Harga Toyota GR Yaris

Harga Toyota GR Yaris Dibanderol Rp 800 Jutaan di Indonesia, Sudah Bisa Dipesan!

Jakarta – Akhirnya PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi membuka keran pemesanan unit Toyota GR Yaris di Indonesia. Agen Pemegang Merek (APM) Toyota di Indonesia ini pun memperkirakan harga jual Toyota GR Yaris mencapai Rp 750-850 juta.
Meski demikian Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy menjelaskan bagi konsumen yang menginginkan GR Yaris harus bersabar jika ingin memilikinya hingga semester kedua 2021.

“Mengenai Toyota GR Yaris, jadi memang sampai saat ini belum ada dari kami resmi meluncurkan, mungkin karena animo pemberitaan dari luar negeri seperti di UK, Jepang, Thailand, Malasyia. Hal ini sulit bagi TAM untuk No comment. Sebenarnya kita mau luncurkan di second semester (semester kedua 2021), tapi rasanya sudah tidak bisa ditahan lagi, para diler kita pun sulit menolak pemesanan, meski masih ditampung di diler belum sampai ke TAM,” kata Anton.

“Dan kita secara resmi per 25 Maret 2021 akhirnya mulai membuka SPK (surat pemesanan kendaraan) secara resmi, dan hasil pemesanan ini akan diinput ke TAM bukan hanya ditampung di diler saja. Agar bisa kita ketahui seberapa banyak yang sudah melakukan pemesanan untuk GR Yaris,” Anton menambahkan.

Soal harga, lanjut Anton. Anton belum bisa memastikan berapa harga pasti yang akan ditawarkan. meski demikian Anton memberikan kisaran harga Toyota GR Yaris.

“Harga ini masih di semester dua (harga resmi) karena banyak faktor, seperti biaya-biaya logistik dan lain-lain, harga range yang kita targetkan mudah-mudahan tidak banyak berubah, yaitu mencapai Rp 750-850 juta. Untuk harga ini banyak yang harus dilihat dan harga ini lebih kompetitif dibandingkan negara lain yang melepas diatas Rp 1 miliaran,” ucap Anton.

Baca Juga :  PT Toyota Astra Motor Pastikan GR Yaris Hanya Ada 126 Unit di Indonesia

Dalam pemberitaan detikOto sebelumnya, sebelum Indonesia Toyota GR Yaris sudah meluncur terlebih dahulu di Thailand.

Jika berkaca pada GR Yaris yang dijual di Thailand, mobil ini menggendong mesin tipe G16E-GTS tiga silinder 12 katup DOHC. Mesinnya berkapasitas 1.618 cc.

Mesin mampu menyemburkan tenaga hingga 261 PS pada 6.500 rpm. Torsi maksimalnya mencapai 360 Nm pada 3.000-4.000 rpm. Mesin dihubungkan dengan transmisi manual enam percepatan. Toyota menyebutnya dengan transmisi Intelligent Manual Transmission (iMT) enam percepatan dengan rev-matching function. Tenaga disalurkan ke roda melalui sistem GR-Four AWD.

Toyota GR Yaris memiliki dimensi panjang 3.995 mm, lebar 1.805 mm, dan tinggi 1.455 mm. Wheelbase mobil ini mencapai 2.560 mm. Ground clearance 124 mm, dengan radius putar 5,31 m. Mobil ini bisa menyimpan bahan bakar sebanyak 50 liter.

Untuk bagian kaki-kaki, Toyota GR Yaris hadir dengan suspensi depan Macpherson Strut dan suspensi belakang double wishbone. Rem depan dan belakangnya sudah dilengkapi dengan ventilated disc brake.

Mobil ini dilengkapi velg alloy berukuran 18 inci. Velg itu dibungkus ban berukuran 225/40 R18.

Di Thailand, Toyota GR Yaris dijual dengan harga 2.690.000 baht. Jika dirupiahkan sekitar Rp 1,2 miliaran.

Sementara itu, Toyota GR Yaris yang akan dijual di Indonesia juga dipastikan dalam dokumen Permendagri No 1 Tahun 2021 tentang Perhitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2021. Dalam dokumen itu, data mengenai Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) GR Yaris sudah muncul, dengan angka Rp 450 jutaan. Tapi itu baru sekadar NJKB atau nilai dasar, belum termasuk pajak-pajak untuk menjadi harga on the road.

Baca Juga :  Spesifikasi Toyota GR Yaris. mobil ini Dikabarkan Ludes Terjual

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *