membuat akun merchant Google Wallet melalui Google Play Developer Console. Membuat akun Google Wallet gratis dan proses pendaftarannya cepat. Berikut langkah-langkahnya:

Klik tautan Set Up A Merchant Account Now pada menu Setting-Account Details. Isi detail anda untuk pendaftaran akun pedagang Google Wallet. Sebagian besar data yang wajib sudah terisi secara otomatis.

Daftarkan data anda dan kemudian akun pedagang Google Wallet anda akan aktif. Sekarang anda dapat merilis aplikasi berbayar dan menggunakan penagihan dalam aplikasi.

Merilis Aplikasi Android di Google Play

Setelah kita menyelesaikan semua proses pendaftaran, saatnya mencoba merilis aplikasi Android yang kita buat ke Google Play. Menurut pengalaman saya, Google Play cukup cepat dalam merilis aplikasi baru dan seringkali hanya membutuhkan waktu beberapa jam. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

Klik tombol Publish An Android App on Google Play pada halaman utama. Pilih Default Language yang diinginkan bersama dengan judul aplikasi. Jika aplikasi dalam bahasa Indonesia, pilih saja bahasa Indonesia untuk Default Language.

Klik tombol Unggah APK dan kemudian unggah file APK aplikasi anda. Setelah berhasil mengupload file APK, sekarang masuk ke bagian Store Listing pada detail aplikasi anda untuk memasukkan informasi tentang aplikasi anda.

Sekarang tinggal mengatur apakah aplikasi tersebut berbayar atau gratis. Perlu anda tau bahwa jika aplikasi gratis tidak dapat menjadi berbayar. Setelah APK, Store Listing & Pricing & Distribution dicentang hijau, aplikasi dapat anda rilis.

Jika salah satu dari tiga bagian masih berwarna abu-abu, periksa bagian tersebut untuk mengetahui data apa yang hilang. Google sendiri telah merilis informasi mengenai apa saja yang perlu anda perhatikan dalam merilis aplikasi Android Google Play. Itulah cara upload aplikasi ke playstore, semoga bermanfaat.

Baca Juga :  Aplikasi Belanja Online Terbaik Memudahkan Kebutuhan Anda