cara mengatasi bibir kering

Tips Mencegah & Cara Mengatasi Bibir Kering dengan Tepat

Tips Mencegah & Cara Mengatasi Bibir Kering dengan Tepat

Bagaimana sih mencegah serta cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah? Memiliki bibir yang terlihat kering dan pecah-pecah memang bisa mengurangi tingkat kepercayaan diri kita, baik pada pria maupun wanita. Karena dari tampilannya saja juga tidak enak dilihat, apalagi ketika sampai mengelupas.

Kondisi tersebut biasanya terjadi karena bibir Anda tidak lembab atau cuaca memang sedang panas. Terlebih kita tinggal di daerah tropis di mana suhu udaranya cukup tinggi sehingga dapat mempengaruhi kesehatan tubuh, termasuk membuat bibir jadi pecah-pecah.

Hal itu lantaran kulit di mulut tidak dapat memproduksi minyak sendiri untuk melembabkan layaknya kulit bagian tubuh lainnya. Jika dibiarkan, seringkali membuat kita tanpa sadar mengelupas kulit bibir yang kering. Resikonya bisa semakin parah hingga menyebabkan kulit berdarah dan iritasi.

Cara Mengatasi Bibir Kering Secara Alami dan Efektif

Agar lebih percaya diri, Anda dapat mencoba beberapa cara mengatasi bibir kering berikut ini yang dapat dilakukan di rumah secara rutin:

  • Konsumsi air putih secara rutin

Dehidrasi menjadi salah satu penyebabnya, sehingga cara untuk mengatasinya yaitu dengan mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari. Selain menjaga kelembaban pada bibir, kebiasaan ini juga dapat jaga kesehatan tubuh Anda. Air putih juga sangat bagus untuk melancarkan sistem metabolisme.

  • Menggunakan madu

Selain dipercaya untuk mengatasi masalah kulit kering, madu juga dapat membantu menyamarkan bibir hitam. Selain itu, madu juga bersifat sebagai antibakteri alami. Cara menggunakannya cukup dengan mengoleskan madu secara rutin pada permukaan kulit.

Anda juga dapat mengkonsumsinya secara rutin, tapi usahakan memakai jenis madu yang asli di mana kandungan gulanya tidak sebanyak produk KW alias palsu.

  • Melakukan scrub dengan gula

Scrub biasanya dilakukan pada wajah, tapi Anda juga bisa melakukannya pada kulit bibir untuk mengangkat sel-sel mati. Anda dapat membuat sendiri racikan scrub-nya menggunakan gula pasir dan minyak zaitun. Campur gula dan minyak secara merata, kemudian diamkan selama beberapa menit agar butiran gula jadi lebih lembut.

Setelah itu oleskan pada permukaan mulut lalu gosokkan secara perlahan-lahan. Kemudian bilas memakai air hangat. Lakukan paling tidak dua kali setiap minggu untuk mencegah bibir pecah-pecah dan kering.

Selain menggunakan cara-cara alami tersebut, Anda juga bisa memakai lip balm yang banyak dijual di pasaran. Biasanya mengandung petrolium jelly sebagai bahan yang sangat bagus untuk permukaan kulit dan membantu melembabkan secara efektif. Cara penggunaannya juga mudah, tinggal di oleskan ke seluruh permukaan mulut secara merata.

Tips-tips Mencegah Agar Bibir Tidak Kering dan Pecah-pecah

Selain menggunakan beberapa cara mengatasi bibir kering seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, lakukan beberapa tips untuk mencegahnya. Berikut diantaranya:

  1. Tingkatkan pola hidup sehat. Salah satunya dengan rutin mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur mayur. Utamakan makan buah dan sayuran yang mengandung vitamin B karena cukup efektif mengatasi masalah pecah-pecah dan kering. Seperti kol, brokoli, jeruk, pepaya dan apel.
  2. Kurangi minuman kafein. Jika memungkinkan maka sebaiknya tidak mengkonsumsi minuman berkafein seperti kopi maupun minum-minuman beralkohol karena berisiko dapat membuat kulit jadi kering.
  3. Hindari kebiasaan menjilat kulit permukaan. Biasanya sering dilakukan untuk membuat kulit lebih lembab. Namun ternyata air liur yang menempel pada permukaan kulit justru mudah menguap dan membuat kulit makin kering.
  4. Hindari kebiasaan menggigit bibir. Kebiasaan ini tidak hanya menyebabkan kering tapi juga membuat kulit mudah mengelupas hingga menimbulkan luka.

Meskipun bukan masalah serius, bibir kering bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri kita. Maka dari itu, Anda bisa menggunakan tips dan cara mengatasi bibir kering seperti sudah Kami jelaskan di atas.