cara mengatasi ketombe

Cara Mengatasi Ketombe yang Membandel, Apakah Bisa Sembuh?

Cara Mengatasi Ketombe yang Membandel, Apakah Bisa Sembuh?

Sedang mencari cara mengatasi ketombe membandel yang tidak kunjung hilang? Memang masalah kulit di kepala yang satu ini cukup lumrah dialami oleh pria maupun wanita dari berbagai usia. Bahkan sudah dianggap sebagai problem sejuta umat karena dapat menyerang siapa saja.

Bukan hanya menyebabkan rasa gatal kulit di kepala, tapi juga mengganggu kenyamanan dan menurunkan tingkat kepercayaan diri kita. Apalagi ketika mengenakan baju gelap, maka butiran-butiran ketombe akan terlihat jelas di pundak pakaian. Apakah Anda juga mengalami masalah ini? Apa penyebabnya?

Serpihan butiran-butiran berwarna putih di rambut merupakan hasil pengelupasan sel kulit mati di kepala. Selain itu, itu faktor-faktor yang dapat mengakibatkan pengelupasan tersebut seperti penggunaan shampo yang tidak tepat, terinfeksi jamur, kulit permukaan kepala terlalu kering dan lain-lainnya. Simak lebih lanjut mengenai cara mengatasi ketombe berikut ini.

Cara Mengatasi Ketombe yang Efektif

Seseorang yang tidak menjaga kebersihan di kulit dan rambut kepala secara optimal akan lebih rentan mengalami masalah ketombe. Maka dari itu, ketahui beberapa cara mengatasi ketombe paling membandel berikut ini:

  • Keramas menggunakan shampo anti ketombe

Mengingat masalah ini dialami oleh banyak orang sehingga tidak sulit menemukan produk sampo anti ketombe yang beredar di pasaran. Biasanya produk tersebut mempunyai kandungan khusus untuk melawan masalah mengelupasnya kulit kepala, seperti kandungan zinc pyrithione dan asam salisilat.

Paling tidak, rutinlah berkeramas 2 hari sekali untuk membuang dan mengangkat sel-sel kulit mati. Apalagi bagi yang sudah mengalami masalah ketombe serius. Namun sebaiknya tidak berkeramas setiap hari karena justru menyebabkan kulit kepala semakin kering.

  • Menggunakan minyak kelapa
Baca Juga :  Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Gigi Kuning, Jangan Dibiarkan

Sudah sejak lama minyak kelapa dipercaya dapat mengatasi problema ketombe membandel. Terlebih untuk menggunakannya juga tidak sulit, yakni dengan mengoleskannya secara rata di permukaan kulit kepala. Minyak ini tidak hanya menghilangkan masalah tersebut, tetapi juga membantu merawat kulit kepala lebih sehat dan lembab.

  • Mengoleskan Tea Tree Oil

Selain menggunakan minyak kelapa, Anda juga bisa memakai minyak dari pohon teh. Fungsinya sebagai anti jamur penyebab munculnya masalah berketombe. Terlebih jika disertai dengan rasa gatal, bahan alami ini dapat mengurangi rasa gatal yang ditimbulkan tersebut.

  • Baking Soda

Bahan yang biasanya digunakan sebagai pengembang kue ini ternyata juga banyak digunakan untuk mengatasi masalah rambut berketombe. Cara penggunaannya dengan mencampurkan baking soda dengan air, kemudian oleskan dan rasakan ke seluruh permukaan kepala secara merata.

  • Sari cuka ape

Kandungan enzim pada sari cuka apel juga dapat dimanfaatkan sebagai antijamur dan antibakteri untuk atasi masalah di kulit kepala. Tingkat keasaman pada cuka ini juga efektif untuk menyeimbangkan derajat keasaman pori-pori kulit kepala serta menghilangkan sumbatannya.

Apakah Ketombe Bisa Dihilangkan Secara Total?

Jawabannya tergantung dari kebiasaan atau pola hidup Anda sendiri. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa masalah tersebut terjadi karena perawatan kulit kepala dan rambut tidak dilakukan dengan benar. Apalagi bagi yang jarang berkeramas, biasanya akan rentan berketombe.

Menurut informasi dari medis, masalah berketombe tersebut memang tidak bisa benar-benar disembuhkan secara total. Hal itu lantaran bukan merupakan suatu penyakit, melainkan suatu kondisi dimana kulit kepala yang mengelupas hingga menyebabkan serpihan butiran putih. Sementara penggunaan shampo anti ketombe hanya berfungsi untuk meredakan tingkat keparahannya.

Biasanya jika berhenti menggunakan shampo anti ketombe maka akan kembali berketombe. Bahkan dalam kondisi yang serius membutuhkan penanganan dari dokter ahli kulit. Sehingga solusi satu-satunya selain cara mengatasi ketombe di atas yakni dengan melakukan perawatan yang tepat pada kulit dan rambut kepala Anda.

Baca Juga :  Tindakan yang Mudah dan Sederhana untuk Mengatasi Sariawan