cara mengatasi sembelit

Pahami Cara Mengatasi Sembelit Agar Tidak Ada Efek Samping

Pahami Cara Mengatasi Sembelit Agar Tidak Ada Efek Samping

Mengetahui gejala dan cara mengatasi sembelit sangat penting karena hampir semua orang pernah mengalaminya. Terkadang ada orang yang sadar kenapa sampai susah BAB dan ada juga tidak mengetahui penyebabnya. Sehingga ketika sudah mengalami gangguan baru bingung mencari tahu bagaimana cara mengatasinya agar tidak lebih parah.

Penyebab sembelit bisa jadi karena kurangnya serat, kurang minum, kebiasaan makan yang buruk dan berbagai penyebab lainnya. Gejalanya juga bermacam-macam seperti BAB dalam seminggu kurang dari 3x bahkan seminggu penuh tidak BAB. Feses menjadi lebih keras, mengering bahkan menggumpal sehingga sangat sulit untuk dikeluarkan.

Merasa kesulitan pada saat BAB juga menjadi gejala penting yang harus diperhatikan ditambah perut menjadi kembung. Jika Anda mengalami beberapa gejala seperti ini sangat penting untuk segera mencari cara mengatasi sembelit. Jangan sampai dibiarkan begitu saja karena nantinya justru berdampak lebih buruk lagi pada kesehatan.

Cara-Cara yang dapat Digunakan untuk Mengatasi Sembelit

Sembelit bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja bahkan tanpa disadari sekalipun bisa terjadi. Seseorang yang sedang mengalami masalah BAB sebaiknya jangan panik karena membuat perut semakin tidak nyaman. Gunakan cara-cara berikut ini dari yang alami sampai harus menggunakan obat untuk membantu memperlancar prosesnya.

  1. Minum air putih lebih banyak

Salah satu cara mengatasi sembelit paling baik adalah dengan memulai banyak minum air putih. Kekurangan air dalam tubuhnya atau dehidrasi ternyata juga menjadi pemicu seseorang mengalami masalah sembelit. Jadi pastikan air yang Anda minum susah sesuai dengan kebutuhan tubuh agar tidak terjadi permasalahan BAB lagi.

  1. Pilih makanan mengandung banyak serat

Penyebab sembelit karena seseorang kurang serat di dalam tubuhnya sehingga membuat feses menjadi keras. Untuk mengatasinya dokter sering menyarankan untuk menambah asupan serat dari makanan yang dikonsumsi. Sumber serat pada makanan sebenarnya sangat mudah ditemukan dan harganya juga dapat disesuaikan kantong Anda.

  1. Meningkatkan kegiatan olahraga

Dari berbagai penelitian menyebutkan jika olahraga ternyata juga mampu mengurangi gejala sembelit. Dengan berolahraga Anda dapat membuat feses menjadi bergerak secara alami sehingga lebih mudah dikeluarkan. Pilih olahraga yang sesuai dengan tubuh Anda dan dirasa paling nyaman sebagai cara mengatasi sembelit terbaik untuk dicoba.

  1. Minum stimulan pencahar feses

Cara terakhir adalah minum stimulan pencahar feses yang dapat Anda beli di apotek meskipun tanpa resep dokter. Minum stimulan pencahar sesekali tidaklah masalah karena dapat membantu mengatasi masalah ini namun harus sesuai dosis. Banyak merk stimulan pencahar terkenal dan sebaiknya cari informasi dulu sebelum membeli.

Efek Samping Jika Sembelit Tidak Segera Diobati atau Diatasi

Jangan pernah menyepelekan jika Anda mengalaminya, sehingga tidak segera mencari cara mengatasi sembelit. Padahal ada efek samping yang akan dirasakan seperti perut akan terasa keras dan selalu merasa mulas. Anda terus menerus ingin BAB namun tidak bisa dikeluarkan sehingga rasa tidak nyaman pasti sangat menganggu.

Efek samping untuk jangka panjangnya jika susah BAB membuat Anda menjadi terserang wasir atau ambeien. Tekanan besar terus diterima pembuluh darah di anus karena kebiasaan mengejan setiap kali BAB. Sembelit membuat feses menjadi keras sehingga tidak bisa dikeluarkan seperti biasanya tanpa mengejan sehingga beresiko wasir.

Sembelit harus segera diatasi karena ada banyak efek sampingnya terutama membuat perut Anda tidak menjadi nyaman. Jika dibiarkan terus menerus maka aktivitas akan menjadi terganggu dan dapat menyebabkan penyakit lainnya. Dengan mengetahui cara mengatasi sembelit setidaknya Anda dapat melakukan pengobatan sendiri sedini mungkin.