Membuat Aplikasi Android

Cara Membuat Aplikasi Android Sendiri Untuk Pemula

 

Membuat Aplikasi Android – Tentu kalian sering bingung bagaimana suatu aplikasi dapat diciptakan dan bekerja secara sempurna. Sebenarnya, cara membuat aplikasi tidak rumit bagi programmer yang telah lama turun dalam bidang IT, Sob.

Nah, jika kalian pendatang baru dan penasaran gimana cara membuat aplikasi, kalian bisa mewujudkannya hanya dengan beberapa tahap mudah di bawah ini. Ayo, simak uraiannya dalam artikel berikut!

 

Cara Membuat Aplikasi

 

Banyak metode yang dapat kalian jalani untuk mengisi waktu luang. Salah satunya dengan mengikuti beberapa panduan di bawah ini. Langkah- langkahnya dipastikan mudah sehingga kalian sebagai pendatang baru pun bisa melakukannya. Ayo, langsung aja kita bahas!

1. Membuat rancangan aplikasi

Tahap pertama sebagai cara membuat aplikasi Android adalah pastikan A- Z yang wajib dicoba untuk aplikasimu dan apa saja kegunaannya. Pikirkan juga kontribusi dari aplikasimu untuk warga seperti apa.

Lakukan tahap ini dengan memberikan presentasi terbaik yang solid serta matang. Pikirkan juga berbagai masalah yang mencuat dan metode menghadapinya. Dengan sedemikian itu, aplikasi yang hendak kalian untuk hendak terkonsep dengan sempurna.

 

2. Melakukan riset mendalam

Melakukan riset mendalam terhadap ide- ide yang ada dalam pikiranmu hal aplikasi yang akan dibuat merupakan cara membuat aplikasi sendiri selanjutnya. Dengarkan berbagai pendapat dari orang sekitar, nilai aplikasi kompetitor, dan jalani survey. Ini bisa jadi pondasi dari aplikasi buatanmu.

Baca Juga :  Cara Membuat Aplikasi Playstore Paling Mudah

 

3. Menyusun storyboard

Setelah melaksanakan langkah- langkah cara membuat aplikasi sendiri, saat ini waktunya untuk mulai menyusun! Dalam langkah ini, kalian dapat mengawali mendesain hasil rancangan yang telah kalian pikirkan dengan matang. Pastikan kalian membuatnya sejelas mungkin serta seteliti mungkin ya, Sob! Sebab jika tidak, bisa jadi orang kurang tertarik dengan aplikasi buatanmu.

 

4. Eksekusi Back end dan Wireframe

Apa sih back end itu? Back end adalah belakang panggung dari bermacam aplikasi yang sedang kalian buat. Dalam langkah cara membuat aplikasi sendiri ini, kalian membutuhkan tempat buat menyimpan banyak data.

Namun jangan takut, mimin memiliki jalan keluarnya. Dengan VPS Cloud dari website tertentu, kalian dapat menyimpan berbagai data untuk aplikasi buatanmu itu, loh!

 

5. Melakukan uji coba aplikasi

Bagaimana cara membuat aplikasi berikutnya? Jika kalian sudah sampai pada langkah ini, maka sebetulnya aplikasimu sudah dapat ditawarkan, Sob. Tapi, ada baiknya kalian melakukan uji coba terlebih dulu dengan menawarkannya pada rekanmu dan meminta kritik saran dari mereka.

Ini bertujuan supaya kalian bisa mengetahui kekurangan dan permasalahan yang terjadi ataupun akan timbul dalam aplikasi buatanmu.

 

6. Membuat desain tampilan

Setelah uji cobanya selesai, waktunya meneruskan ke langkah cara membuat aplikasi Android berikutnya. Garda terdepan dari aplikasimu nantinya merupakan tampilan interface yang menarik. Nah, inilah waktunya untuk merancang tampilan itu. Jangan lupa untuk tetap mencermati feedback dari calon konsumen dan orang sekitarmu, ya!

 

7. Uji coba konektivitas user interface serta back end

Lakukan kembali uji coba buat aplikasimu dengan tujuan berbeda. Cara membuat aplikasi Android ini bertujuan untuk mengetes keberhasilan back end kepada bentuk interface aplikasimu.

Baca Juga :  Cara Membuat Aplikasi Android Tanpa Bisa Coding

Kalian juga dapat memperhitungkan apakah aplikasimu akan menghabiskan banyak daya ataupun tidak. Setelah itu, jangan lupa memperbaiki jika terdapat kekeliruan, ya!

 

8. Lakukan beta testing

Menuju tahap terakhir dalam cara membuat aplikasi Android, kalian sudah dapat melaksanakan beta testing untuk melihat apakah aplikasimu diterima oleh banyak orang ataupun tidak. Kalian harus pintar menyortir pendapat mereka untuk hasil aplikasi yang lebih sempurna sebab pasti akan ada banyak pro dan kontra di dalamnya.

 

9. Launch aplikasinya!

Setelah semua tahap cara membuat aplikasi Android di HP selesai, kalian bisa merilisnya! Walaupun tentu masih banyak yang wajib diperbaiki dan di- update, tetapi paling tidak aplikasimu sudah selesai dan siap didistribusikan, Sob!

 

 

Itu dia sebagian cara membuat aplikasi yang perlu kalian perhatikan sebagai pendatang baru. Pastikan tiap rancangan sudah disusun dengan detail, ya! Dalam pembuatan aplikasi, pasti kalian membutuhkan berbagai wadah untuk menyimpan data sebagai server untuk aplikasimu. Mudah- mudahan Bermanfaat