cara mengatasi rambut kering

Bagaimana Cara Mengatasi Rambut Kering? Ternyata Semudah Ini!!

Bagaimana Cara Mengatasi Rambut Kering? Ternyata Semudah Ini

Tidak sedikit yang mencari informasi tentang cara mengatasi rambut kering paling efektif tanpa harus ke salon. Memang masalah rambut yang satu ini banyak dialami oleh masyarakat Indonesia mengingat kita tinggal di daerah tropis dengan suhu panas.

Terutama bagi wanita, berambut kering sudah pasti dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri kita karena akan terlihat kaku dan mengembang. Apalagi bagi yang memiliki rambut panjang, biasanya lebih rentan mengalami malah seperti ini. Anda bisa saja melakukan perawatan dengan ke salon, tapi sudah pasti membutuhkan budget lebih.

Tidak perlu khawatir, sebenarnya ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah berambut kering. Mari ketahui penyebab dan cara mengatasi rambut kering paling efektif tanpa harus mengeluarkan budget mahal. Simak disini yuk selengkapnya.

Penyebab Rambut Terlihat Kering dan Mengembang

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara mengatasinya, mari simak terlebih dahulu beberapa penyebabnya berikut ini:

  • Faktor dari lingkungan. Terutama bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan maka akan rentan terkena kotoran, polusi dan debu yang bisa menyebabkan hair jadi mengering. Panasnya tarik sinar matahari di siang hari juga mengakibat masalah tersebut.
  • Tidak keramas dengan benar. Sepertinya masih banyak yang berkeramas setiap hari karena menganggapnya dapat merawat mahkota kepala dengan bersih. Namun sayangnya, anggapan tersebut keliru karena dengan keramas setiap hari justru menyebabkan kulit kepala kehilangan minyak alami sehingga tampak kering dan kusam.
  • Sering menggunakan hair dryer. Kebiasaan memakai alat pengering setelah keramas juga dapat mengakibatkan rambut kering dan kaku. Apalagi jika alat yang digunakan tidak berkualitas bagus, justru bisa menyebabkan kerusakan hingga helaian yang menjadi bercabang.
  • Mewarnai rambut. Masalah ini ternyata banyak dialami oleh mereka yang mewarnai rambut. Hal itu karena pewarna mengandung komposisi bahan kimia yang dapat menyebabkan kering karena minyak alami (hair oil) jadi terserap oleh zat tersebut.
  • Kurang mengonsumsi air putih. Sering dianggap sepele, ternyata jika Anda kurang mengkonsumsi air putih yang cukup setiap hari juga bisa mengalami masalah pada rambut dan kulit kepala. Idealnya, manusia harus mengkonsumsi air putih 2liter setiap hari.
Baca Juga :  Penyebab Beserta Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Metode Ampuh

Cara Mengatasi Rambut Kering Secara Alami Tidak dengan Obat

Kering, kusam dan terlihat mengembang tentu dapat membuat kita kurang percaya diri. Maka dari itu, ketahui beberapa cara mengatasi rambut kering dengan melakukan tips berikut ini:

  • Produk shampo yang tepat

Jangan sembarangan dalam menggunakan sampo untuk keramas. Pastikan memilih produk yang memang diperuntukkan bagi Anda yang berambut mengering dan mengembang. Biasanya komposisi shampo yang bagus untuk masalah ini yaitu memiliki derajat keasaman alias pH rendah.

  • Keramas di waktu yang tepat

Jangan berkeramas setiap hari jika tidak mau semakin kering dan mengembang. Sebaiknya Anda berkeramas minimal 2 hari sekali dan dan jangan menggunakan terlalu banyak sampo. Cara ini cukup efektif untuk mengurangi masalah rambut kering.

  • Manfaat lidah buaya

Lidah buaya sudah dikenal sejak lama sebagai salah satu tanaman yang dapat membantu melembabkan. Anda bisa mengaplikasikan daging lidah buaya secara langsung ke rambut sebelum berkeramas. Lakukan terapi ini paling tidak tiga kali seminggu untuk hasil optimal.

  • Menghindari faktor-faktor penyebab kering

Seperti sudah Kami jelaskan di atas bahwa ada beberapa faktor penyebabnya. Maka sebisa mungkin hindari hal-hal tersebut seperti jangan terlalu sering menggunakan hair dryer, tidak melakukan pewarnaan dan sejenisnya.

Nah, bagi Anda yang mengalami masalah serupa, maka bisa mencoba beberapa tips cara mengatasi rambut kering seperti yang sudah Kami bahas secara lengkap di atas dan semoga berhasil.