Web Untuk Berlatih Coding

Web Untuk Belajar Coding Online Gratis

Web Untuk Belajar Coding-Belajar Coding saat ini jadi salah satu area yang paling disukai masyarakat, khususnya para milenial. Berbagai bisnis dan perusahaan mulai mengetahui pentingnya memiliki web profesional atau aplikasi sendiri. Permintaan tenaga profesional buat programmer ataupun website developer pun bertambah pesat.

Apa Itu Coding?

Coding adalah cara menuliskan kode yang berfungsi sebagai instruksi pada pc untuk melaksanakan tugas tertentu.

Kami berikan ilustrasi mudah:

“ Udaranya sejuk banget, nih. Jadi ingin makan bakso.”

Kalian juga langsung mengambil smartphone, kemudian membuka aplikasi ojek online, setelah itu memesan seporsi bakso di warung langganan. Tak lupa disertakan catatan“ Kuahnya dipisah, sambal dibanyakin, tidak pake kecap”. Beberapa saat setelah itu, driver ojol membawakan bakso sesuai pesanan serta instruksi yang ditulis di aplikasi.

Belajar coding dan bahasa pemrograman untuk pendatang baru bisa dari mana saja, web ini akan jadi tempat belajar yang tepat:

 

1. BitDegree

 

Sebagai tempat berlatih coding, BitDegree menawarkan kursus gratis yang membahas bermacam topik, mulai dari programming hingga game development.

Ada 2 tipe kursus di BitDegree, ialah kursus online standar dan kursus gamifikasi. Kursus gamifikasi sendiri mempraktikkan cara pembelajaran yang interaktif sehingga partisipan dapat melaksanakan sejumlah pencapaian. Tidak ada persyaratan spesial untuk menjajaki kursus ini, cukup seleksi bahasa dan Kalian sudah bisa mulai belajar.

Ada banyak bahasa pemrograman yang bisa dipelajari di sini, beberapa di antara lain:

HTML

CSS

PHP

Javascript

SQL

JQuery

Karakteristik kursus online ini terletak pada program blockchainnya. Reward yang transparan dan sistem pencapaian mempermudah perusahaan merekrut talenta terbaik, dan juga menolong peserta dalam mengukur kesuksesan belajar.

Baca Juga :  Rekomendasi Aplikasi Untuk Belajar Coding

 

2. Coursera

 

Coursera menyediakan bimbingan, tutorial, dan resource berplatform coding yang langsung diajarkan oleh guru dari beberapa universitas terkenal. Kerja sama antara Coursera dan beberapa kampus terkenal jadi bukti bahwa Kalian dapat memperoleh pengalaman belajar terbaik di sini.

Tiap bimbingan di sini terbuka gratis untuk seluruh orang. Tetapi jika Kalian mau memperoleh sertifikat, Kalian wajib melunasi biayanya.

Beberapa kursus yang ada:

Python

Java

HTML dan CSS

IoT Programming

C Language

Introduction to programming

 

3. Code Academy

 

Code Academy adalah salah satu web belajar coding gratis, dan telah lebih dari 24 juta orang bergabung di dalamnya.

Di sini Kalian dapat menekuni berbagai poin bimbingan, mulai dari pengenalan dan berlatih pemrograman dasar sampai bahasa pemrograman tingkat lanjut. Metodenya interaktif sehingga Kamu dapat langsung mengaplikasikan yang dipelajari.

Keseluruhan durasi bimbingan lebih dari 300 jam. Jadi, Kalian memiliki banyak waktu untuk mempertajam skill. Begitu selesai, Kalian akan jadi programmer yang andal.

Beberapa bahasa pemrograman yang dapat dipelajari di Code Academy, ialah:

HTML

JavaScript

CSS

jQuery

PHP

Python

Ruby

Masih ada bimbingan yang lain, tapi yang difokuskan adalah ketujuh bahasa di atas.

 

4. edX

 

edX computer science courses untuk Belajar Coding

edX merupakan program pembelajaran yang sudah mempunyai lebih dari 5 juta siswa.

Di web ini, Kalian akan menemukan berbagai kategori yang tidak hanya mangulas seputar pemrograman. Untuk yang mau mendapatkan materi metode berlatih bahasa pemrograman bersama coding untuk pendatang baru, pilih kategori‘ Computer Science’.

edX menyediakan bimbingan yang mencakup bahasa dan keterampilan:

HTML serta CSS

Java

jQuery

C++

C#

Python

Baca Juga :  Rekomendasi Aplikasi Untuk Belajar Coding

SQL

Mobile app development

Meskipun ada bimbingan berbayar, bimbingan gratis telah lebih dari cukup jika Kalian mau menekuni dasar- dasar coding.

 

5. Khan Academy

 

Jika ingin meningkatkan pengetahuan dan Belajar Coding, Khan Academy adalah tempatnya. Di sini, Kalian dapat mengikuti kursus dan membaca tutorial yang mencakup berbagai poin, mulai dari dasar- dasar programming pc sampai aplikasi tingkat lanjut.

Semua kursusnya diajarkan oleh ahlinya. Lebih bagus lagi, di Khan Academy, Kalian didorong untuk memberikan pengalaman dan apa saja yang telah didapat melalui cara pembelajaran.

Kalian tidak perlu mengikuti seluruh topik, cukup seleksi bahasa pemrograman yang disukai, seperti:

HTML

CSS

Javascript

Database

Ada juga bimbingan yang mengajarkan filosofi dan keterampilan di balik pemrograman pc.

 

Kesimpulan

Biasanya belajar coding tidaklah gratis dan Kalian wajib membayar agar dapat mempelajari berbagai hal mengenai pengembangan web dan yang lain selama beberapa jam. Untungnya, seiring dengan berjalannya waktu, Kalian dapat mempelajari pengkodean dari berbagai sumber online terbaik tanpa harus menghasilkan sejumlah biaya.

Tentu saja bimbingan online berbayar tetap ada dan masih menjadi opsi mumpuni. Akan tetapi, resource gratis yang sudah kita bahas sudah cukup bagi Kalian untuk mengenali dasar- dasar pengembangan sehingga dapat menjadi seseorang programmer yang andal. Mudah- mudahan Bermanfaat