Kenali Jenis-Jenis Asuransi

Ayo Kenali Jenis-Jenis Asuransi Untuk Kebutuhanmu

 

Kenali Jenis-Jenis Asuransi – Kata” Asuransi” pasti sudah tidak asing lagi untuk di kuping banyak orang. Meski istilah” Asuransi” sudah terkenal, tetapi kebanyakan masyarakat Indonesia masih belum banyak yang memiliki Asuransi.

Mengacu pada data Otoritas Jasa Keuangan( OJK), pemahaman warga Indonesia akan Asuransi dan penggunaannya masih sedikit.

Berikut Jenis Asuransi yang Bisa Kamu Pilih

1. Asuransi Jiwa

Asuransi jenis ini akan memberikan keuntungan keuangan ketika kematian datang, sakit tiba- tiba, ataupun menderita cacat tetap total ataupun beberapa akibat musibah atau penyakit.

Sebelum memilah Asuransi jiwa, pahami sistem dan tata cara yang ditawarkan. Ada jasa fasilitator Asuransi yang memberlakukan sistem pembayaran setelah kematian. Tetapi, ada pula yang memperbolehkan Pemegang Polis untuk mengklaim dana sebelum kematiannya.

2. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan ialah salah satu produk Asuransi yang terkenal. Asuransi kesehatan menangani masalah kesehatan dan mencegah keuangan Kamu dalam menanggung biaya mulai dari proses pemeliharaan sakit yang diderita sampai sembuh.

Pada umumnya, jenis penyakit yang bisa dijamin oleh Asuransi ini meliputi cacat, sakit, hingga kematian. Untuk memilah tipe Polis yang akan didapat, Kamu bisa saja menyesuaikan dengan kemampuan keuangan. Sebagai ilustrasi, jika Kamu ingin membeli produk Asuransi kesehatan, Kamu bisa memilih produk Asuransi kesehatan yang mencakup rawat inap saja ataupun pun hanya rawat jalan saja.

3. Asuransi Pendidikan

Mempersiapkan anggaran pendidikan sejak dini jadi cara buat mencegah masa depan anak Kamu. Asuransi pendidikan adalah salah satu opsi yang memberikan profit perlindungan akan pendidikan.

Baca Juga :  Pahami Perbedaan Asuransi Syariah dan Konvensional

Terdapat 2 tipe Asuransi pendidikan yang ditawarkan, ialah Asuransi dwiguna dan Asuransi unit link. Asuransi dwiguna, ialah produk gabungan antara perlindungan jiwa yang digabungkan dengan instrumen pasar seperti deposito. Asuransi jenis ini akan mencegah biaya pendidikan anak bila orang tua tiba- tiba meninggal ataupun cacat total sampai tidak mampu lagi mencari nafkah. Asuransi pendidikan unit link, ialah kombinasi antara Asuransi jiwa dan investasi. Profit dari komponen investasi dibagi sesuai dengan jenjang pendidikan anak.

4. Asuransi Investasi

Kamu bisa mendapatkan Asuransi sekaligus investasi yang disebut juga dengan istilah Asuransi bagian link. Sesuai dengan namanya, Asuransi unit link membagikan manfaat berbentuk perlindungan dan nilai tunai yang berawal dari pengembangan dana investasi sesuai opsi investasi yang ada.

Sesuai dengan namanya, Asuransi unit link menawarkan 2 manfaat, ialah perlindungan dan nilai tunai yang berasal dari pengembangan dana investasi. Jadi, dari keseluruhan Premi yang disetorkan oleh pemegang polis, terdapat beberapa dana yang dialokasikan untuk biaya perlindungan dan ada yang dialokasikan untuk investasi.

Asuransi unit link membagikan perlindungan berbentuk proteksi jiwa, kesehatan, kecelakaan, hingga penyakit kritis. Sedangkan nilai tunai yang ada dalam Asuransi unit link bisa dipakai nanti untuk melunasi Premi Asuransi di saat pemegang polis sudah pensiun ataupun tidak berpenghasilan. Dengan demikian, polis Asuransi senantiasa aktif. Di sisi itu, nilai tunai Asuransi bagian link pula dapat dipakai buat tujuan finansial yang lain.

5. Asuransi Kendaraan

Kendaraan juga perlu diproteksi dari hal yang tidak diinginkan, seperti kehilangan ataupun kerusakan. Manfaat dari membeli premi Asuransi kendaraan merupakan memberikan proteksi dan rasa tenang akan keuangan jika kita dihadapkan pada resiko kerusakan kendaraan. Tidak hanya itu, mempunyai Asuransi kendaraan juga membuat posisi harga jual mobil Kamu akan kian bersaing.

Baca Juga :  Premi Asuransi Definisi Tujuan Dan Cara Memilih Yang Tepat

6. Asuransi Kecelakaan

Biasanya orang tidak banyak melihat Asuransi kecelakaan karena beranggapan perusahaan tempat mereka bekerja telah memberikan proteksi atas musibah saat bekerja. Tetapi coba tilik kembali aktivitas dan kondisi kerja Kamu. Jika pekerjaan Kamu termasuk dalam jenis rawan resiko kecelakaan, Kamu sebaiknya membeli produk Asuransi kecelakaan. Karena, resiko dapat terjadi kapan saja dan di mana saja baik di jalan ataupun saat bekerja.

7. Asuransi Korporasi

Asuransi korporasi merupakan Asuransi kumpulan yang memberikan proteksi kepada pegawai suatu korporasi. Industri umumnya memberikan Asuransi korporasi untuk menjaga karyawan sebagai aset bernilai untuk keberlangsungan bisnisnya.

Ada bermacam manfaat yang ditawarkan oleh Asuransi korporasi. Beberapa jenis Asuransi korporasi yang terkenal misalnya Asuransi jiwa kumpulan dan Asuransi kesehatan kumpulan. Sebab Asuransi ini menawarkan proteksi pada karyawan korporasi ataupun perusahaan, maka kepesertaan pemegang polis hanya berjalan ketika beliau masih jadi karyawan di korporasi itu.

8. Asuransi Hari Tua

Asuransi hari berumur merupakan produk Asuransi yang menawarkan perlindungan dan agunan kepada pemegang polis ketika di umur pensiun. Umur pensiun merupakan ketika Kamu sudah tidak lagi produktif dan tidak dapat menghasilkan duit lagi.

Dengan membeli polis Asuransi hari tua sejak dini, akan menolong Kamu dalam menyiapkan dana pensiun untuk hari tua, terlebih buat Kamu yang tidak mendapatkan uang pensiun dari tempat bekerja.

Lalu, apa bedanya tabungan hari tua serta Asuransi hari tua? Asuransi hari tua membagikan manfaat yang lebih dari tabungan biasa. Kamu bisa merancang masa pensiun dengan adanya Asuransi hari tua. Untuk besaran premi, Kamu juga bisa memilah sesuai kemampuan keuangan.

 

 

Nah itulah uraian dari kami mengenai Jenis-Jenis Asuransi untuk Kebutuhanmu, bagaimana? sudah siapkah untuk berinvestasi di asuransi. Semoga Bermanfaat

Baca Juga :  Beberapa Perbedaan Asuransi Syariah dan Asuransi Konvensional