cara menggunakan google search console

Cara menggunakan google search console lengkap!

Wartakota123.com – Cara menggunakan google search console. Salah satu hal yang menjadi tolak ukur dan data untuk melakukan audit blog maupun website yakni Google Seacrh Console.

Dengan menggunakan salah satu layanan Google ini kita bisa mengetahui banyak hal, diantaranya jumlah pengunjung, jumlah pencarian, rangking artikel, jumlah backlink, sumber backlink dan lain sebagainya.

Karena banyak sekali manfaatnya, GSC menjadi alat yang paling handal bagi para praktisi blogger maupun SEO. Karena dengan begitu kita bisa mengaudit dan menjadikannya data sehingga kita bisa melakukan evaluasi terhadap blog, atau artikel kita.

Namun tidak semua orang tau dan bisa menggunakan tools yang satu ini. Oleh karena itulah pada artikel kali ini saya akan menjelaskan beberapa bagian yang bisa kita manfaatkan untuk melakukan optimasi blog dengan menggunakan google search concole.

Cara menggunakan google search console

Ada banyak hal yang bisa Anda manfaatkan melalui GSC ini. Dengan segudang fitur yang ada, Anda bisa mendapatkan berbagai macam informasi. Dengan informasi-informasi tersebutlah bisa Anda olah dan Anda implementasikan pada blog Anda.

Berikut ini cara memanfaatkan atau menggunakan tools google search console yang tepat dan benar

  1. Pertama jika Anda login ke GSC maka akan muncul sebuah dashboard yang memberikan beberapa informasi. Informasi tersebut antara lain kinerja, cakupan, pengalaman, dan penyempurna.Dari informasi yang ada, Anda bisa melihat pada diagram yang ada pada bagian kinerja. Pada bagian ini Anda bisa mengamati jumlah pengunjung Anda selama ini, apakah mengalami kenaikan atau penurunan.

    Dan dari kinerja ini jika Anda rasa ada hal yang tidak wajar. Misalkan tiba-tiba pengunjung naik atau tiba tiba pengunjung hilang. Anda bisa melakukan audit lebih lanjut, kira-kira penyebabnya apa. Karena hal itu bisa jadi disebabkan banyak hal.

    Mulai dari Google yang melakukan update dan blog kira kena dampak update tersebut, atau ada backlink spam sehingga blog kita mengalami penurunan.

    Jadi ada banyak sekali kemungkinan yang terjadi, dan kita hanya bisa berspekulasi dan melakukan evaluasi agar tidak terjadi hal itu kembali. Itulah tadi cara menggunakan GSC ( google search console )

  2. Pada bagian cakupan Anda bisa lihat berapa halaman yang sudah valid dan pada mesin pencarian sudah muncul. Untuk diagaram garis warna hijau menunjukan halaman yang valid, untuk garis merah ada halaman yang error.Jadi jika pada data tersebut ada garis merah, maka Anda perlu melakukan audit kembali dan mencari tau, artikel mana yang mengalami error.
  3. Untuk bagian pengalaman disitu terdapat berbagai macam informasi yakni pengalaman halaman, data web inti, dan kebergunaan seluler.3 data tersebut ada yang bilang mempengaruhi rangking website kita, jadi silahkan cermati dan pahami. Apakah ada yang gagal atau tidak. Jika ada yang gagal silahkan lakukan audit kembali dan cari solusinya.
  4. Bagian terakhir yakni penyempurnaan. Pada bagian ini terdapat informasi apakah terdapat meta custom, seperti breadcrumb, faq, dan kotak penelusuran sitelink.Jika ada dan valid maka informasi tersebut akan muncul pada bagian menu ini. Dan meta custom tersebut berpengaruh sekali terhadap optimasi SEO.

Itulah sedikit bagian-bagian dan cara menggunakan GSC sebagai alat untuk optimasi blog kita.

Kesimpulan dan Penutup

Sangat banyak sekali bukan manfaat dan kegunaan Google Search Console sebagai alat bantuan untuk mengaudit blog kita. Dengan begitu Anda kini sudah lebih mengerti kegunaan sebenarnya.

Hingga saat ini, saya sendiri masih terus menggunakan GSC sebagai alat utama untuk melakukan optimasi blog, baik itu dari segi off page maupun on page. karena memang pada dasarnya GSC memiliki banyak sekali fitur-fitur yang sangat bagus.

Mungkin itu saja pembahasan pada artikel ini mengenai cara menggunakan atau memakai Google Search Console. Semoga artikel yang singkat ini bisa memberikan informasi yang manfaat bagi Anda.

Terima kasih.

Baca Juga :  Cara melihat penghasilan blog di Google Adsense

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *